Bikin Ketagihan! Begini Cara Membuat Keripik Kaca Crispy Yang Wow !

biotifor.or.idCara Membuat Keripik Kaca  , Keripik kaca? ya ampun, siapa yang gak tergoda dengan camilan unik ini? Bentuknya super tipis dan bening seperti kaca, plus rasanya yang renyah dan gurih bikin nagih banget! Nah, biasanya sih, keripik kaca ini pedesnya kebangetan gara-gara bubuk cabai atau bon cabe yang digunakan. Makanya, namanya juga keripik kaca, bisa juga disebut keripik beling, kripca, atau beledag singkong, tergantung daerahnya. Pokoknya, snack yang satu ini pasti bisa bikin mata kamu melek karena penasaran pengen nyobain!

cerita asal-usul keripik kaca dari Desa Awiluar di Ciamis, Jawa Barat, memang keren banget, ya! Mereka di sana manggilnya “beledag singkong,” yang artinya kerupuk singkong. Nah, masyarakat Desa Awiluar punya cara tradisional yang khas banget buat olah singkong jadi camilan keren ini.

Tapi tau gak, kepopuleran keripik kaca melesat banget pas beberapa orang heboh-hebohin cara bikinnya di media sosial. Video-video seru tentang proses pembuatannya viral, dan akhirnya banyak banget orang jadi penasaran pengen nyicipin camilan unik ini. Jadi, bisa dibilang, Desa Awiluar bener-bener jadi pusat perhatian berkat keripik kaca yang bikin nagih!

buat yang penasaran pengen coba bikin keripik kaca sendiri, kabar baiknya nih, prosesnya ternyata gak terlalu ribet, lho! Kamu cuma butuh bahan-bahan simpel, seperti tepung tapioka, air, dan berbagai bumbu yang bisa kamu sesuaikan selera.

Cara Membuat Keripik Kaca Yang Nikmat !

cara membuat keripik kaca

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat keripik kaca yang bisa Anda coba di rumah:

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

sebelum kita mulai bikin camilan kece ini, pastikan kamu udah siapin semua bahan yang dibutuhin, ya. Jadi, kamu perlu punya sekitar 250 gram tepung tapioka, 300 ml air, sejumput garam (sekitar satu sendok teh), sejumput kaldu bubuk (juga sekitar satu sendok teh), sejumput lada bubuk sesuai selera kamu, dan kalau suka pedes, jangan lupa tambahin bubuk cabai atau Bon Cabe sesuai tingkat kepedasan yang kamu suka.

Baca Juga  Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental: Air Mata sebagai Obat Jiwa

Oh iya, jangan lupa juga siapin minyak goreng yang cukup buat proses penggorengan nanti, dan satu lembar plastik bersih yang lebar bakal jadi alat bantu penting dalam tahap berikutnya.

2. Campurkan

selanjutnya adalah gabungin semuanya jadi satu. Pertama, tuang tepung tapioka ke dalam wadah. Lalu, tambahin air, sejumput garam, sejumput kaldu bubuk, dan juga sejumput lada bubuk. Nah, sekarang, yang penting banget, aduk bahan-bahan ini dengan baik, pastiin gak ada gumpalan tepung yang nyelip.

Letakkan wadah ini di atas kompor dengan api yang udah disetel jadi sedang. Terus, teruskan mengaduk adonan ini dengan penuh perhatian. Pantau adonan dengan cermat, dan nanti kamu bakal liat dia berubah jadi kental dan mirip biang cireng yang super lezat.

3. Siapkan plastik bersih dan lebar di atas meja datar.

Siapkan permukaan plastik untuk langkah pembentukan yang seru ini. Pertama-tama, lembutin plastiknya dengan minyak goreng, pastiin merata ya. Nah, sekarang, letakkan adonan yang udah kita siapin tadi di atas plastik yang udah diolesi minyak goreng tadi. Ratain permukaannya pake spatula atau bahkan sendok kayu biar merata banget.

Setelah adonannya terdistribusi dengan baik, lanjut ke langkah berikutnya. Ambil selembar plastik lagi yang juga udah dilapisi tipis dengan minyak goreng, terus gunain plastik ini buat menutup adonannya dengan lembut.

4. Bentuk

Kamu bisa gunting adonan ini jadi segitiga atau persegi, sesuai dengan keinginan kamu. Yang penting, jangan terlalu besar atau terlalu kecil ya, biar nanti gampang pas proses penggorengan.

Setelah kamu bentuk sesuai selera, pisahin hati-hati dari plastiknya dan letakin di atas loyang atau talenan. Sekarang, potongan-potongan keripik kaca kita udah siap untuk proses selanjutnya!

Baca Juga  Manfaat Daun Kayu Jati: Keajaiban Alam untuk Kesehatan dan Lingkungan

5. Jemur

jemur adonannya di bawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering dan mirip kerupuk yang bikin ngiler. Tapi, kita harus siapin hati buat sedikit bersabar, ya, karena proses penjemuran ini bisa makan waktu beberapa hari. Lama penjemuran ini bakal bergantung sama cuaca dan juga ketebalan adonan yang kamu buat.

Jadi, semakin terang sinar matahari dan semakin tipis adonannya, semakin cepet proses penjemurannya. Ini saatnya kita harus siap-siap ngelawan tantangan cuaca dan bersabar buat hasil akhir yang super enak ini.

6. Goreng

Kita akan menggoreng adonannya dalam minyak panas sampai mereka mengembang dan berubah jadi warna keemasan yang bikin ngiler. Pastikan minyaknya udah benar-benar panas sebelum adonan masuk, ya. Begitu adonannya masuk, saksikan aja mereka berubah bentuk jadi lezat dan mengembang di dalam minyak yang mendidih.

Ketika udah mencapai warna keemasan yang sempurna, angkat adonannya dari minyak dan biarkan mereka meniris dari minyak berlebih. Ini langkah penting banget buat pastiin hidangannya tetap renyah dan gak terlalu berminyak.

Terakhir, buat yang suka pedes, jangan lupa taburkan bubuk cabai atau Bon Cabe secukupnya di atasnya, supaya makin mantap rasanya.

7. Selesai

Setelah perjuangan penuh dedikasi dalam semua tahap pembuatannya, keripik kaca ini akhirnya siap untuk dinikmati atau disimpan dengan baik. Pilihan ada di tangan kamu, mau langsung nikmatin atau simpen buat kesempatan spesial selanjutnya.

Pastikan kamu punya wadah kedap udara buat ngejaga keripik kaca tetap fresh dan renyah. Jadi, setiap gigitannya selalu bikin ketagihan kayak waktu pertama bikin. Nikmatin keripik kaca ini sesuai selera kamu, entah buat camilan sehari-hari atau buat berbagi kelezatan sama orang-orang tercinta.

Baca Juga  Manfaat Buah Nanas, Yuk Simak !

Baca Juga : Rahasia Cara Membuat Keripik Gadung Renyah Gurih, Tanpa Efek Samping !

Akhir Kata

Itulah Cara Membuat Keripik Kaca yang bisa Anda coba di rumah. Keripik kaca bisa menjadi camilan yang lezat dan menggugah selera, terutama bagi Anda yang suka pedas. Keripik kaca juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan, karena banyak orang yang tertarik untuk mencicipinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba dan sukses!