Cara Membuat Keripik Nangka Yang Paling Hemat Dan Ekonomis !

Posted on

biotifor.or.idCara Membuat Keripik Nangka , Keripik nangka telah meraih popularitas yang tinggi sebagai salah satu camilan favorit di Indonesia. Camilan yang satu ini terbuat dari buah nangka yang menjalani proses penggorengan khusus, menghasilkan tekstur yang begitu renyah dan cita rasa yang memikat dengan manisnya. Keunikan keripik nangka ini terletak pada kemampuannya mengubah buah nangka yang melimpah saat musimnya menjadi camilan lezat yang dapat dinikmati sepanjang tahun.

Selain sebagai cara kreatif untuk mengolah surplus buah nangka, keripik nangka juga menjadi alternatif yang sangat menarik untuk dibagikan sebagai oleh-oleh kepada keluarga dan teman-teman.

Dengan sentuhan rasa manis yang khas, keripik nangka ini tak hanya memanjakan lidah, tetapi juga menghadirkan aroma yang menggoda dan tampilan yang mengundang selera. Maka dari itu, tidak mengherankan jika keripik nangka menjadi pilihan camilan yang begitu disukai dan sering dicari oleh banyak orang.

Dengan berbagai kelebihan dan kelezatannya, keripik nangka memang pantas mendapat tempat istimewa di dunia kuliner Indonesia.

cara membuat keripik nangka

Bahan Untuk Membuat Keripik Nangka

Untuk membuat keripik nangka, Anda membutuhkan beberapa bahan dan alat, yaitu:

  • Buah nangka segar, tidak terlalu matang, sekitar 1 kg
  • Air, sekitar 1,5 liter
  • Kapur sirih, sekitar 100 gram
  • Garam, sekitar 75 gram
  • Gula pasir, sekitar 150 gram
  • Minyak goreng, sekitar 2 liter
  • Pisau, talenan, wajan, saringan, loyang, oven

Langkah Membuat Keripik Nangka

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat keripik nangka:

1. Pilih Dan Kupas Nangka

Untuk memulai, awali proses dengan penuh perhatian ketika Anda melakukan pengupasan pada buah nangka, dan pastikan untuk dengan teliti membersihkannya dari segala kulit dan serat yang mungkin masih menempel pada daging buah.
Setelah berhasil menyelesaikan tahap tersebut dengan cermat, lanjutkan dengan langkah selanjutnya yaitu membelah daging nangka dengan hati-hati.

Baca Juga  Manfaat Bermain Layang-Layang - Kesenangan Dan Kesehatan

Pastikan untuk melakukan tindakan ekstra dengan teliti untuk membuang bijinya sehingga hanya daging buah yang digunakan dalam proses berikutnya. Kemudian, lanjutkan dengan tugas berikutnya yang tak kalah penting, yaitu memotong daging buah nangka menjadi irisan tipis yang memiliki ketebalan ideal sekitar 2 mm

2. Rendam

Tahapan selanjutnya adalah dengan sangat hati-hati merendam potongan buah nangka dalam sebuah larutan air yang telah dicampur dengan kapur sirih, lalu biarkan potongan buah tersebut berendam dengan lembut selama sekitar 5 jam.

Kapur sirih dalam proses ini berperan sangat penting, karena selain berfungsi untuk menghilangkan getah yang umumnya melekat pada buah nangka, ia juga memberikan sentuhan keindahan yang memukau pada warna buah nangka tersebut, yang akan membuatnya tampil lebih menarik secara estetis.

Dengan langkah ini, kita dapat memastikan bahwa buah nangka yang kita olah nantinya tidak hanya lezat rasanya, tetapi juga memikat mata dengan warna yang cerah dan menggugah selera.

3. Cuci

Mencuci potongan buah nangka secara menyeluruh dengan menggunakan aliran air yang mengalir, dan pastikan untuk mengeringkannya secara teliti. Kemudian, susun dengan rapi potongan buah nangka di bawah sinar matahari, dan biarkan mereka menjalani proses pengeringan secara alami.

Proses pengeringan ini membutuhkan waktu sekitar 5 jam atau bahkan lebih, dan tentunya hal ini sangat tergantung pada kondisi cuaca yang berlaku saat itu. Dengan sabar dan perhatian terhadap proses ini, kita akan mendapatkan hasil akhir yang kering, lezat, dan siap untuk diolah lebih lanjut dalam langkah-langkah berikutnya.

4. Panaskan

Persiapkan oven dengan mengatur suhunya pada level 150 derajat Celsius. Sementara menunggu oven mencapai suhu yang diinginkan, persiapkan sebuah mangkuk di mana Anda akan mencampurkan garam dan gula pasir. Kemudian, dengan hati-hati, sebarkan campuran garam dan gula pasir ini secara merata di atas potongan buah nangka yang telah sebelumnya mengalami tahap pengeringan.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju tanpa Bekas

Pastikan untuk melakukan pengadukan dengan lembut agar bumbu ini dapat meresap dengan sempurna ke dalam setiap potongan buah nangka yang sudah siap untuk melanjutkan proses pengolahan lebih lanjut. Dengan perhatian terhadap detail ini, kita akan memastikan bahwa rasa dan tekstur keripik nangka yang dihasilkan akan maksimal dan memikat.

5. Susun Potongan

Dengan penuh kehati-hatian, aturlah potongan-potongan buah nangka dengan cermat di atas permukaan loyang yang sudah sebelumnya dioles tipis dengan minyak goreng.

Pastikan agar potongan-potongan buah nangka ini tidak bertumpuk atau bahkan saling menutupi satu sama lain, sehingga kita dapat memastikan bahwa hasil akhirnya akan selalu mempertahankan tekstur yang renyah dan juga matang secara merata saat kita menjalankan proses penggorengan berikutnya.

Dengan perhatian ekstra terhadap pengaturan ini, kita akan menghasilkan keripik nangka yang sempurna dalam setiap potongannya.

6. Proses Pemasakan

Tempatkan loyang yang berisi potongan buah nangka ke dalam oven yang telah terlebih dahulu dipanaskan, dan lakukan proses pemanggangan pada potongan buah nangka selama sekitar 30 menit atau hingga mereka mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan dan mengering. Selama proses pemanggangan berlangsung, sangat penting untuk secara berkala memutar atau membalik-balik potongan buah nangka agar dapat memastikan bahwa mereka akan matang secara merata di semua sisi, sambil mencegah terjadinya penggorengan yang berlebihan dan menghindari hasil yang gosong.

7. Selesai

Keluarkan loyang dari oven , biarkan potongan buah nangka mendingin dengan baik. Setelah dingin, keripik nangka siap untuk disajikan sebagai camilan lezat atau Anda dapat menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tetap segar lebih lama. Selamat menikmati!

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Singkong

Akhir Kata

Demikianlah panduan cara membuat keripik nangka yang renyah dan lezat. Selain langkah-langkah di atas, Anda juga bisa bereksperimen dengan menambahkan berbagai bumbu sesuai dengan selera pribadi, seperti vanili, kayu manis, atau cokelat untuk memberikan sentuhan rasa yang lebih khas. Selamat mencoba, dan semoga hasilnya memuaskan!