Cara Membuat Es Doger Enak Dan Segar Dalam 5 Menit

biotifor.or.idCara Membuat Es Doger , Es Doger adalah minuman khas Indonesia yang sangat terkenal dan digemari oleh banyak orang. Terdiri dari beragam komponen isian yang disatukan dalam kuah santan yang lezat dan disajikan dengan es serut. Rasanya manis, gurih, dan menyegarkan, dengan kombinasi warna merah muda, putih, hijau, dan cokelat yang memikat.

Minuman ini berasal dari Bandung, Jawa Barat, dan dinamai Es Doger karena cara penjualnya mengelilingi kota dengan gerobak untuk menjajakannya. Es Doger pertama kali diciptakan oleh Haji Subur pada tahun 1970-an dengan menggabungkan bahan-bahan seperti tape singkong, ketan hitam, dawet, nangka, dan kelapa muda yang tersedia di pasar.

Keunikan Es Doger terletak pada beragamnya bahan isian dan kuah santannya yang gurih dan kental. Kepopulerannya tercermin dalam jumlah penjual dan penggemar di seluruh Indonesia. Minuman ini sering menjadi pilihan saat berbuka puasa atau sebagai hidangan penutup.

Bahan Dan Cara Membuat Es Doger

cara membuat es doger

Untuk membuat Es Doger sendiri di rumah, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan Utama:

  • Tape singkong, sekitar 250 gram
  • Dawet (cendol), sekitar 100 gram
  • Ketan hitam, sekitar 100 gram
  • Nangka, sekitar 100 gram
  • Kelapa muda, sekitar 1 buah
  • Gula merah, sekitar 150 gram
  • Gula pasir, sekitar 50 gram
  • Santan kental, sekitar 500 ml
  • Garam, secukupnya
  • Es serut, secukupnya
  • Daun pandan, sekitar 2 lembar

Variasi Bahan:

Anda dapat menambahkan atau mengganti bahan-bahan isian sesuai dengan selera Anda. Beberapa bahan yang dapat Anda gunakan adalah:

  • Kolang-kaling (buah aren), sekitar 100 gram
  • Roti tawar, sekitar 4 lembar
  • Selai kacang atau cokelat, secukupnya
  • Susu kental manis, secukupnya

1. Membuat Kuah Santan

Santan kental dicampur bersama gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan dalam panci besar dengan api sedang. Aduk terus hingga gula larut dan santan mencapai titik didih.

Baca Juga  Apakah Air Es Bikin Gemuk Mitos atau Fakta ?

Kemudian, matikan api dan saring kuah santan untuk memisahkan ampas gula merah dan daun pandan. Setelah itu, biarkan kuah santan mendingin dalam lemari es atau tempat yang sejuk.

2. Membuat Bahan Isian

Didihkan tape singkong hingga empuk, lalu tiriskan dan potong sesuai selera.

Selanjutnya, didihkan ketan hitam hingga empuk, tiriskan, dan sisihkan.

Rebus dawet hingga matang, lalu tiriskan dan sisihkan.

Potong nangka sesuai selera dan sisihkan.

Kerok kelapa muda dengan alat khusus atau sendok, lalu sisihkan.

Jika Anda menggunakan bahan variasi lain, persiapkan sesuai petunjuknya.

3. Persiapan Es Serut

Siapkan es batu dalam wadah besar. Serut es batu dengan mesin serut es atau alat lainnya hingga halus.

4. Penyajian Es Doger

Siapkan mangkuk atau gelas besar untuk menyajikan Es Doger.

Masukkan bahan-bahan isian sesuai dengan selera Anda ke dalam mangkuk atau gelas.

Tuangkan kuah santan dingin ke atas bahan-bahan isian hingga terendam.

Tambahkan es serut di atasnya hingga penuh.

Es Doger siap dinikmati.

Tips Memilih Bahan Yang Berkualitas

Cara Membuat Es Doger , Untuk membuat Es Doger yang lezat, pilih tape singkong matang berwarna kuning, ketan hitam berkualitas tanpa bau apek, dawet berwarna hijau alami yang tidak terlalu besar, nangka matang beraroma harum, dan kelapa muda segar yang berair.

Hindari tape singkong hijau atau mentah yang rasanya asam dan keras, ketan hitam berkualitas buruk yang mengurangi rasa manis dan gurih, dawet berwarna buatan atau terlalu besar yang memiliki rasa kimia dan tidak kenyal, nangka muda atau busuk yang rasanya sepat, serta kelapa muda tua atau kering yang memiliki daging keras dan kurang manis.

Baca Juga  Manfaat Mempelajari Demokrasi: Mengapa Ini Penting Bagi Kita?

Tips Dalam Proses Pembuatan Es Doger

Untuk hasil terbaik, hindari merebus santan terlalu lama atau dengan api terlalu besar, karena hal ini dapat menyebabkan santan mudah pecah dan berminyak. Selain itu, berhati-hati dalam penambahan gula dan garam ke dalam kuah santan, agar kuah tidak terlalu manis atau asin, sehingga rasa gurihnya tetap terjaga.

Selanjutnya, waspadai juga penambahan terlalu banyak air ke dalam bahan isian, karena ini dapat membuat isian menjadi basah dan lembek. Akhirnya, hindari menyimpan Es Doger terlalu lama di lemari es atau tempat sejuk, karena hal ini dapat membuatnya keras dan kehilangan kesegarannya.

Ide Kreatif Dalam Penyajian Es Doger

Anda bisa meningkatkan cita rasa dan estetika Es Doger dengan menambahkan topping seperti kacang tanah goreng, keju parut, cokelat leleh, atau sirup buah. Selain itu, untuk memberikan sentuhan yang lebih elegan dan artistik, Anda dapat menggunakan wadah unik seperti mangkuk keramik, gelas kaca, atau mangkuk kelapa sebagai penyajian.

Jika ingin menciptakan pengalaman yang berbeda, Cara Membuat Es Doger dapat disajikan dalam berbagai bentuk seperti es krim, es lilin, atau es batu. Penting untuk diingat bahwa Es Doger bukan sekadar minuman biasa, melainkan juga merupakan bagian penting dari budaya kuliner lokal Indonesia, khususnya di Jawa Barat, dengan peran, makna, dan nilai budaya yang mendalam bagi masyarakat setempat.

Baca Juga : Resep Es Lumut , Membuat Es Lumut Yang Lembut Dan Segar

Akhir Kata

Es Doger adalah minuman khas Indonesia yang memiliki banyak keunikan, kepopuleran, peran, makna, dan nilai budaya. Es Doger juga merupakan minuman yang lezat, segar, dan menyehatkan. Cara Membuat Es Doger , Anda dapat membuat Es Doger sendiri di rumah dengan mengikuti resep, tips, dan trik yang telah disampaikan di atas. Anda juga dapat mencoba variasi dan inovasi Es Doger yang menarik sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba!