3 Resep Saus Tomat Homemade Yang Lebih Sehat Dan Lezat

biotifor.or.idResep Saus Tomat  , Saus tomat adalah salah satu bumbu yang sering digunakan untuk berbagai masakan, seperti pasta, pizza, soto, atau sebagai saus pencelup. Saus tomat memiliki rasa asam, manis, dan sedikit pedas yang dapat menambah cita rasa hidangan.

Namun, saus tomat yang dijual di pasaran mungkin mengandung bahan pengawet, pewarna, atau pemanis buatan yang kurang sehat. Oleh karena itu, membuat saus tomat sendiri di rumah bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Resep Saus Tomat Homade

resep saus tomat

Berikut adalah beberapa resep saus tomat homemade yang mudah dan praktis.

1. Saus Tomat Panggang Oven

Dalam resep ini, tomat ceri digunakan dengan cara dipanggang di dalam oven hingga mencapai konsistensi yang lembut dan mengeluarkan cita rasa manis serta kelembutan yang khas pada saus tomat.

Tomat ceri dikenal dengan rasa segarnya yang menyegarkan, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk menghasilkan saus tomat yang istimewa. Selain itu, untuk menambahkan dimensi rasa yang lebih mendalam, resep ini juga memasukkan daun thyme segar, yang memberikan sentuhan aroma dan rasa herbal yang khas pada saus tersebut.

Bahan-bahan:

  • 1 pon tomat ceri (atau tomat anggur, dicuci dan tomat yang lebih besar diiris menjadi dua)
  • 1 sdt thyme segar
  • 1 sdm minyak zaitun
  • Garam dan merica secukupnya

Cara Membuat :

Panaskan oven hingga 200°C. Alasi loyang dengan kertas roti atau alumunium foil.

Campurkan tomat ceri, thyme, minyak zaitun, garam, dan merica dalam mangkuk besar. Aduk rata.

Tuang campuran tomat ke loyang dan ratakan. Panggang selama 20-25 menit atau hingga tomat melepuh dan mengeluarkan air.

Angkat loyang dari oven dan biarkan dingin sedikit. Blender atau haluskan tomat dengan garpu sesuai keinginan. Saus tomat panggang oven siap digunakan atau disimpan dalam wadah kedap udara di kulkas hingga 3 hari.

2. Saus Tomat ala Spanyol (Pan con Tomate)

Salah satu makanan khas Spanyol yang dapat dianggap sebagai hidangan yang simpel namun penuh cita rasa adalah Pan con Tomate. Dalam bahasa Spanyol, “Pan con Tomate” artinya roti dengan tomat, dan hidangan ini terdiri dari sepotong roti panggang yang kemudian diolesi dengan tomat yang sudah diparut. Kemudian, disempurnakan dengan sentuhan bawang putih, minyak zaitun, garam, dan terkadang juga dengan tambahan ham Iberico atau serrano yang memberikan rasa gurih yang istimewa.

Baca Juga  Manfaat Labu Kuning: Mencegah Diabetes dan Membantu Diet

Dengan cita rasa yang unik dan beragam, resep Pan con Tomate ini sangat cocok untuk berbagai kesempatan, mulai dari hidangan sarapan yang mengenyangkan, camilan di tengah hari, hingga sajian tradisional tapas yang populer di Spanyol. Hidangan ini mencerminkan kesederhanaan dan kualitas bahan-bahan segar, serta menjadi contoh sempurna dari kelezatan kuliner Spanyol yang menggoda selera.

Bahan-bahan:

  • 4 buah tomat matang dan berair (seperti tomaquets de penjar khas Catalunya)
  • Minyak zaitun secukupnya
  • 1 siung bawang putih, belah dua memanjang
  • Garam secukupnya
  • 1 batang roti tawar atau roti tanpa ragi
  • Irisan tipis ham Iberico atau serrano (opsional)

Cara Membuat:

Langkah pertama dalam penyusunan hidangan ini adalah membersihkan dan menghaluskan tomat menggunakan parutan kasar hingga diperoleh daging tomat yang lembut beserta sari alaminya, sementara kulitnya diabaikan dan dibuang.

Setelah itu, langkah berikutnya adalah memanaskan alat panggang atau pemanggang roti. Kemudian, potong roti sesuai dengan ketebalan yang Anda inginkan dan panggang hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan yang menggoda di kedua sisinya.

Untuk memberikan sentuhan rasa yang khas pada roti, gosokkan permukaannya dengan potongan bawang putih yang telah dibelah sebelumnya. Ini akan menghasilkan citarasa dan aroma yang khas dari bawang putih yang akan mengangkat hidangan.

