Cara Membuat Kombucha : Rahasia Minuman Fermentasi

biotifor.or.idCara Membuat Kombucha , Kombucha, minuman yang semakin populer di seluruh dunia, merupakan minuman fermentasi yang lezat dan sehat. Dikenal dengan rasa asam manisnya, kombucha juga kaya akan probiotik dan nutrisi penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat kombucha di rumah, langkah demi langkah. Siapkan diri Anda untuk menjelajahi dunia kombucha dan menikmati manfaat kesehatannya.

Tips Cara Membuat Kombucha 

cara membuat kombucha

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kombucha :

Bahan dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Sebelum Anda memulai petualangan pembuatan kombucha di rumah, ada beberapa bahan dan perlengkapan yang harus Anda persiapkan dengan baik. Berikut adalah daftar detailnya:

Bahan:

Teh Hitam atau Teh Hijau (4 Kantong Teh): Pilihan antara teh hitam atau teh hijau akan memengaruhi rasa akhir kombucha Anda. Pastikan Anda menggunakan teh berkualitas baik dan tanpa tambahan aroma.

Gula Putih (1 Cangkir): Gula adalah sumber energi bagi SCOBY dalam proses fermentasi. Gula putih adalah pilihan yang paling umum digunakan dalam pembuatan kombucha.

Air (4 Cangkir): Pastikan air yang Anda gunakan bersih dan tidak mengandung bahan kimia atau klorin yang dapat menghambat pertumbuhan SCOBY.

Cairan Starter Kombucha (1 Cangkir): Ini adalah kombucha yang sudah difermentasi sebelumnya. Cairan starter mengandung bakteri dan ragi yang diperlukan untuk memulai fermentasi kombucha baru.

SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast): SCOBY adalah organisme penting dalam pembuatan kombucha. Ini adalah massa lendir yang terdiri dari bakteri dan ragi yang mengubah teh menjadi kombucha. Pastikan SCOBY yang Anda gunakan sehat dan aktif.

Perlengkapan:

Wadah Kaca Besar: Anda memerlukan wadah kaca besar sebagai tempat utama untuk fermentasi kombucha. Wadah ini harus bersih dan steril sebelum digunakan.

Kain Kasa: Kain kasa digunakan untuk menutup wadah kombucha selama fermentasi. Ini memungkinkan udara untuk masuk dan keluar, tetapi mencegah debu dan serangga masuk ke dalam campuran.

Pengikat Karet: Pengikat karet digunakan untuk mengikat kain kasa di sekitar wadah. Ini membantu menjaga kebersihan campuran kombucha selama fermentasi.

Termometer: Termometer digunakan untuk memeriksa suhu campuran teh sebelum menambahkan SCOBY. Pastikan suhu tidak lebih dari 30┬░C, karena suhu yang terlalu tinggi dapat merusak SCOBY.

Botol Kaca untuk Penyimpanan: Setelah kombucha selesai difermentasi, Anda akan perlu botol kaca untuk menyimpan minuman tersebut. Pastikan botol bersih dan dapat menutup rapat.

Langkah-langkah Pembuatan Kombucha

1. Persiapan Cairan Teh

Langkah pertama dalam proses pembuatan kombucha adalah persiapan cairan teh yang akan menjadi dasar minuman ini. Berikut adalah detail langkah ini:

Didihkan 4 cangkir air hingga mencapai titik mendidih. Pastikan airnya bersih dan aman untuk diminum.

Setelah mencapai titik didih, matikan api dan biarkan air sedikit mendingin selama beberapa saat agar suhunya tidak terlalu panas.

Selanjutnya, siapkan wadah besar yang bersih dan kering. Tuangkan air mendidih ke dalam wadah ini.

Setelah itu, tambahkan 4 kantong teh hitam atau hijau ke dalam air mendidih. Jangan lupa juga untuk menambahkan 1 cangkir gula putih ke dalam campuran ini.

