Makanan Khas Semarang Yang Bikin Ngiler !

Posted on

biotifor.or.idMakanan Khas Semarang , Siapa sih yang gak kenal kota yang satu ini? Selain terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarah dan keindahan alamnya, Semarang juga punya banyak kuliner yang bikin lidah gak bisa berhenti bergoyang. Makanan khas Semarang itu unik-unik, ada yang manis, asin, pedas, sampai asem. Tapi semua pasti enak dan menggugah selera. Makanya, gak heran kalau banyak orang yang suka jajan di Semarang.

Berbagai Makanan Khas Semarang 

makanan khas semarang

Nah, buat kamu yang penasaran dengan makanan khas Semarang, atau kamu yang udah pernah coba tapi pengen tahu lebih banyak, yuk simak artikel ini sampai habis. Karena di sini, kita bakal bahas empat makanan khas Semarang yang paling populer dan legendaris. Apa aja sih? Yuk, kita mulai!

1. Lumpia Semarang

Makanan ini bernama Lumpia, merupakan salah satu kuliner terkenal dari Semarang, dikenal dengan cita rasanya yang memanjakan lidah. Lumpia ini mirip pangsit goreng yang diisi dengan beragam bahan, seperti rebung, telur, daging ayam atau udang, serta disempurnakan dengan taburan bawang goreng dan seledri. Biasanya, lumpia disuguhkan dengan saus manis pedas yang begitu menggoda, terutama saat masih hangat.

Ternyata, Lumpia Semarang telah menjadi warisan kuliner sejak zaman penjajahan Belanda. Legenda menyebutkan, lumpia pertama kali diciptakan oleh komunitas Tionghoa yang menetap di Pecinan Semarang. Mereka berhasil menggabungkan bahan-bahan lokal dengan resep asli dari Tiongkok, menciptakan lumpia yang benar-benar istimewa dan menggugah selera.

Kini, lumpia telah menjadi ikon kuliner khas Semarang yang tak terbantahkan. Penjual lumpia dapat dengan mudah ditemui di berbagai sudut jalan atau pasar tradisional. Bahkan, beberapa di antaranya membuka gerai di pusat perbelanjaan atau restoran. Lumpia juga hadir dalam berbagai variasi rasa, mulai dari rasa asli, pedas, sayuran, hingga yang berisi keju, cokelat, atau pisang. Terobosan terbaru dalam penyajian lumpia adalah munculnya varian “lumpia basah,” yang tidak digoreng, tetapi dikukus sehingga memiliki tekstur yang lembut dan juicy.

Baca Juga  Cara Membuat Tahu Krispi Dari Tahu Putih Enak Dan Lezat

2. Nasi Ayam Semarang

Merupakan salah satu sajian khas Semarang yang sangat diminati. Nasi ayam ini adalah sejenis hidangan nasi putih yang disandingkan dengan ayam yang bisa digoreng atau direbus, sambal goreng ati ampela, telur pindang, tahu bacem, tempe bacem, serta dihidangkan dengan kuah opor ayam. Biasanya, hidangan ini disajikan di atas daun pisang untuk memberikan aroma harum dan sensasi yang begitu nikmat.

Awalnya, Nasi ayam Semarang sebenarnya berasal dari Solo. Tetapi, seiring dengan banyaknya warga Solo yang berpindah ke Semarang dan membuka warung-warung nasi ayam, hidangan ini pun meraih popularitas di Semarang. Ciri khas dari Nasi ayam Semarang adalah kuah opor ayamnya yang lebih ringan dan segar bila dibandingkan dengan kuah opor khas Solo yang lebih kental dan lezat.

Nasi ayam Semarang ini bisa ditemukan di beragam tempat, mulai dari warung-warung di pinggir jalan hingga restoran-restoran mewah. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung pada porsi dan kualitasnya. Namun, satu hal yang pasti, hidangan Nasi ayam Semarang ini selalu memanjakan dan memuaskan selera.

3. Tahu Gimbal

Salah satu makanan khas Semarang yang paling unik. Tahu gimbal itu tahu goreng yang dipotong-potong lalu ditambahkan gimbal udang (udang goreng tepung), kol iris mentah, tauge rebus, telur orak-arik, dan bumbu kacang. Tahu gimbal biasanya disajikan dengan kerupuk dan sambal pedas.

Makanan ini sejarahnya belum jelas , tapi katanya sih awalnya dibuat oleh orang Jawa yang tinggal di daerah Pecinan Semarang. Mereka mencoba membuat tahu dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sana, yaitu udang, kol, dan tauge. Dari situ, terciptalah tahu gimbal yang aneh tapi enak.

Baca Juga  Cara Membuat Bubur Wortel Untuk Bayi , Dijamin Si Kecil Ketagihan !

Tahu gimbal ini sekarang udah jadi salah satu makanan favorit orang Semarang. Banyak penjual tahu gimbal yang berkeliling dengan gerobak atau sepeda motor. Ada juga yang buka warung tetap di pinggir jalan atau di pasar-pasar. Tahu gimbal ini punya keunikan yaitu cita rasanya yang gurih, manis, asin, pedas, dan asem sekaligus. Variasi bumbu yang digunakan juga berbeda-beda, ada yang pakai kacang tanah, kacang mete, atau kacang mede.

4. Bandeng Presto Semarang

Bandeng presto adalah salah satu makanan khas Semarang yang paling lezat. Merupakan Bandeng segar yang dibersihkan dan dibumbui dengan bumbu kuning, lalu dimasak dengan cara presto (tekanan tinggi) sampai tulangnya lunak dan bisa dimakan. Bandeng presto biasanya disajikan dengan sambal terasi atau sambal matah.

Presto ini sejarahnya juga gak jelas sih, tapi katanya sih awalnya dibuat oleh orang Betawi yang tinggal di Semarang. Mereka mencoba membuat bandeng yang lebih praktis dan enak untuk dimakan tanpa harus repot-repot membuang tulangnya. Dari situ, terciptalah bandeng presto yang mantap dan gurih.

Bandeng presto ini sekarang udah jadi salah satu oleh-oleh khas Semarang. Banyak penjual bandeng presto yang buka toko di pinggir jalan atau di bandara. Ada juga yang menjualnya secara online. Bandeng presto ini punya perbedaan dan keunggulan dibandingkan dengan bandeng presto dari daerah lain, yaitu bumbunya yang lebih meresap dan aromatik, serta teksturnya yang lebih empuk dan juicy.

Kesimpulan

Nah, itu dia empat makanan khas Semarang yang bikin ngiler. Semua makanan itu punya sejarah dan keunikan tersendiri, serta cita rasa yang gak bisa ditandingi. Kalau kamu belum pernah coba makanan-makanan itu, buruan deh cobain. Kalau kamu udah pernah coba, pasti pengen lagi kan? Pokoknya, makanan khas Semarang itu gak boleh dilewatkan deh. Selamat mencoba dan selamat menikmati!