Cara Membuat Lasagna , Sejuta Rasa Yang Bikin Lidah Meleleh!

biotifor.or.idCara Membuat Lasagna , Lasagna ialah salah satu hidangan khas Italia yang terdiri dari lapisan-lapisan pasta, saus daging, keju, dan saus bechamel. Lasagna mempunyai sejarah yang panjang dan menarik, yang berasal dari zaman Yunani kuno. Nama lasagna sendiri berasal dari kata “laganon”, yang berarti sejenis roti pipih yang dipotong-potong.

Lasagna pertama kali disebutkan dalam sebuah buku masak abad ke-14 yang ditulis oleh seorang koki Italia bernama Maestro Martino.Lasagna ialah hidangan yang mudah dan praktis untuk dibuat, karena hanya membutuhkan beberapa bahan utama yang bisa ditemukan di mana saja.

cara membuat lasagna

Bahan-Bahan Utama Dalam Resep Lasagna

1. Pasta

Bahan ini bisa dibeli di toko-toko atau supermarket, atau dibuat sendiri dengan memakai tepung terigu, telur, dan garam. Pasta yang digunakan untuk lasagna biasanya berbentuk lembaran persegi panjang yang tipis, yang disebut dengan lasagna sheet. Pasta ini harus direbus terlebih dahulu sebelum disusun menjadi lapisan-lapisan lasagna.

2. Saus

Saus daging dapat dibuat dengan memakai daging sapi cincang, bawang putih, bawang bombay, wortel, seledri, tomat, anggur merah, kaldu sapi, daun salam, oregano, garam, dan merica. dan ini harus dimasak dengan api kecil sampai mengental dan beraroma.

3. Keju

Keju yang digunakan untuk lasagna biasanya berupa keju mozzarella dan keju parmesan. Mozzarella digunakan untuk memberikan tekstur yang lembut dan lengket pada lasagna, sedangkan keju parmesan digunakan untuk memberikan rasa yang gurih dan asin pada lasagna. Keju ini harus diparut atau diiris tipis sebelum ditaburkan di atas lapisan-lapisan lasagna.

4. Saus Bechamel

Saus bechamel bisa dibuat dengan memakai mentega, tepung terigu, susu, pala, garam, dan merica. Bechamel ini harus dimasak dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai mengental dan halus.

Langkah-Langkah Membuat Lasagna

Setelah menyiapkan bahan-bahan utama, kita bisa mulai membuat lasagna dengan mengikuti tahap-tahap berikut:

Baca Juga  Cara Membuat Masker Madu untuk Memutihkan Wajah Efektif Dan Mudah

1. Menyusun Lapisan

Tahap pertama ialah menyusun lapisan-lapisan lasagna di dalam loyang atau pinggan tahan panas yang sudah diolesi mentega atau minyak. Lapisan-lapisan lasagna harus disusun dengan urutan sebagai berikut:

  • Lapisan pertama: pasta
  • Lapisan kedua: saus daging
  • Lapisan ketiga: keju mozzarella
  • Lapisan keempat: saus bechamel
  • Ulangi urutan ini sampai loyang atau pinggan penuh atau sesuai dengan selera
  • Lapisan terakhir: pasta
  • Taburi keju parmesan di atas lapisan terakhir

2. Memanggang Lasagna

Tahap kedua ialah memanggang lasagna di dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 180°C selama 25-30 menit atau sampai permukaannya kecoklatan dan menggelembung.

3. Menyajikan Lasagna

Tahap ketiga ialah menyajikan lasagna yang sudah matang. Lasagna bisa disajikan langsung setelah dipanggang atau setelah didiamkan selama 10 menit agar lebih padat dan mudah dipotong. Lasagna bisa disajikan dengan hidangan pendamping seperti salad sayuran, roti garlic, atau sup.

Variasi

Lasagna ialah hidangan yang mempunyai banyak variasi yang populer di berbagai negara dan daerah. Beberapa variasi lasagna yang populer ialah sebagai berikut:

1. Lasagna Bolognese

Variasi lasagna yang berasal dari kota Bologna, Italia. Lasagna Bolognese memakai saus daging yang dibuat dengan memakai daging sapi dan babi cincang, serta saus tomat yang dimasak dengan anggur merah dan susu. Lasagna Bolognese juga memakai saus bechamel yang dibuat dengan memakai mentega, tepung terigu, susu, dan pala.

