9 Wedang Asli Indonesia Yang Cocok Dinikmati Di Musim Hujan

Posted on

biotifor.or.idWedang Asli Indonesia , Wedang adalah sebutan untuk minuman hangat yang biasa diminum oleh masyarakat Indonesia, terutama di daerah Jawa. Wedang memiliki berbagai rasa, aroma, dan warna, tergantung dari bahan-bahan yang digunakan. Wedang tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan, seperti meningkatkan imunitas, meredakan masuk angin, mengobati batuk, dan mengusir rasa kantuk.

Indonesia memiliki berbagai jenis wedang yang berasal dari berbagai daerah dan budaya. Setiap wedang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, baik dari segi bahan, cara pembuatan, maupun penyajian.

Macam-Macam Wedang Asli Indonesia

wedang asli indonesia

Berikut ini adalah 9 macam wedang asli Indonesia yang dapat Anda coba dan nikmati.

1. Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah wedang khas dari Yogyakarta, yang terbuat dari air jahe, kayu secang, cengkeh, kayumanis, serai, pala, dan gula merah atau batu. Nama uwuh berasal dari bahasa Jawa yang berarti sampah, karena bahan-bahan wedang ini tampak seperti sampah kering yang direbus. Namun, jangan salah, wedang uwuh memiliki rasa yang manis, segar, dan hangat, serta warna yang merah pekat. Wedang uwuh biasanya disajikan dengan tape ketan hitam atau putih sebagai teman ngemil.

2. Sarabba

Wedang Asli Indonesia Sarabba adalah wedang khas dari Sulawesi Selatan, yang terbuat dari jahe, kuning telur, gula aren, santan, dan lada bubuk. Memiliki rasa yang pedas, manis, dan gurih, serta tekstur yang kental dan berbusa. Wedang ini dipercaya dapat menghangatkan tubuh, meningkatkan stamina, dan mengobati masuk angin. Sarabba biasanya diminum pada malam hari sebelum tidur atau saat cuaca dingin.

3. Wedang Ronde

Ini adalah wedang khas dari Jawa Tengah, yang terbuat dari air rebusan jahe dan pandan, ditambahkan ronde alias bola-bola ketan yang berisi kacang tanah, kolang kaling, dan potongan roti. Ronde memiliki rasa yang manis dan hangat, serta tekstur yang kenyal dan lembut. Wedang ini dapat mengenyangkan perut, menghangatkan tubuh, dan menenangkan pikiran. Wedang ronde biasanya disajikan dengan siraman gula merah cair dan santan.

Baca Juga  Jangan Lewatkan Potensi Cuannya, Begini Cara Menanam Ginseng Anti Gagal

4. Bajigur

Wedang adalah wedang khas dari Jawa Barat, yang terbuat dari santan, gula aren, vanili, dan sedikit garam, ditambahkan kopi bubuk dan potongan pisang. Bajigur memiliki rasa yang manis, gurih, dan sedikit pahit, serta warna yang cokelat. Wedang ini dapat memberikan energi, menghangatkan tubuh, dan menghilangkan rasa kantuk. Bajigur biasanya disajikan dengan gorengan, seperti pisang goreng, cireng, atau combro.

5. Bandrek

Wedang Bandrek adalah wedang khas dari Jawa Barat, yang terbuat dari air rebusan jahe, gula merah, kayumanis, cengkeh, dan kapulaga, ditambahkan santan dan kacang tanah. Bandrek memiliki rasa yang pedas, manis, dan gurih, serta aroma yang harum. Wedang ini dapat meredakan batuk, pilek, dan masuk angin, serta menghangatkan tubuh. Bandrek biasanya diminum saat cuaca dingin atau hujan.

6. Sekoteng

Sekoteng adalah Wedang Asli Indonesia khas dari Jawa Tengah, yang terbuat dari air rebusan jahe, gula pasir, dan garam, ditambahkan kacang hijau, kolang kaling, pacar cina, dan potongan roti. Memiliki rasa yang manis dan hangat, serta tekstur yang beraneka ragam. Wedang ini dapat mengisi perut, menghangatkan tubuh, dan menyegarkan pikiran. Sekoteng biasanya disajikan dengan gorengan, seperti pisang goreng, tempe goreng, atau bakwan.