Selanjutnya, oleskan roti dengan tomat parut sesuai selera Anda. Pastikan untuk meratakan lapisan tomat ini. Lalu, taburi roti dengan garam sesuai selera dan siram dengan minyak zaitun yang secukupnya.

Jika Anda menginginkan sentuhan ekstra pada hidangan Anda, tambahkan irisan ham Iberico atau serrano sesuai selera. Dengan langkah ini, Anda dapat menikmati pan con tomate ini baik saat masih hangat maupun dalam keadaan dingin.

Dengan cara ini, Anda akan menciptakan hidangan pan con tomate yang lezat dan autentik dengan sentuhan rasa yang kaya dan beragam, siap untuk dinikmati kapan saja sesuai selera Anda.

Baca Juga  Inilah Penyebab Keringat Dingin Dan Badan Lemas Yang Sering Terjadi

3. Saus Tomat Krim Asam untuk Enchilada

Resep ini mencakup saus tomat krim asam yang berperan penting dalam penyajian enchilada ayam krim asam, sebuah hidangan Meksiko yang terkenal. Dalam enchilada ini, tortilla tepung diisi dengan ayam suwir dan keju, lalu dilumuri dengan saus tomat krim asam sebelum dipanggang hingga keju meleleh dan menciptakan hidangan yang lezat.

Yang membedakan resep ini adalah penggunaan saus tomat krim asam yang disiapkan dengan cermat, menciptakan hidangan yang memadukan rasa kaya dan tekstur krimi. Saus ini berhasil mencapai konsistensi yang kaya dan lezat tanpa perlu menggunakan sup kental, memberikan pengalaman kuliner yang memanjakan lidah. Dengan berbagai elemen yang saling melengkapi, enchilada ayam krim asam ini menjadi sebuah sajian yang menyatukan kelezatan Meksiko dengan sentuhan khusus yang tak terlupakan.

Bahan-bahan:

  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1 ½ sdm bumbu taco (atau bumbu taco ayam)
  • 1 ½ cangkir krim asam (dibagi, ½ cangkir dan 1 cangkir)
  • 20 ons saus enchilada hijau (dibagi, ½ cangkir dan 2 cangkir)
  • 2 pon dada ayam (sekitar 4+ cangkir ayam suwir, cincang, atau ditarik)
  • 2 cangkir keju cheddar parut
  • 8 buah tortilla tepung ukuran 8 inci
  • Irisan daun bawang, tomat rotel, daun ketumbar, jalapeno, atau saus pedas untuk taburan (opsional)

Cara membuat:

Pertama-tama, panaskan oven hingga mencapai suhu 180°C. Siapkan loyang berukuran 9×13 inci dengan melapisi alumunium foil atau dengan menyemprotkan minyak semprot anti lengket untuk memastikan hidangan tidak lengket pada loyang.

Dalam langkah berikutnya, dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan bersama air jeruk nipis, bumbu taco, setengah cangkir krim asam, dan setengah cangkir saus enchilada hijau. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan sisihkan campuran ini.

Baca Juga  Cara Agar Bibir Tidak Hitam Dan Bisa Merah Alami

Kemudian, dalam mangkuk besar lainnya, kombinasikan ayam yang sudah di suwir dengan satu cangkir keju cheddar. Pastikan bahan-bahan tersebut tercampur secara merata dan sisihkan.

Selanjutnya, ambil satu tortilla dan oleskan campuran krim asam yang sudah disiapkan di atas permukaannya. Letakkan sekitar seperempat cangkir campuran ayam di tengah tortilla tersebut, lalu gulung rapat. Letakkan hasil gulungan ini di dalam loyang dengan sisi lipatan menghadap ke bawah. Ulangi proses ini dengan sisa tortilla yang ada.

Setelah itu, tuangkan sisa saus enchilada hijau ke atas tortilla yang telah digulung. Taburi seluruh permukaan dengan sisa keju cheddar.

Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama sekitar 15-20 menit, atau sampai keju meleleh dan saus mulai mendidih.

Setelah diambil dari oven, hiasi enchilada ayam krim asam ini dengan irisan daun bawang, tomat rotel, daun ketumbar, jalapeno, atau saus pedas sesuai selera. Enchilada ini siap disajikan dan nikmati dengan nasi Meksiko atau salad untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang lezat.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa resep saus tomat homemade yang mudah dan praktis. Selamat mencoba!