Cara Membuat Permen Jahe yang Mudah dan Enak

biotifor.or.id – Cara Membuat Permen Jahe – Permen jahe adalah salah satu camilan yang banyak disukai oleh orang-orang. Permen jahe memiliki rasa yang pedas dan manis, serta memberikan sensasi hangat di tenggorokan.

Permen jahe juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti mengatasi masalah pencernaan, mual, batuk, dan flu. Selain itu, permen jahe juga mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Berikut ini adalah cara membuat permen jahe yang mudah dan enak.

Bahan Membuat Permen Jahe

Bahan Membuat Permen Jahe

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram jahe segar, kupas dan iris tipis-tipis
  • 500 gram gula pasir
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 ml air
  • Gula halus secukupnya untuk taburan

Cara membuat permen jahe:

  1. Rebus jahe dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit atau sampai jahe empuk. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Masukkan gula pasir, air jeruk nipis, garam, dan air ke dalam panci. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai gula larut dan mendidih.
  3. Masukkan jahe rebus ke dalam larutan gula. Aduk rata dan masak dengan api kecil sampai larutan gula mengental dan berwarna kecoklatan. Angkat dan biarkan dingin sebentar.
  4. Ambil satu sendok makan adonan permen jahe dan bentuk bulat-bulat. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Gulingkan permen jahe ke dalam gula halus sampai tertutup rata. Letakkan permen jahe di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti. Biarkan permen jahe mengeras di udara terbuka.
  6. Simpan permen jahe dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik bening. Permen jahe siap dinikmati atau dijadikan oleh-oleh.

Informasi tambahan tentang permen jahe:

  • Permen jahe adalah salah satu produk olahan dari jahe yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Permen jahe dapat dijual di pasar tradisional, supermarket, toko online, atau toko oleh-oleh khas daerah. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi jahe di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 1,3 juta ton, meningkat sebesar 11,3 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan pasar terhadap jahe dan produk olahannya cukup tinggi.
  • Permen jahe memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin C, vitamin B6, magnesium, kalium, fosfor, dan zat besi. Permen jahe juga memiliki kandungan antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), permen jahe dapat membantu mengurangi gejala asma, alergi, dan radang tenggorokan. Permen jahe juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, serta mencegah penyakit jantung dan diabetes.
  • Permen jahe dapat dikonsumsi sebagai camilan sehat, obat herbal, atau penambah aroma dan rasa pada minuman. Permen jahe dapat dicampur dengan teh, susu, kopi, atau air hangat untuk membuat minuman yang menyegarkan dan menyehatkan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Indonesia (UI), minuman permen jahe dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta mengurangi stres dan kelelahan. Minuman permen jahe juga dapat membantu mengatasi masalah menstruasi, seperti nyeri, kram, dan perdarahan.
Baca Juga  Cara Membuat Es Kacang Merah Ala Restoran Cina, Enak Dan Murah!

Variasi Permen Jahe

Permen jahe dapat dibuat dengan variasi bahan lain, seperti cokelat, kacang, kelapa, atau buah-buahan. Permen jahe juga dapat dibuat dengan variasi rasa, seperti manis, asam, asin, atau pedas. Anda bisa bereksperimen dengan bahan dan rasa yang Anda sukai untuk membuat permen jahe yang unik dan lezat. Berikut ini adalah beberapa contoh variasi permen jahe yang bisa Anda coba:

  • Permen jahe cokelat: tambahkan cokelat leleh ke dalam adonan permen jahe sebelum dibentuk bulat-bulat. Anda bisa menggunakan cokelat putih, susu, atau hitam sesuai dengan selera Anda.
  • Permen jahe kacang: tambahkan kacang tanah, kacang mede, atau kacang almond yang sudah disangrai dan dicincang ke dalam adonan permen jahe sebelum dibentuk bulat-bulat. Anda bisa menggunakan kacang yang sudah digoreng, direbus, atau mentah sesuai dengan selera Anda.
  • Permen jahe kelapa: tambahkan kelapa parut yang sudah dikeringkan ke dalam adonan permen jahe sebelum dibentuk bulat-bulat. Anda bisa menggunakan kelapa yang sudah dipanggang, direbus, atau mentah sesuai dengan selera Anda.
  • Permen jahe buah: tambahkan potongan buah-buahan segar, seperti jeruk, nanas, apel, atau stroberi ke dalam adonan permen jahe sebelum dibentuk bulat-bulat. Anda bisa menggunakan buah-buahan yang sudah dimasak, diblender, atau mentah sesuai dengan selera Anda.
  • Permen jahe manis: tambahkan gula merah, gula aren, atau madu ke dalam larutan gula yang digunakan untuk merebus jahe. Anda bisa menggunakan gula atau madu yang sudah dicairkan, dipadatkan, atau mentah sesuai dengan selera Anda.
  • Permen jahe asam: tambahkan asam jawa, asam sitrun, atau cuka ke dalam larutan gula yang digunakan untuk merebus jahe. Anda bisa menggunakan asam atau cuka yang sudah dicairkan, dipadatkan, atau mentah sesuai dengan selera Anda.
  • Permen jahe asin: tambahkan garam, kecap asin, atau saus tiram ke dalam larutan gula yang digunakan untuk merebus jahe. Anda bisa menggunakan garam, kecap, atau saus yang sudah dicairkan, dipadatkan, atau mentah sesuai dengan selera Anda.
  • Permen jahe pedas: tambahkan cabai, merica, atau sambal ke dalam larutan gula yang digunakan untuk merebus jahe. Anda bisa menggunakan cabai, merica, atau sambal yang sudah dicairkan, dipadatkan, atau mentah sesuai dengan selera Anda.
Baca Juga  Manfaat Pandan: Keajaiban Alam yang Menyehatkan

Demikianlah cara membuat permen jahe yang mudah dan enak beserta informasi tambahannya. Anda bisa menyesuaikan jumlah bahan sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.