Cara Membuat Susu Jahe, Minuman Hangat yang Bermanfaat

biotifor.or.idCara Membuat Susu Jahe – Susu jahe adalah minuman yang terbuat dari campuran susu dan jahe. Minuman ini memiliki rasa yang hangat dan pedas, serta banyak manfaat bagi kesehatan. Susu jahe dapat membantu menghangatkan tubuh, meredakan batuk dan pilek, meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi peradangan, dan menenangkan perut.

Susu jahe juga mudah untuk dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Berikut ini adalah cara membuat susu jahe yang bisa Anda coba.

Apa itu Susu Jahe?

Apa itu Susu Jahe

Susu jahe adalah minuman tradisional yang populer di beberapa negara Asia, seperti India, Pakistan, Malaysia, dan Indonesia. Minuman ini terbuat dari susu yang dicampur dengan jahe, yang merupakan rempah-rempah yang memiliki rasa pedas dan aroma khas.

Susu jahe biasanya diminum saat cuaca dingin atau saat sedang sakit, karena dapat memberikan rasa hangat dan nyaman pada tubuh. Susu jahe juga memiliki kandungan gizi yang baik, seperti protein, kalsium, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Mengapa Susu Jahe Bermanfaat?

Susu jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik dari susu maupun dari jahe. Berikut ini adalah beberapa manfaat susu jahe yang bisa Anda rasakan:

  • Menghangatkan tubuh: Susu jahe dapat membantu menghangatkan tubuh saat cuaca dingin atau saat demam. Hal ini karena jahe memiliki sifat termogenik, yaitu dapat meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme. Susu jahe juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi kram otot.
  • Meredakan batuk dan pilek: Susu jahe dapat membantu meredakan batuk dan pilek, yang sering terjadi saat musim hujan atau perubahan cuaca. Hal ini karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-virus, yang dapat membantu mengatasi infeksi saluran pernapasan. Susu jahe juga dapat membantu mengeluarkan lendir dan membersihkan tenggorokan.
  • Meningkatkan sistem kekebalan: Susu jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang merupakan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit. Hal ini karena jahe memiliki sifat imunomodulator, yaitu dapat merangsang aktivitas sel-sel kekebalan, seperti sel darah putih, sel pembunuh alami, dan sel T. Susu jahe juga dapat membantu mencegah radang dan oksidasi sel, yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan penyakit kronis.
  • Mengurangi peradangan: Susu jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang merupakan reaksi tubuh terhadap cedera atau iritasi. Hal ini karena jahe memiliki sifat analgesik, yaitu dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri. Susu jahe juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit, sendi, atau organ dalam. Susu jahe dapat bermanfaat bagi orang yang menderita arthritis, asma, atau alergi.
  • Menenangkan perut: Susu jahe dapat membantu menenangkan perut, yang sering mengalami gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, kembung, atau diare. Hal ini karena jahe memiliki sifat karminatif, yaitu dapat mengurangi gas dan asam lambung. Susu jahe juga dapat membantu meningkatkan motilitas usus dan mengurangi kontraksi otot. Susu jahe dapat bermanfaat bagi orang yang menderita sindrom iritasi usus besar, gastritis, atau tukak lambung.
Baca Juga  Cara Memasak Sarden: Rahasia Tersembunyi Dibalik Hidangan Dapur Anda

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Untuk membuat susu jahe, Anda hanya membutuhkan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan, yaitu:

  • 250 ml susu cair
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt jahe parut
  • 1/4 sdt kayu manis bubuk (opsional)

Susu cair adalah susu yang sudah dipasteurisasi dan dihomogenisasi, sehingga memiliki tekstur yang halus dan rasa yang lembut. Anda bisa menggunakan susu segar, susu UHT, atau susu kental manis sesuai dengan selera Anda. Jika menggunakan susu kental manis, kurangi atau hilangkan gula pasir.

Gula pasir adalah gula yang sudah dihaluskan dan dibersihkan, sehingga memiliki warna yang putih dan rasa yang manis. Anda bisa menggunakan gula pasir putih atau gula pasir merah sesuai dengan selera Anda. Anda juga bisa mengganti gula pasir dengan madu atau gula aren jika ingin lebih alami dan sehat.

Jahe adalah rempah-rempah yang memiliki bentuk seperti rimpang, warna kuning, dan aroma khas. Anda bisa menggunakan jahe segar atau jahe bubuk. Jika menggunakan jahe segar, kupas dan parut halus. Jika menggunakan jahe bubuk, gunakan sekitar 1/2 sdt.

Kayu manis adalah rempah-rempah yang memiliki bentuk seperti batang, warna cokelat, dan aroma khas. Anda bisa menggunakan kayu manis batang atau kayu manis bubuk. Jika menggunakan kayu manis batang, potong kecil-kecil. Jika menggunakan kayu manis bubuk, gunakan sekitar 1/4 sdt.

Cara membuat susu jahe:

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda bisa mulai membuat susu jahe dengan cara berikut ini:

  1. Campurkan susu, gula, jahe, dan kayu manis (jika menggunakan) dalam panci. Masak dengan api sedang sampai susu berbusa, sekitar lima menit. Aduk sesekali agar tidak gosong.
  2. Angkat panci dari kompor, saring susu untuk memisahkan ampas jahe. Tuang susu ke dalam gelas atau cangkir.
  3. Sajikan susu jahe selagi hangat. Anda bisa menambahkan madu atau gula aren jika ingin lebih manis.
Baca Juga  Cara Ikan Kawin Atau Reproduksi Pada ikan

Tips membuat susu jahe:

Agar susu jahe Anda lebih nikmat dan bermanfaat, Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

  • Anda bisa menambahkan bahan lain seperti cengkeh, kapulaga, atau sereh untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih kaya. Tambahkan bahan-bahan tersebut saat merebus susu.
  • Anda bisa menyimpan susu jahe yang sudah jadi di dalam kulkas dan memanaskannya kembali saat ingin diminum. Anda bisa menyimpannya hingga tiga hari.
  • Anda bisa menyesuaikan takaran bahan-bahan sesuai dengan selera Anda. Anda bisa menambahkan atau mengurangi gula, jahe, atau kayu manis sesuai dengan keinginan Anda.

Demikianlah cara membuat susu jahe yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat