Manfaat Jamur Enoki bagi Kesehatan Kita, Simak!

Posted on

biotifor.or.idManfaat Jamur Enoki – Jamur enoki, dikenal juga sebagai enokitake atau enoki mushroom, adalah tipe jamur yang makin terkenal dalam kulineran global. Jamur ini mempunyai performa unik dengan tangkai panjang dan tipis dan kepala kecil yang terlihat seperti benang. Tetapi tidak cuma performanya yang menarik; manfaat kesehatan yang hebat dari jamur enoki membuat jadi bintang pada dunia kulineran dan nutrisi. Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri manfaat jamur enoki yang mengagumkan dan kenapa kamu harus memasukkan ke diet kamu.

Apa Itu Jamur Enoki?

Apa Itu Jamur Enoki?

Jamur Enoki ialah tipe jamur yang dari Jepang dan kerap dipakai dalam masakan Asia. Jamur ini mempunyai keunikan yang gampang dikenal berbentuk memiliki bentuk yang panjang dan ramping, dengan warna putih sampai krem pucat. Enoki mempunyai struktur yang gurih dan rasa yang halus dan sedikit manis.

Jamur Enoki kerap dipakai dalam beragam sajian, seperti sup, salad, dan hidangan panggang. Mereka kerap dipakai sebagai hiasan pada sajian karena memiliki bentuk yang memikat. Jamur ini mempunyai gizi yang bagus, termasuk serat, vitamin B, dan mineral seperti selenium.

Selainnya dipakai pada sajian, jamur Enoki diyakinkan mempunyai beberapa manfaat kesehatan, seperti tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh dan menolong mempertahankan kesehatan jantung. Jamur Enoki umumnya bisa diketemukan di pasar swalayan atau toko bahan makanan Asia, dan bisa diolah beragam langkah sesuai dengan selera.

Sejarah Jamur Enoki

Jamur Enoki, yang dikenal juga sebagai Enokitake, ialah tipe jamur yang terkenal dalam masakan Asia. Sejarah jamur Enoki mempunyai akar yang panjang dalam budaya dan kulineran Jepang. Jamur ini asal dari Jepang dan sudah jadi sisi penting dari masakan Jepang sepanjang beratus-ratus tahun.

Jamur Enoki pertama kalinya diketemukan di Jepang pada era ke-17, sepanjang masa Edo. Sebelumnya, jamur ini cuma tumbuh dengan alami di wilayah pegunungan. Tetapi, secara mengembangnya tehnik pertanian dan budi daya jamur di Jepang, jamur Enoki mulai diperbudidayakan dengan komersil pada era ke-19.

Seiring waktu berjalan, jamur Enoki makin terkenal di kelompok masyarakat Jepang. Rasanya yang sedap dan teksturnya yang unik membuat jadi bahan yang dipandang dalam beragam sajian, seperti sup, salad, dan hotpot. Jamur Enoki dikenal juga mempunyai nilai nutrisi yang lebih tinggi, hingga banyak yang menganggap sebagai makanan sehat.

Baca Juga  Manfaat Kentang Rebus, Pilihan Sehat yang Lezat

Pada era ke-20, dengan bertambahnya jalinan perdagangan internasional, jamur Enoki mulai menebar ke penjuru dunia. Jamur ini dikenalkan ke beberapa negara lain, seperti Korea, Tiongkok, dan Amerika Serikat. Di luar Jepang, jamur Enoki kerap dipakai dalam masakan Asia dan sudah menjadi satu diantara jamur terpopuler di dunia.

Sampai sekarang ini, jamur Enoki terus menjadi satu diantara jamur yang terbanyak dimakan di penjuru dunia. Budi daya jamur ini sudah berkembang cepat, hingga jamur Enoki bisa diketemukan gampang di beberapa pasar dan beberapa toko bahan makanan di penjuru dunia. Sejarah jamur Enoki ialah narasi mengenai bagaimana jamur asal Jepang ini sudah temukan tempat spesial dalam kulineran global.

Baca Juga : Manfaat Rahasia Kesehatan Ikan Kembung

Komposisi Nutrisi Jamur Enoki

Formasi gizi jamur enoki dapat bervariatif sedikit bergantung pada keadaan bertumbuhnya, tapi berikut prediksi umum formasi gizi dalam 100 g jamur enoki:

  1. Kalori: Sekitar 37 kalori
  2. Karbohidrat: Sekitar 7,8 gram
  3. Protein: Sekitar 3,1 gram
  4. Serat: Sekitar 2,4 gram
  5. Lemak: Sekitar 0,2 gram
  6. Vitamin:
    • Vitamin B3 (Niasin): Sekitar 3,3 mg (16% dari asupan harian yang direkomendasikan)
    • Vitamin B5 (Asam pantotenat): Sekitar 0,9 mg (9% dari asupan harian yang direkomendasikan)
    • Vitamin B1 (Tiamin): Sekitar 0,1 mg (7% dari asupan harian yang direkomendasikan)
    • Vitamin B2 (Riboflavin): Sekitar 0,3 mg (14% dari asupan harian yang direkomendasikan)
    • Vitamin B6 (Piridoksin): Sekitar 0,2 mg (11% dari asupan harian yang direkomendasikan)
    • Folat: Sekitar 36 mikrogram (9% dari asupan harian yang direkomendasikan)
  7. Mineral:
    • Kalium: Sekitar 393 mg
    • Fosfor: Sekitar 98 mg
    • Besi: Sekitar 0,5 mg
    • Seng: Sekitar 0,5 mg
    • Tembaga: Sekitar 0,1 mg
    • Selenyum: Sekitar 6,7 mikrogram
  8. Antioksidan:
    • Ergosterol, suatu senyawa yang dapat menghasilkan vitamin D ketika terpapar sinar matahari.