7. Wedang Jahe

Wedang jahe, minuman yang umum dan mudah ditemui di berbagai wilayah di Indonesia, terbuat dari air rebusan jahe yang dicampur dengan gula pasir atau gula merah. Untuk memberikan variasi rasa, minuman ini juga dapat diperkaya dengan tambahan susu, lemon, atau madu sesuai dengan selera pribadi. Dengan cita rasa yang khas, yakni kombinasi antara rasa pedas dan manis, serta aroma yang khas dari jahe, wedang jahe bukan hanya menyegarkan namun juga memberikan sensasi kenikmatan tersendiri.

Selain menjadi minuman yang populer untuk dinikmati di berbagai momen, Wedang Asli Indonesia wedang jahe memiliki reputasi dalam memberikan manfaat kesehatan. Kemampuannya untuk menghangatkan tubuh menjadikannya pilihan yang ideal ketika suhu udara turun. Tak hanya itu, minuman ini diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat penyembuhan, membantu meredakan berbagai keluhan kesehatan seperti batuk, pilek, sakit kepala, dan nyeri otot.

Baca Juga  Ini 11 Cara Agar Kulit Putih Simpel dan Efektif Kulit Putih dan Cerah

Dengan kandungan alami dari jahe yang kaya akan nutrisi dan sifat-sifat penyembuhan, wedang jahe menciptakan pengalaman minum yang lebih dari sekadar kenikmatan rasa. Oleh karena itu, tidak heran jika wedang jahe tetap menjadi pilihan utama bagi banyak orang, tidak hanya sebagai minuman penyegar, tetapi juga sebagai minuman yang menyehatkan dan bermanfaat. Selamat menikmati setiap tegukan hangat dan menyehatkan dari wedang jahe!

8. Wedang Angkringan

Wedang Angkringan, minuman khas Yogyakarta, merupakan sajian yang berasal dari kombinasi air rebusan jahe, gula merah, dan kayu secang, yang kemudian diperkaya dengan sentuhan teh celup dan susu kental manis. Keunikan Wedang Angkringan tidak hanya terletak pada cita rasa manis yang khas, tetapi juga pada kesegaran dan kehangatan yang menyelimuti setiap tegukan. Tidak hanya itu, warna merah muda yang memikat dari minuman ini menambah daya tarik visualnya.

Selain sebagai minuman yang menyegarkan, Wedang Angkringan juga dikenal memiliki kemampuan untuk menghilangkan rasa kantuk dan memberikan sensasi hangat yang menyeluruh bagi tubuh. Minuman ini tidak hanya berperan sebagai pelepas dahaga, tetapi juga sebagai penyemangat yang dapat meningkatkan semangat. Tradisionalnya, Wedang Angkringan biasanya disajikan di angkringan, sebuah warung kaki lima yang menyediakan berbagai makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

9. Wedang Asle

Wedang Asle, minuman khas Jawa Timur, terkenal dengan keunikannya yang berasal dari campuran santan, gula pasir, dan garam, yang kemudian diperkaya dengan tape ketan, kolang kaling, pacar cina, dan buah nangka. Keistimewaan Wedang Asle terletak pada kombinasi rasa manis dan gurih yang mendalam, disertai dengan tekstur lembut dan kenyal yang menyatu harmonis. Minuman ini tidak hanya memikat lidah dengan cita rasa yang khas, tetapi juga memberikan sensasi kenyang, kehangatan menyeluruh bagi tubuh, dan pengalaman kuliner yang memanjakan.

Baca Juga  Larangan Malam Satu Suro - Mengungkap Malam Mistis Satu Suro

Dalam tradisinya, Wedang Asle sering disajikan bersama dengan berbagai gorengan, seperti pisang goreng, tempe goreng, atau tahu goreng. Kombinasi ini menciptakan paduan cita rasa yang sempurna antara kelezatan minuman hangat dan kegurihan dari camilan goreng yang menyertai. Oleh karena itu, menjelajahi ragam sensasi dari setiap tegukan dan gigitan, Wedang Asle memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan, mempersembahkan keanekaragaman rasa dan tekstur yang memuaskan selera. Selamat menikmati kelezatan dan kenikmatan yang terkandung dalam setiap sajian Wedang Asle!

Baca Juga : Cara Membuat Cekodok

Kesimpulan

Minuman hangat bernama wedang merupakan salah satu minuman yang sangat digemari di Indonesia. Dikenal dengan berbagai varian rasa dan manfaat, wedang tidak hanya berfungsi sebagai penyejuk tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan dan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Keberagaman jenis wedang mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner Indonesia, memperlihatkan keunikan tiap daerah.

Menghadirkan kehangatan tidak hanya di rumah, melainkan juga di warung-warung dan tempat wisata, wedang menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Selamat menikmati kelezatan dan keanekaragaman Wedang Asli Indonesia !