2. Lasagna Napoletana

Variasi lasagna yang berasal dari kota Napoli, Italia. Lasagna Napoletana memakai saus daging yang dibuat dengan memakai daging sapi cincang, sosis, ham, telur rebus, keju ricotta, dan keju mozzarella. Lasagna Napoletana juga memakai saus tomat yang dimasak dengan bawang putih, daun basil, dan oregano.

3. Lasagna Vegetarian

Variasi lasagna yang tidak memakai daging sebagai bahan utamanya. Lasagna Vegetarian memakai sayuran-sayuran seperti bayam, jamur, zucchini, terong, paprika, atau brokoli sebagai pengganti saus daging. Lasagna Vegetarian juga memakai keju cottage atau tofu sebagai pengganti keju mozzarella.

Baca Juga  Trik Mudah, Tips dan Cara Budidaya Jamur Tiram hanya Dengan Botol Plastik Bekas

Untuk membuat lasagna yang sukses, kita harus memperhatikan beberapa tips berikut:

digunakan untuk membuat lasagna harus berkualitas baik, yaitu pasta yang tidak mudah hancur atau lengket saat direbus atau dipanggang.  jenis yang baik untuk membuat lasagna ialah pasta yang khusus dibuat untuk lasagna, yaitu pasta yang berbentuk lembaran persegi panjang yang tipis dan mempunyai tekstur yang kasar. Ini bisa dibeli di toko-toko atau supermarket, atau dibuat sendiri dengan memakai tepung terigu, telur, dan garam.

Ketebalan lapisan-lapisan lasagna harus disesuaikan dengan selera dan ukuran loyang atau pinggan yang digunakan. Secara umum, ketebalan lapisan-lapisan lasagna sebaiknya tidak terlalu tebal atau terlalu tipis, yaitu sekitar 0,5-1 cm per lapisan. Jika lapisan-lapisan lasagna terlalu tebal, lasagna bisa menjadi terlalu berat dan basah. Jika lapisan-lapisan lasagna terlalu tipis, lasagna bisa menjadi terlalu kering dan rapuh.

Sebelum menyusun lapisan-lapisan lasagna di dalam loyang atau pinggan, sebaiknya kita menyiram lapisan-lapisan pasta dengan air dingin terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghentikan proses pemasakan pasta dan mencegah pasta menjadi lengket atau hancur saat dipanggang. Air dingin juga bisa membantu pasta menyerap rasa dari saus daging dan saus bechamel.

Hidangan Pendamping

Lasagna ialah hidangan yang cocok untuk disajikan dengan hidangan pendamping yang ringan dan segar. Beberapa hidangan pendamping untuk lasagna ialah sebagai berikut:

1. Salad sayuran

Hidangan pendamping yang sehat dan menyegarkan untuk lasagna. Salad sayuran bisa dibuat dengan memakai sayuran-sayuran seperti selada, tomat, mentimun, wortel, jagung, atau alpukat yang dicampur dengan dressing seperti mayones, yogurt, atau vinaigrette. Salad sayuran bisa memberikan rasa asam dan manis yang bisa menyeimbangkan rasa gurih dan pedas dari lasagna.

Baca Juga  Manfaat Passion Flower (Bunga Gairah) untuk Kesehatan

2. Roti garlic

Hidangan pendamping yang lezat dan aromatik untuk lasagna. ini bisa dibuat dengan memakai roti tawar atau roti baguette yang diolesi dengan mentega bawang putih dan dipanggang sampai renyah dan kecoklatan. Roti garlic bisa memberikan tekstur yang garing dan rasa yang harum yang bisa melengkapi tekstur dan rasa dari lasagna.

3. Sup 

Sup ialah hidangan pendamping yang hangat dan mengenyangkan untuk lasagna. Ini bisa dibuat dengan memakai bahan-bahan-bahan seperti sayur-sayuran, daging, ayam, ikan, jamur, atau kacang-kacangan yang direbus dengan air, kaldu, atau susu dan dibumbui dengan bawang putih, daun salam, merica, atau garam. Sup bisa memberikan rasa yang hangat dan lembut yang bisa mengimbangi rasa yang dingin dan renyah dari lasagna.

Baca Juga : Cara Membuat Kombucha

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara membuat lasagna yang lezat. Lasagna ialah hidangan khas Italia yang terdiri dari lapisan-lapisan pasta, saus daging, keju, dan saus bechamel. Makanan ini mempunyai sejarah yang panjang dan menarik, serta banyak variasi yang populer di berbagai negara dan daerah. Lasagna juga mudah dan praktis untuk dibuat, karena hanya membutuhkan beberapa bahan utama yang bisa ditemukan di mana saja.