Cara Membuat Nasi Goreng Enak , Rasa Bintang Lima !

biotifor.or.id – Cara Membuat Nasi Goreng Enak , makanan hits yang terdiri dari beras matang yang digoreng dengan bumbu-bumbu ajaib dan teman-teman makanan yang bikin ngiler. Nasi goreng punya cita rasa yang keren banget, bisa pedes, gurih, dan lezat banget, plus aromanya yang bener-bener bikin laper!

Yang asiknya lagi, nasi goreng ini tuh gampang dan praktis banget buat dibikin, nggak perlu repot-repot cari bahan langka. Di artikel ini, kita bakal bahas beberapa langkah bikin nasi goreng yang super simpel, bahan-bahan yang perlu disiapin, dan beberapa tips jitu biar hasil masakannya makin oke. Jadi, siap-siap deh buat jadi chef nasi goreng di dapur kamu!

cara membuat nasi goreng enak

Bahan-Bahan Nasi Goreng

Untuk membuat nasi goreng, kita perlu menyiapkan beberapa bahan utama yang dibutuhkan. Bahan-bahan utama untuk membuat adalah sebagai berikut:

1. Nasi

Nasi adalah bahan pokok banget dalam bikin nasi goreng, ya. Nah, nasi yang kita pake buat nasi goreng harus udah lewat fase masak dan dingin, atau bisa juga pake sisa nasi semalam yang nongkrong di kulkas. Nasi yang udah masak dan dingin tuh punya tekstur yang lebih kering dan nggak lengket, jadi pas banget buat digoreng dan nyerap bumbunya

2. Minyak

umlah minyak yang kita butuhin tuh bisa beda-beda, tergantung seberapa banyak nasi goreng yang mau kita bikin dan jenisnya juga. Tapi, kalau kita bicara secara garis besar, biasanya buat satu porsi nasi goreng, kita perlu sekitar 2-3 sendok makan minyak. Nah, minyak yang dipakai buat bikin nasi goreng haruslah yang bersih dan nggak bau, ya.

Minyak yang bagus buat masak nasi goreng biasanya minyak sayuran, kayak minyak kelapa sawit, minyak jagung, atau minyak kedelai. Jadi, intinya, minyak ini nanti bakal jadi bumbu rahasia yang bikin nasi goreng kita jadi luar biasa lezat!

Baca Juga  Makanan Penambah Berat Badan Untuk MENINGKATKAN Berat Badan

3.Bawang Putih

Jumlah bawang putih yang kita butuhkan itu bisa berdasarkan selera, jadi bebas deh. Biasanya, buat satu porsi nasi goreng, kita butuhin sekitar 2-3 siung bawang putih.

Bawang putih yang bakal kita pakai buat bikin nasi goreng mesti yang masih fresh, nggak boleh yang udah mulai busuk. Nah, sebelum kita masukkan ke dalam nasi goreng, bawang putih ini harus dihaluskan atau dicincang dulu biar bumbunya meresap sempurna.

4. Bawang Merah

Pastikan bawang merah yang dipakai buat bikin nasi goreng masih fresh dan nggak udah bau. Sebelum dimasukkan ke dalam nasi goreng, bawang merah ini juga perlu dihaluskan atau dicincang dulu biar bumbunya meresap dengan sempurna.

5. Cabai

cabai merah jadi senjata rahasia buat nambahin sensasi pedas di nasi goreng kita. Jumlah cabai merah yang kita butuh bisa disesuaikan sama seberapa pedas yang kita tahan, jadi tenang aja. Biasanya, buat satu porsi nasi goreng, kita butuhin sekitar 1-2 buah cabai merah.

Pastikan cabai merah yang kita pakai masih segar dan nggak layu ya, jangan yang udah keburu kempes. Sebelum kita masukkan ke dalam nasi goreng, cabai merah ini juga perlu dihaluskan atau dicincang dulu supaya rasa pedasnya merata dan bisa meresap ke seluruh hidangan.

6. Kecap

jadi penyedap istimewa buat nambahin rasa manis dan warna coklat di nasi goreng kita. Jumlah kecap manis yang kita mauin itu bisa disesuaikan sama selera masing-masing, jadi nggak perlu khawatir. Biasanya, buat satu porsi nasi goreng, kita butuhin sekitar 2-3 sendok makan kecap manis.

