15 Manfaat Markisa: Khasiat Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Biotifor.or.idManfaat Markisa-Buah markisa, atau yang juga dikenal bernama passion fruit, ialah buah eksotik yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Buah ini mempunyai cita-rasa yang unik dan aroma yang memikat, membuat jadi favorite beberapa orang. Tetapi, selainnya jadi cemilan yang sedap, buah markisa memiliki kandungan bermacam zat yang bergizi yang baik sekali untuk badan.

Catatan:Artikel berikut disusun berdasarkan riset/penelitian yang terdapat di saat penulisan. Info ini tidak ditujukan sebagai pengganti saran/nasehat medis professional. Selalu diskusikan Denganย  dokter atau ahli gizi saat sebelum mengganti skema makan atau gaya hidup Anda.

Apa Saja Manfaat Dari Buah Markisa?

Manfaat Markisa

Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri manfaat hebat dari buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan.

1.Sumber Anti-oksidan yang Kuat

Buah markisa kaya anti-oksidan, termasuk vitamin C, A, dan flavonoid. Anti-oksidan menolong menantang radikal bebas pada tubuh, yang bisa mengakibatkan stres oksidatif dan beragam permasalahan kesehatan. Dengan konsumsi buah markisa dengan teratur, Anda bisa menolong membuat perlindungan beberapa sel tubuh Anda dari kerusakan karena radikal bebas.

2.Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan vitamin C dalam buah markisa bisa menolong tingkatkan kesehatan jantung. Serat membantu kurangi kandungan cholesterol jahat dalam darah, sedangkan kalium membantu jaga tekanan darah masih tetap stabil. Dengan mempertahankan kesehatan jantung, Anda bisa kurangi resiko penyakit kardiovaskular.

3.Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C ialah gizi yang terpenting untuk tingkatkan mekanisme kekebalan tubuh. Buah markisa yang kaya vitamin C menolong meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperanan saat menantang infeksi dan penyakit. Dengan jaga sistem ketahanan tubuh yang kuat, Anda semakin lebih tahan pada beragam penyakit.

4.Menjaga Kesehatan Kulit

Buah markisa memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C, yang berperan penting saat mempertahankan kesehatan kulit. Vitamin A menolong dalam pergantian sel-sel kulit dan kurangi resiko penuaan awal, sedangkan vitamin C menolong tingkatkan produksi collagen untuk kulit yang semakin lebih kuat dan bersinar. Disamping itu, kandungan anti-oksidan dalam buah markisa menolong menantang radikal bebas yang bisa menghancurkan kulit.

5.Menolong Turunkan Berat Tubuh

Untuk mereka yang ingin turunkan berat tubuh, buah markisa bisa jadi rekan yang bagus. Buah ini rendah kalori dan kaya serat, hingga bisa menolong kurangi selera makan dan jaga perut kenyang semakin lama. Disamping itu, enzim dalam buah markisa bisa menolong tingkatkan metabolisme tubuh.

6.Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah markisa memiliki kandungan zat alkaloid dan sedatif alami, yang bisa menolong menentramkan sistem saraf dan tingkatkan kualitas tidur. Bila Anda kerap alami permasalahan tidur, coba minum juice buah markisa saat sebelum tidur bisa menolong Anda tidur lebih pulas.

7.Jaga Kesehatan Mata

Kandungan pada vitamin A dalam buah markisa berguna untuk mempertahankan kesehatan mata. Vitamin A berperanan saat jaga kornea mata masih tetap sehat dan menolong pandangan pada keadaan maksimal. Dengan konsumsi buah markisa, Anda bisa menolong menghambat permasalahan mata yang berkaitan dengan kurangnya vitamin A.

8.Meningkatkan Fungsi Otak

Nilai nutrisi dalam buah markisa, seperti vitamin C dan vitamin A, mempunyai faedah untuk tingkatkan peranan otak. Vitamin C menolong membuat perlindungan sel-sel otak dari kerusakan oksidatif, sedangkan vitamin A berperanan saat memberikan dukungan kognisi dan ingatan.

9.Menjaga Kesehatan Rambut

Selainnya bagus untuk kulit, vitamin A dan vitamin C dalam buah markisa penting juga untuk kesehatan rambut. Vitamin A menolong menghasilkan sebum, yang berperanan saat jaga kelembapan alami kulit kepala, sedangkan vitamin C membantu tingkatkan perputaran darah ke folikel rambut, menggerakkan perkembangan rambut yang sehat.

10.Tingkatkan Pencernaan

Serat dalam buah markisa menolong tingkatkan peranan pencernaan dengan menggerakkan gerakan usus yang sehat. Dengan konsumsi yang teratur, buah markisa bisa menolong menghambat sembelit dan permasalahan pencernaan yang lain.

11.Kurangi Stres dan Kecemasan

Buah markisa memiliki kandungan zat alami yang bisa menolong kurangi stres dan kekhawatiran. Senyawa seperti harman dan harmalin mempunyai dampak menentramkan pada mekanisme saraf, menolong kurangi rasa kuatir dan tingkatkan situasi hati.

12.Jaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan fosfor, yang terdapat di dalam buah markisa, ialah dua gizi penting untuk kesehatan tulang. Gizi ini menolong jaga kepadatan tulang dan menghambat resiko osteoporosis.

13.Tingkatkan Energi dan Vitalitas

Buah markisa ialah sumber yang bagus untuk memperoleh energi tambahan. Kandungan gula natural serta gizi dalam buah ini bisa menolong tingkatkan stamina dan vitalitas tubuh.

14.Mendukung Kesehatan Jantung

Serat dan anti-oksidan dalam buah markisa berperanan saat tingkatkan kesehatan jantung. Mereka menolong kurangi kandungan cholesterol jahat dan tingkatkan kesehatan pembuluh darah.

15.Jaga Keseimbangan Gula Darah

Kandungan serat dalam buah markisa bisa menolong jaga keseimbangan gula darah, hingga berguna untuk pasien diabetes untuk mengatur kadar gula darah mereka.

Manhfaat buah markisa memang hebat dan jangan diabaikan. Tambah buah markisa dalam skema makan Anda untuk memperoleh manfaat kesehatan dan kecantikan yang maksimal. Nikmati segarnya buah markisa berbentuk juice atau tambah dalam salad buah kesukaan Anda.

 

FAQs mengenai Manfaat Buah Markisa

Apa buah markisa aman untuk dikonsumsi dengan terlalu berlebih?

Ya, buah markisa biasanya aman dimakan dengan jumlah yang lumrah. Tetapi, konsumsi terlalu berlebih kemungkinan mengakibatkan resiko seperti diare karena kandungan serat yang tinggi.

Dapatkah buah markisa membantu turunkan berat tubuh?

Ya, buah markisa bisa membantu turunkan berat badan karena rendah kalori dan kaya serat, yang menolong mengurangi selera makan.

Bagaimana caranya pilih buah markisa yang matang?

Pilih buah markisa yang berkulit kenyal, warna cokelat atau ungu tua, dan berasa berat. Buah yang masak semakin lebih manis dan lezat.

Apa buah markisa bagus untuk pasien diabetes?

Kandungan serat dalam buah markisa bisa menolong jaga keseimbangan gula darah, hingga bisa berguna untuk pasien diabetes. Tetapi, teruslah mengonsultasikan sama dokter Anda saat sebelum mengkonsumsinya.

Apa minum jus buah markisa saat sebelum tidur aman?

Ya, minum juice buah markisa saat sebelum tidur bisa menolong tingkatkan kualitas tidur karena kandungan sedatif alami yang dipunyainya.