Jamur enoki ialah sumber yang bagus untuk beberapa vitamin B dan mineral penting seperti niasin, asam pantotenat, kalium, dan fosfor. Disamping itu, jamur enoki memiliki kandungan serat yang bagus untuk pencernaan. Walaupun formasi gizinya kemungkinan bervariatif sedikit, jamur enoki biasanya bisa jadi tambahan yang sehat pada diet kamu. Pastikan untuk masukkan beragam tipe makanan dalam skema makan kamu untuk pastikan konsumsi gizi yang imbang.

Baca Juga  Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Kesehatan Jamur Enoki

Manfaat Kesehatan Jamur Enoki

Manfaat jamur enoki bagi kesehatan sangat beragam. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Rendah Kalori: Jamur Enoki rendah kalori, sehingga cocok untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau mengendalikan asupan kalori.
  2. Kaya Serat: Jamur Enoki mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit dan menjaga kesehatan usus.
  3. Tinggi Nutrisi: Jamur Enoki mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin D, mineral seperti selenium, serta zat antioksidan. Vitamin B dikenal baik untuk kesehatan saraf, sementara vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.
  4. Mengandung Ergotionein: Jamur Enoki mengandung ergotionein, sejenis antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  5. Potensi Anti Kanker: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jamur Enoki memiliki potensi sebagai agen anti kanker, terutama dalam melindungi sel-sel hati dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
  6. Menurunkan Kolesterol: Konsumsi jamur Enoki dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.
  7. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh: Kandungan nutrisi dalam jamur Enoki dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan penyakit.
  8. Mengurangi Risiko Diabetes: Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa jamur Enoki dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Tetapi, penting untuk dikenang jika manfaat jamur enoki untuk kesehatan ini tetap membutuhkan riset selanjutnya untuk verifikasi selanjutnya, dan seharusnya diskusikan sama dokter atau pakar nutrisi saat sebelum menambah jamur Enoki ke diet kamu, terlebih bila kamu mempunyai keadaan kesehatan tertentu.

Baca Juga : Manfaat Air Tajin Bagi kesehatan

Resep Sederhana: Sup Jamur Enoki

Bahan-bahan:

  • 200 gram jamur enoki
  • 1 liter kaldu sayuran
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok makan kecap asin
  • Garam dan merica secukupnya
  • Daun bawang, untuk hiasan
Baca Juga  Manfaat Daun Ginseng: Rasa Sehat dan Energi Optimal

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak wijen dalam panci besar. Tumis bawang putih hingga harum.
  2. Tambahkan kaldu sayuran dan biarkan mendidih. Kemudian, tambahkan jamur enoki.
  3. Masukkan kecap asin, garam, dan merica sesuai selera. Aduk rata.
  4. Biarkan sup mendidih selama beberapa menit sampai jamur enoki matang.
  5. Hidangkan dengan taburan daun bawang di atasnya.

Kesimpulan

Manfaat jamur enoki tidak cuman pada kesehatan, tapi juga pada pengalaman kulineran yang tidak terlewatkan. Yang mengandung gizi yang kaya dan beragam langkah untuk mengolahnya, jamur enoki ialah tambahan yang luar biasa untuk tiap menu makanan sehat kamu.

Pertanyaan Umum (FAQs)

  1. Apakah jamur enoki tersedia di seluruh dunia?
    Ya, jamur enoki dapat ditemukan di banyak toko makanan dan pasar di seluruh dunia.
  2. Bagaimana cara memilih jamur enoki yang segar?
    Pilih jamur enoki yang berwarna putih bersih dan batangnya tidak terlalu lembek. Pastikan juga tidak ada tanda-tanda kebusukan.
  3. Bisakah jamur enoki dimakan mentah?
    Meskipun jamur enoki umumnya dimasak, mereka juga dapat dimakan mentah dalam salad atau sebagai hiasan.
  4. Apakah jamur enoki cocok untuk vegetarian?
    Ya, jamur enoki adalah pilihan yang bagus untuk vegetarian karena mereka mengandung protein nabati dan nutrisi penting lainnya.
  5. Berapa lama jamur enoki dapat disimpan di dalam lemari es?
    Jamur enoki dapat disimpan dalam lemari es selama satu hingga dua minggu jika disimpan dalam kantong plastik yang kedap udara.

Jadi, jangan ragu untuk menggali lebih dalam manfaat jamur enoki dan mencoba berbagai resep yang menggugah selera dengan jamur enoki yang lezat ini.