Cara Membuat Es Kacang Merah Ala Restoran Cina, Enak Dan Murah!

Posted on

biotifor.or.idCara Membuat Es Kacang Merah , minuman khas Indonesia yang begitu digemari, memiliki akar yang panjang. Terbuat dari kacang merah yang direbus hingga lembut, sirup gula merah yang manis, serta es serut yang menyejukkan. Pada hari yang panas, atau sebagai penutup hidangan, es kacang merah sangat diminati.

Asal usulnya berasal dari Tiongkok, tepatnya di daerah Fujian. Kacang merah di sana dikenal sebagai bahan makanan yang baik untuk kesehatan, terutama bagi peredaran darah dan ginjal. Kacang merah sering dikamulkan dalam berbagai jenis kue dan puding, seperti dou sha bing, kue bulat berisi pasta kacang merah.

Namun, versi es kacang merah yang kita nikmati di Indonesia telah mengalami transformasi yang cukup besar. Terbisa perbedaan signifikan, seperti penggunaan gula merah dan es serut. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh budaya lokal dan iklim di Indonesia. Gula merah, yang berlimpah dari tebu atau kelapa, memberikan rasa khas yang pas untuk kacang merah. Es serut adalah komponen penting yang menyegarkan, juga menjadi ciri khas dalam minuman-minuman Indonesia seperti es campur, es teler, dan es cendol.

Langkah Dan Cara Membuat Es Kacang Merah

cara membuat es kacang nerah

Untuk menciptakan es kacang merah di rumah, kamu tidak perlu mencari bahan-bahan yang langka atau mahal. Berikut adalah daftar bahan yang diperlukan untuk membuat empat porsi es kacang merah:

  • 200 gram kacang merah
  • 150 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 1 liter air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pkamun
  • Es batu secukupnya

Kamu bisa dengan mudah membeli semua bahan-bahan ini di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Kacang merah biasanya tersedia dalam bentuk kering, sehingga perlu direndam sebelum dimasak. Ketika memilih gula merah, kamu memiliki kebebasan untuk memilih apakah lebih suka yang berwarna gelap atau yang lebih terang. Daun pkamun adalah elemen tambahan yang bisa digunakan untuk memberikan aroma harum pada sirup gula merah.

Baca Juga  Tanaman Cocor Bebek: Tanaman Hias yang Menawan

Setelah kamu menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu bisa mulai membuat es kacang merah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Merendam Dan Memasak Kacang Merah

Perendamam kacang merah dalam air bersih selama kira-kira 8 jam atau semalaman untuk menghasilkan kacang merah yang lebih lembut dan mudah dimasak. Selepas perendaman, buang airnya dan cuci kacang merah dengan bersih. Letakkan kacang merah dalam panci dan tambahkan air cukup untuk menutupinya sepenuhnya.

Rebus dengan api sedang hingga mencapai titik didih, kemudian kecilkan api dan masak sampai kacang merah menjadi empuk. kamu bisa memeriksa keempukannya dengan menusuknya menggunakan garpu atau sumpit. Setelah empuk, matikan api dan saring air rebusan.

2. Membuat Sirup Gula Merah

Haluskan gula merah dengan pisau atau parutan keju hingga mencapai tekstur yang halus. Kemudian, masukkan gula merah ke dalam panci, tambahkan gula pasir, air, garam, dan daun pkamun. Aduk hingga merata, dan panaskan dengan api sedang hingga campuran mendidih dan gula larut sepenuhnya. Setelah mencapai titik didih, kecilkan api dan masak hingga sirup mengental.

Kamu bisa menguji kekentalan sirup dengan meneteskan sejumput ke dalam air dingin. Jika sirup tidak larut dan membentuk benang, itu menkamukan kekentalan yang tepat. Matikan api dan saring sirup untuk menghilangkan daun pkamun dan ampas gula merah.

3. Membuat Es Serut

Sediakan es batu dalam jumlah yang cukup dan letakkan dalam blender atau mesin penghancur es. Proses es batu hingga mencapai konsistensi yang halus dan lembut. Jika tidak ada blender atau mesin serut es, alternatifnya adalah menggunakan pisau untuk memecah es batu menjadi fragmen-fragmen kecil.

4. Merangkai Es Kacang Merah Secara Menyeluruh

Siapkan mangkuk atau wadah besar yang cocok. Curahkan sejumlah sirup gula merah ke dalam wadah tersebut. Campurkan kacang merah yang telah dimasak dengan sirup secara merata. Lalu, tambahkan es serut hingga menutupi seluruh campuran kacang merah dan sirup. Akhiri dengan menuangkan sisa sirup gula merah di atas es serut. Es kacang merah siap disajikan.

Baca Juga  Cara Menanam Kaktus Koboi

Kamu bisa menikmati es kacang merah ini sendirian atau dengan keluarga dan teman-teman. Minuman ini tidak hanya lezat, tetapi juga bergizi karena mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral dari kacang merah. Es kacang merah juga efektif untuk meredakan dahaga dan kelelahan pada hari yang panas.

Variasi Dari Es Kacang Merah

Integrasi santan pada campuran ini akan menyiratkan kesan kaya gurih dalam sirup gula merah dan menjadikan es kacang merah lebih lembut serta berkesan krimi pada teksturnya.

Untuk penyegaran serta sentuhan keasaman, pertimbangkan menambahkan potongan buah segar seperti nangka, alpukat, pisang, melon, semangka, atau mangga pada es kacang merah kamu.

Agar rasa manis semakin intens dan menggugah selera, lengkapi es kacang merah dengan susu kental manis, baik yang berwarna putih atau cokelat, yang akan memberikan sentuhan menarik pada tampilan hidangan.

Tips Menambahkan Rasa Atau Tekstur

Penting untuk tidak berlebihan dalam menambahkan bahan tambahan, karena ini bisa mengubah sifat rasa asli dari es kacang merah.
Selalu hindari menyimpan es kacang merah dalam lemari es terlalu lama, karena ini bisa mengakibatkan pengerasan tekstur yang kurang diinginkan.
Selalu waspada terhadap konsumsi berlebihan es kacang merah, karena ini berpotensi mengakibatkan masalah pencernaan dan meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga : Cara Membuat Es Teler Khas Indonesia Yang Menyegarkan

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang resep es kacang merah yang mudah dan praktis untuk dibuat di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba membuat minuman tradisional Indonesia yang lezat ini. Selamat mencoba!