Nama Dan Jenis Jamur Yang Populer

biotifor.or.idJenis Jamur , Jamur ialah organisme eukariotik yang termasuk dalam kerajaan fungi. Mereka mempunyai peran penting dalam lingkungan alami dan dipakai dalam berbagai aspek kehidupan manusia, seperti industri makanan, obat-obatan, dan pertanian. Di Indonesia, terdapat berbagai jamur yang mempunyai keanekaragaman yang luar biasa. Artikel ini akan menjelaskan beberapa jamur yang dapat ditemukan di Indonesia.

Daftar Jenis JamurĀ 

jenis jamur

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai – jamur yang menarik, mulai dari yang umum dan terkenal hingga yang langka dan eksotis. Mari kita mulai menjelajahi dunia Jamur yang menakjubkan ini!

1. Jamur Merang

Juga dikenal dengan nama jamur tiram putih, ialah salah satu jamur yang sangat mudah untuk dijumpai dan sering dibudidayakan karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik. Jamur merang mempunyai nama ilmiah Volvariella volvacea dan termasuk dalam famili Pluteaceae.

2. Jamur Tiram

Merupakan jamur yang sangat terkenal dan banyak di tanam karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik. Nama ilmiahnya ialah Pleurotus ostreatus, dan sering juga disebut sebagai “jamur oyster” atau “oyster mushroom” dalam bahasa Inggris.

3. Jamur Kancing

Dikenal sebagai champignon atau jamur putih, ialahĀ  Jenis Jamur yang sangat umum dan terkenal di penjuru dunia. Nama ilmiahnya ialah Agaricus bisporus. Jamur ini mempunyai ciri khas tubuh buah yang berbentuk seperti payung dengan tudung yang terbuka dan batang yang kokoh. Mereka termasuk dalam keluarga Agaricaceae.

4. Jamur Shiitake

Black forest mushroom atau oakwood mushroom, ialah jamur yang terkenal dan mempunyai rasa yang khas. Nama ilmiahnya ialah Lentinula edodes, dan jamur ini berasal dari Asia Timur, terutama dari Jepang, Tiongkok, dan Korea. Saat ini, jamur shiitake juga telah menyebar luas dan dibudidayakan di berbagai belahan dunia.

5. Jamur Kuping

Merupakan Jenis Jamur yang terkenal di masakan Asia, terutama di Tiongkok dan negara-negara Asia Timur lainnya. Jamur ini populer karena bentuknya yang menyerupai daun kuping atau cuping telinga, yang menjadikannya unik dan mudah dikenali.

6. Jamur Kuping Hitam

Sebutan untuk jamur kuping yang mempunyai warna hitam atau cokelat tua pada bagian belakangnya, sehingga membedakannya dengan varietas lain dari jamur kuping yang bisa berwarna lebih cerah seperti cokelat atau kecokelatan. Jamur kuping hitam mempunyai nama ilmiah Auricularia polytricha.

7. Jamur Tiram Putih

Tiram putih, atau yang juga dikenal sebagai “white button mushroom,” ialah varietas dari jamur tiram (Agaricus bisporus) yang mempunyai warna putih pada tubuh buahnya. Ini ialah salah satu jamur tiram yang paling umum dan terkenal yang sering dijumpai di pasar dan dipakai dalam berbagai hidangan.

8. Jamur Enoki

Ialah salah satu Jenis Jamur yang terkenal di masakan Asia, terutama di Jepang, Tiongkok, dan Korea. Nama ilmiah dari jamur enoki ialah Flammulina velutipes. Jamur ini mempunyai ciri khas tubuh buah yang sangat unik dengan batang panjang dan tipis, serta tudung kecil yang mengumpul membentuk gumpalan kecil di bagian atas batang.

9. Jamur Tiram Cokelat

Salah satu varietas dari jamur tiram (Agaricus bisporus) yang mempunyai warna cokelat atau cokelat keabu-abuan pada tubuh buahnya. Jamur tiram cokelat ialah varietas yang lebih matang daripada jamur tiram putih, namun lebih muda daripada jamur tiram portobello.

10. Jamur Lingzhi

Dalam bahasa Inggris disebut “Reishi Mushroom” ialah jamur yang telah lama dipakai dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Jepang karena diklaim mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Nama ilmiah jamur Lingzhi ialah “Ganoderma lucidum.”

11. Jamur Kuping Merah

Nama umum lainnya untuk jamur ini ialah “Jelly Ear” atau “Wood Ear.” Nama “Kuping” merujuk pada bentuk jamur yang mirip dengan telinga manusia, sementara “Merah” menunjukkan warna jamur tersebut yang umumnya berwarna merah atau cokelat keunguan.

12. Jamur Kecap

Soy Sauce Mushroom, sebenarnya bukanlah jamur tertentu. Istilah “Jamur Kecap” lebih mengacu pada proses memasak jamur dengan kecap atau saus kecap di dalam hidangan.

13. Jamur Pelangi

Oyster Mushroom, ialah salah satu jamur yang terkenal dan sering dipakai dalam masakan. Nama “Pelangi” berasal dari bentuk jamur ini yang menyerupai kerangka pelangi ketika dilihat dari atas, dengan pinggiran berombak dan tekstur yang agak berkerut.

Kesimpulan

Indonesia mempunyai keanekaragaman jamur yang luar biasa. Berbagai Jenis Jamur , seperti Jamur Merang, Jamur Tiram, Jamur Kancing, dan Jamur Shiitake, tersedia di pasar dan sering dipakai dalam hidangan lokal. Namun, perlu diingat bahwa mengenali jamur yang aman untuk dikonsumsi sangat penting. Selalu pastikan Anda memperoleh jamur dari sumber yang terpercaya.

FAQ

Apakah semua Jenis Jamur di Indonesia aman untuk dikonsumsi?

Tidak, beberapa jamur dapat beracun. Penting untuk mempelajari dan mengenali jamur yang aman untuk dikonsumsi sebelum menggunakannya.

Di mana saya bisa mendapatkan Jenis Jamur yang langka, seperti Jamur Lingzhi?

Jamur Lingzhi dapat ditemukan di toko obat herbal atau melalui penjual jamur khusus yang menjual – jamur yang lebih langka.

Bagaimana cara memasak jamur agar tetap enak dan bergizi?

Jamur biasanya dimasak dengan cara tumis, direbus, atau dipakai dalam hidangan sup. Penting untuk tidak mengolah jamur terlalu lama agar tetap mempunyai tekstur yang enak dan mempertahankan nutrisinya.

Apa manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan jamur?

Beberapa jamur, seperti Jamur Lingzhi, diketahui mempunyai manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempunyai efek antioksidan.

Bagaimana cara menyimpan jamur yang sudah dipetik agar tetap segar?

Jamur sebaiknya disimpan di tempat yang dingin dan kering, seperti di dalam lemari es. Hindari menyimpan jamur dalam wadah tertutup yang dapat menyebabkan kelembaban berlebih dan mempercepat pembusukan.