Cara Membuat Bubur Sumsum Dengan Mudah, Lezat Lembut Di LIdah

Biotifor.or.id – Cara Membuat Bubur Sumsum, Bubur sumsum, makanan ciri khas Indonesia yang sedap, sudah jadi favorite beberapa orang semenjak jaman dulu. Makanan yang simpel tetapi sedap ini mempunyai sejarah yang kaya dan bisa dicicipi kapan pun,

khususnya saat cuaca dingin atau saat Anda cuma ingin makan suatu hal yang nyaman. Dalam artikel berikut, kita akan mengulas cara membuat bubur sumsum secara gampang di rumah. Silahkan mulai!

Selamat tiba kembali di website kami yang sarat dengan resep sedap dan yang bergizi! Dalam artikel ini kali, kita akan mengulas cara membuat bubur sumsum. Bubur sumsum ialah sajian tradisionil Indonesia yang sedap dan benar-benar pas untuk makan pagi pagi. Kami akan menuntun Anda langkah setiap langkah pada proses pembikinan bubur sumsum yang mengunggah hasrat dan nikmat. Maka silahkan kita awali!

Apa Itu Bubur sumsum

Bubur sumsum ialah makanan tradisionil Indonesia yang dibuat dari material dasar beras atau beras ketan yang diolah sampai jadi bubur yang kental dan halus. Nama “bubur sumsum” diambil dari struktur yang serupa dengan sumsum tulang.

Makanan ini umumnya dihidangkan sebagai sajian camilan atau penutup.
Bubur sumsum ialah makanan yang sedap dan pas dikonsumsi kapan pun, baik sebagai makan pagi, makanan cemilan enteng, atau penutup. Rasanya manis, renyah, dan halus, hingga banyak yang menyenanginya di beberapa wilayah di Indonesia.

Bubur sumsum ialah makanan tradisionil Indonesia yang yang bergizi dan sedap. Bubur ini umumnya dibuat dari beras ketan atau beras biasa yang direbus sampai jadi bubur kental, selanjutnya dihidangkan tambahan santan dan gula merah sebagai pemanis.

Untuk membuat bubur sumsum, pertama kali bersihkan beras ketan atau beras biasa sampai bersih, lalu rendam di air sepanjang beberapa jam. Kemudian, keringkan beras dan masukan ke panci dengan air secukupnya. Masak beras dengan api yang kecil sekalian diaduk-aduk dengan teratur supaya tidak lekat di dasar panci. Diamkan beras jadi bubur yang halus dan kental.

Baca Juga  Efek Samping Bodrex, Pahami Sebelum Menggunakan

Seterusnya, tambah santan dan gula merah ke bubur. Aduk sampai rata dan diamkan mendidih sesaat sampai santan mengental dan gula merah larut. Bila Anda ingin rasa lebih manis, tambah gula pasir sama sesuai selera.

Bubur sumsum umumnya dihidangkan dalam mangkok dan dapat dipertambah topping sesuai dengan selera seperti potongan pisang, potongan kelapa biji salak, atau parut. Rasanya manis, halus, dan pas dicicipi sebagai makanan penutup atau cemilan di beberapa peluang. Selamat nikmati!

Cara Membuat Bubur Sumsum

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Saat sebelum kita awali lewat proses pembikinan bubur sumsum, silahkan kita persiapkan seluruh bahan yang dibutuhkan:

Bahan Khusus:

  1.  Beras ketan putih – 1 cangkir.
  2.  Air – 4 cangkir.
  3.  Santan kental – 1 cangkir.
  4.  Gula pasir – 1/2 cangkir.
  5. . Garam – 1/4 sendok teh.

Bahan Pendamping (Opsional):

  1.  Pandan leaves – 2 helai (untuk wewangian alami).
  2.  Kelapa parut – 1/2 cangkir (untuk hiasan).

Langkah-Langkah Pembikinan

Saat ini, silahkan kita awali dengan beberapa langkah pembikinan bubur sumsum yang sedap ini:

Cara 1: Membersihkan Beras Ketan

  •  Cuci bersih beras ketan di air sampai airnya bening. Selanjutnya tiriskan.