Aduk campuran tersebut dengan lembut hingga gula benar-benar larut dalam teh. Pastikan bahwa teh sudah mencapai suhu yang dapat ditoleransi oleh tangan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Penyajian Teh

Langkah kedua adalah mempersiapkan campuran teh untuk fermentasi. Berikut adalah detailnya:

Setelah campuran teh dan gula larut dengan baik, biarkan campuran tersebut mendingin secara alami hingga mencapai suhu kamar. Anda dapat memeriksa suhunya dengan menggunakan termometer untuk memastikan bahwa suhu tidak melebihi 30┬░C.

Ini adalah langkah penting karena suhu yang terlalu tinggi dapat membahayakan SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast) yang akan ditambahkan nanti. Pastikan campuran teh sudah benar-benar dingin sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Penambahan SCOBY

Langkah ketiga melibatkan penambahan SCOBY, organisme penting yang akan memulai proses fermentasi kombucha. Berikut adalah cara melakukannya:

Tuangkan cairan starter kombucha ke dalam wadah yang berisi campuran teh dan gula. Cairan starter kombucha biasanya dapat ditemukan di toko makanan sehat atau diperoleh dari batch kombucha sebelumnya.

Selanjutnya, masukkan SCOBY ke dalam campuran tersebut dengan hati-hati. Pastikan tangan Anda bersih dan cuci tangan sebelum menyentuh SCOBY. SCOBY akan mengapung di permukaan campuran, dan ini adalah tanda bahwa proses fermentasi telah dimulai.

4. Proses Fermentasi

Proses fermentasi adalah jantung dari pembuatan kombucha. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Tutup wadah dengan kain kasa bersih dan ikat dengan pengikat karet. Kain kasa akan memungkinkan udara untuk masuk ke dalam wadah, tetapi mencegah debu dan serangga masuk.

Tempatkan wadah kombucha di tempat yang gelap dan suhu kamar (sekitar 20-25┬░C). Ini adalah kondisi ideal untuk fermentasi.
Biarkan campuran fermentasi selama 7-14 hari. Lama fermentasi dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi rasa Anda. Semakin lama fermentasi, semakin asam kombucha akan menjadi. Cobalah sampel kombucha Anda pada berbagai titik selama fermentasi untuk menemukan rasa yang Anda sukai.

5. Penyajian dan Penyimpanan

Langkah terakhir adalah menyajikan dan menyimpan kombucha yang telah selesai difermentasi. Berikut adalah cara melakukannya:

Setelah proses fermentasi selesai, Anda dapat menuangkan kombucha ke dalam botol kaca yang bersih dan kering. Anda juga dapat menambahkan sedikit sari buah atau rempah-rempah untuk memberikan rasa tambahan jika diinginkan.

Tutup botol kaca dengan rapat dan simpan di dalam lemari es. Dinginkan kombucha sebelum menyajikannya.

Jangan lupa untuk menyisakan sebagian kecil kombucha sebagai starter untuk batch berikutnya. Ini akan memastikan Anda memiliki SCOBY yang aktif untuk fermentasi selanjutnya.

Baca Juga : Manfaat Kombucha

Kesimpulan

Cara membuat kombucha adalah proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Minuman ini bukan hanya lezat, tetapi juga baik untuk kesehatan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat kombucha sendiri di rumah dan menikmati manfaatnya.

FAQs

Berapa lama kombucha dapat disimpan?

Kombucha dapat disimpan di lemari es selama beberapa bulan. Namun, semakin lama disimpan, semakin asam rasanya.

Bisakah saya menggunakan teh herbal untuk membuat kombucha?

Ya, Anda dapat menggunakan teh herbal, tetapi pastikan untuk memeriksa kecocokannya dengan SCOBY Anda.

Apakah kombucha mengandung alkohol?

Ya, kombucha mengandung sedikit alkohol, tetapi jumlahnya biasanya sangat rendah, kurang dari 0,5%.

Apakah SCOBY bisa digunakan berkali-kali?

Ya, SCOBY dapat digunakan berulang kali untuk membuat batch kombucha baru.

Apakah kombucha cocok untuk anak-anak?

Kombucha sebaiknya dikonsumsi dengan bijak oleh anak-anak, dan sebaiknya dalam jumlah terbatas karena kandungan alkoholnya yang rendah.