Penting banget, ya, pilih kecap manis yang berkualitas bagus, jadi pastikan nggak terlalu encer atau terlalu kental, nggak ada bau apek atau asam, dan warnanya nggak hitam atau merah. Kecap manis yang bagus buat nasi goreng biasanya yang terbuat dari kedelai, gula, dan garam.

Baca Juga  Manfaat Buah Kesemek: Kaya Manfaat untuk Kesehatan Anda

7. Garam

Garam yang kita pilih untuk bikin nasi goreng mesti yang berkualitas, jadi harus pastiin kalau nggak ada bahan berbahaya seperti boraks, formalin, atau timbal. Pilihan garam yang oke buat bikin nasi goreng biasanya garam dapur, garam laut, atau garam himalaya.

8. Merica

Pastiin kita pilih merica yang berkualitas, ya, jadi harusnya nggak ada bahan berbahaya seperti boraks, formalin, atau timbal di dalamnya. Pilihan merica yang bagus buat bikin nasi goreng biasanya merica hitam, merica putih, atau merica hijau. Jadi, biar nasi gorengnya makin sedap, jangan lupa tambahkan merica secukupnya!

9. Lauk

Jumlah lauk-pauk yang kita mauin bisa disesuaikan sama selera dan variasi nasi goreng yang kita bikin, jadi bebas banget. Biasanya, buat satu porsi nasi goreng, kita butuhin sekitar 50-100 gram lauk-pauk.

Lauk-pauk yang bisa kita pilih buat nasi goreng itu macam-macam, mulai dari daging sapi, ayam, telur, udang, cumi-cumi, ikan asin, bakso, sosis, atau sayuran. Pastiin aja lauk-pauk ini udah dipotong-potong atau diiris tipis biar nyaman buat dimasak.

Cara Membuat Nasi Goreng Enak

Setelah menyiapkan bahan-bahan utama, kita bisa mulai membuat dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Tumis Bumbu

Langkah pertama adalah menumis bumbu dengan menggunakan minyak goreng secukupnya di dalam wajan atau penggorengan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan api sedang. Tumis bumbu sampai harum dan matang, sambil sesekali diaduk-aduk agar tidak gosong.

2. Masukan Lauk

Langkah kedua adalah menambahkan lauk-pauk ke dalam wajan atau penggorengan yang sudah berisi bumbu tumis. Masak lauk-pauk sampai matang dan berubah warna, sambil sesekali diaduk-aduk agar merata.

3. Masukan Nasi

Langkah ketiga adalah menambahkan nasi ke dalam wajan atau penggorengan yang sudah berisi bumbu tumis dan lauk-pauk. Aduk-aduk nasi sampai tercampur rata dengan bumbu tumis dan lauk-pauk. Masak nasi sampai panas dan kering, sambil sesekali diaduk-aduk agar tidak lengket atau gosong.

Baca Juga  6 Tahapan Cara Menanam Sawo yang Berbuah Cepat dan Lebat

4. Tambahkan Kecap

Langkah keempat adalah menambahkan kecap manis ke dalam wajan atau penggorengan yang sudah berisi nasi goreng. Aduk-aduk nasi goreng sampai tercampur rata dengan kecap manis. Masak nasi goreng sampai berwarna coklat kehitaman dan mengkilap, sambil sesekali diaduk-aduk agar tidak gosong.

5. Sajikan

Langkah kelima adalah menyajikan nasi goreng yang sudah matang. Nasi goreng bisa disajikan langsung di dalam wajan atau penggorengan, atau dipindahkan ke dalam piring atau mangkuk. Nasi goreng bisa disajikan dengan pelengkap seperti acar, kerupuk, bawang goreng, atau sambal .

Baca Juga : Cara Membuat Lasagna 

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara membuat nasi goreng. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang berguna bagi Anda. Kami sarankan Anda untuk mencoba sendiri cara membuat nasi goreng, dan rasakan perbedaannya dengan nasi goreng biasa. Selamat mencoba!