Rahasia Cara Membuat Keripik Gadung Renyah Gurih, Tanpa Efek Samping !

Posted on

biotifor.or.idCara Membuat Keripik Gadung , Tahu nggak, Sobat? Ada satu makanan khas Indonesia yang super unik dan menggoda, namanya adalah keripik gadung! Nah, yang bikin keripik ini beda dari yang lain, bahan utamanya adalah gadung, loh. Tapi, jangan langsung takut, ya, karena gadung itu sebenarnya punya ‘kejutan’ sendiri.

Gadung itu bukan ubi jalar biasa, tapi punya senyawa aneh bernama alkaloid yang bisa bikin kepala pusing, perut mual, bahkan keracunan kalau nggak diolah dengan benar. Tapi, tenang aja, Sobat! Ada trik khusus untuk menjinakkan racun gadung ini dan mengubahnya menjadi keripik yang gurih dan renyah.

Langkah-Langkah Cara Membuat Keripik Gadung

cara membuat keripik gadung

Berikut ini adalah langkah yang bisa sobat ikuti untuk membuat keripik gadung yang enak dan lezat :

1. Pilih Gadung

Pertama-tama, Sobat perlu pilih gadung yang masih fresh banget, yang nggak ada jejak jamur sama sekali. Terus, kupas kulit gadung dengan telaten sampai benar-benar bersih dan kinclong. Jangan lupa, cuci gadung ini dengan air mengalir supaya nggak ada sisa-sisa kotoran yang nempel.

2. Potong

Nah, setelah gadung kita sudah bersih, selanjutnya Sobat bisa mulai mengiris gadung itu dengan hati-hati. Gunakan pisau yang tajam atau kalau ada alat pemotong khusus, bisa banget digunakan. Nah, yang penting, usahakan deh ketebalan irisan gadung itu seragam semua. Kenapa? Karena kalau irisan gadung seragam, nanti hasil keripiknya juga nggak bakal gosong atau mentah, jadi keripiknya bakal pas banget di lidah kita. Jadi, yuk, kita iris dengan penuh cinta supaya hasilnya maksimal!

3. Lumuri Gadung

Setelah mengiris gadung dengan seksama, selanjutnya, lumuri irisan gadung itu dengan abu dapur. Nah, sambil melumuri, jangan lupa untuk sedikit meremas-remas irisan gadung tersebut. Proses meremas-remas ini bakal bantu gadung jadi lebih lembut dan pas banget buat jadi keripik.

Baca Juga  Manfaat Daun Tempuyung: Karunia Alam untuk Kesehatan

Tau nggak, sebenarnya abu dapur ini punya peran penting banget, lho. Dia berfungsi untuk mengikat racun yang ada di gadung, jadi nggak perlu khawatir lagi soal racunnya. Selain itu, abu dapur juga bikin warna keripik jadi lebih putih dan menggugah selera.

Jadi, selama proses ini, nikmati deh sensasi mengolah gadung ini. Pastikan abu dapur merata di setiap irisan gadung.

4. Jemur

Menjemur irisan gadung yang sudah dilumuri abu di bawah sinar matahari langsung. Nah, proses pengeringan ini tuh bisa memakan waktu beberapa hari, tergantung cuaca, lho.

Saat gadung kita mengering di bawah sinar matahari, itu kayak lagi memberi si gadung waktu untuk berubah jadi keripik yang gurih. Jadi, selama proses ini, Sobat bisa sambil berharap-harap cemas, “Kapan ya keripik gadung ini jadi?

Jangan lupa, sesekali cek kondisi gadung yang sedang mengering, pastikan udah benar-benar kering dan keras seperti keripik. Kalau cuacanya mendukung, proses ini bisa lebih cepat, tapi kalau cuacanya lagi ujan, ya mungkin butuh sedikit lebih lama.

5. Rendam

Merendam irisan gadung yang sudah kering dalam air yang mengalir selama 3-4 hari. Tapi, perhatikan ya, kalau air perendamannya nggak mengalir, jangan khawatir, kita bisa ganti airnya setiap 2 jam sekali.

Kenapa kita harus melakukannya? Nah, perendaman ini punya tujuan keren, lho. Pertama-tama, proses ini akan membantu melarutkan racun gadung yang mungkin masih tersisa. Jadi, nggak perlu cemas soal racun lagi.

Selain itu, perendaman ini juga memberikan rasa asin alami pada keripik gadung kita

6. Angkat

setelah irisan gadung kita direndam dengan baik, saatnya kita angkat irisan gadung dari air perendaman. Pastikan kita mencucinya dengan air bersih supaya nggak ada sisa-sisa air perendaman yang nempel.

Baca Juga  Manfaat Daun Keji Beling Untuk Batu Ginjal

Cara Membuat Keripik Gadung Selanjutnya, mari kita kembali menjemur irisan gadung ini sampai benar-benar kering sempurna. Proses menjemur ini adalah tahap penting, karena keripik gadung kita bakal jadi renyah dan siap dinikmati

7. Goreng

Sekarang, mari kita goreng irisan gadung yang telah kering tadi dalam minyak panas dengan api sedang. Pantau suhu minyaknya, ya, supaya keripik gadung kita bisa mengembang dan berubah warna menjadi kuning keemasan yang menggoda.

8. Bumbu

Taburi keripik gadung dengan bumbu penyedap sesuai selera. Nah, bumbu penyedap ini bisa berupa Royco, merica, cabe bubuk, atau bahkan bawang putih bubuk, sesuai dengan selera masing-masing.

Aduh, seru banget, kan? Nah, setelah tabur bumbu penyedap itu, jangan lupa untuk mengaduk keripik dengan lembut supaya bumbunya meresap dengan sempurna. Ini yang bikin keripik gadung kita punya cita rasa yang unik dan sesuai dengan yang kita inginkan.

9. Simpan

Proses pembuatan keripik gadung kita udah selesai! Nah, biar keripik ini bisa tetap tahan lama dan tetap renyah, kita perlu menyimpannya dengan bijak. Caranya, letakkan keripik gadung dalam wadah yang kedap udara atau bisa juga pakai plastik ziplock yang praktis.

Jadi, saat kita ingin menikmati keripik ini lagi di lain waktu, rasanya tetap enak dan nggak lembab. Praktis banget, kan? Jadi, yuk, simpan dengan baik dan jangan lupa bagikan juga dengan teman-teman biar mereka juga bisa menikmati kreasi keripik gadung kita yang super spesial ini!

Baca Juga : Manfaat Gadung Untuk Kesehatan

kesimpulan

Demikianlah Cara Membuat Keripik Gadung yang enak dan aman dikonsumsi. Keripik gadung memiliki rasa yang khas dan berbeda dari keripik singkong atau ubi lainnya. Keripik gadung juga memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

Baca Juga  Tidak Hanya Gudeg ! Ini Daftar Makanan Khas Jogja Yang Bikin Nagih

Anda dapat menikmati keripik gadung sebagai camilan di sela-sela aktivitas atau sebagai oleh-oleh khas daerah tertentu di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat keripik gadung sendiri di rumah.