Cara 2: Mengolah Beras Ketan

  •  Tuangkan air ke panci dan panasi sampai mendidih.
  •  Tambahkan beras ketan yang telah dicuci dan diamkan mendidih sekalian kadang-kadang diaduk.
  •  Reduksi panas, tutup panci, dan diamkan beras ketan jadi empuk. Ini membutuhkan sekitaran 20-25 menit.

Cara 3: Membuat Santan

  •  Sambil menanti beras ketan masak, siapkan santan. Campur santan kental dengan sedikit air dan panasi di panci kecil. Jangan dibiarkan santan mendidih, cukup panasi sampai hangat saja.

Cara 4: Menambahkan Santan

  •  Setelah beras ketan masak, tambah santan hangat ke aduk sampai rata dan dalamnya. Pastikan struktur bubur tidak begitu terlampau kental atau cair. Samakan dengan hasrat Anda.
Baca Juga  Jenis Bunga Mawar Keindahan dan Varietas yang Menakjubkan

Cara 5: Menambah Gula dan Garam

  •  Tambahkan gula pasir dan garam ke bubur. Aduk sampai gula terlarut dan bubur jadi manis sesuai dengan selera Anda.

Cara 6: Wewangian Pandan (Opsional)

  •  Jika Anda ingin memberi wewangian alami pada bubur sumsum, tambah daun pandan yang telah diikat ke panci. Diamkan daun pandan memberi wewangian sepanjang beberapa saat, selanjutnya keluarkan.

Cara 7: Menyajikan Bubur Sumsum

  •  Bubur sumsum siap dihidangkan. Tuang ke mangkok, apabila Anda sukai, tebari dengan kelapa parut sebagai hiasan.

Ringkasan

Bubur sumsum ialah makanan tradisionil Indonesia yang sedap dan gampang dibikin di rumah. Dengan beberapa bahan simpel dan beberapa langkah yang gampang di ikuti, Anda bisa nikmati sajian yang sedap ini kapan saja. Coba resep di atas dan cicipi bubur sumsum dengan cita-rasa autentik!

Cara membuat bubur sumsum tidak susah, dan hasilnya pasti memberikan kepuasan hasrat Anda. Dengan meng ikuti beberapa langkah di atas, Anda bisa secara gampang membuat sajian tradisionil Indonesia yang sedap ini di rumah. Selamat mempraktikkan!

Tidak harus, tapi beras ketan putih memberi struktur lebih halus pada bubur sumsum. Ya, Anda dapat memakai susu sebagai alternatif santan, tapi rasanya akan berbeda. Taruh dalam tempat kedap udara dalam almari es dan panasi kembali saat sebelum dihidangkan.

Sudah pasti, bubur sumsum bisa juga dicicipi sebagai makanan penutup dengan menambah gula keju parmesan dan merah. Sudah pasti, Anda bisa menambah potongan buah-buahan fresh untuk memberi rasa lebih fresh dan manis pada bubur sumsum Anda.

Pertanyaan Umum

  1.  Apakah saya dapat memakai beras biasa untuk membuat bubur sumsum?
    • Ya, Anda bisa memakai beras biasa bila beras ketan tidak tersedia. Tetapi, teksturnya sedikit akan berbeda.
  2.  Bisakah saya menukar santan dengan susu?
    • Anda dapat, tapi itu akan mengganti rasa tradisionil bubur sumsum.
  3.  Berapa lama bubur sumsum bisa diletakkan dalam almari es?
    • Bubur sumsum bisa diletakkan dalam almari es sepanjang 2-3 hari.
  4.  Apa faedah nutrisi dari bubur sumsum?
    • Bubur sumsum memiliki kandungan karbohidrat, lemak sehat, dan protein. Ini kaya mineral dan vitamin.
  5.  Apakah ada macam rasa bubur sumsum?
    • Ya, Anda dapat menambah beragam toping seperti kacang hijau, kolang-kaling, atau durian untuk macam rasa.
Baca Juga  Cara Menanam Kunyit di Rumah yang Mudah dan Praktis