Resep Es Lumut , Membuat Es Lumut Yang Lembut Dan Segar

Posted on

 biotifor.or.idResep Es Lumut , Es lumut adalah salah satu hidangan penyejuk yang populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Es lumut memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, serta rasa yang manis dan segar. Ini biasanya disajikan dengan siraman santan, gula merah, atau gula aren. Es lumut juga mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan sederhana. Artikel ini akan memberikan resep dan panduan pembuatan es lumut yang praktis dan lezat.

Resep Es Lumut Dan Cara Membuatnya

resep es lumut

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es lumut adalah sebagai berikut:

  • 1 liter air
  • 100 gram tepung sagu
  • 1/4 sendok teh garam
  • Pewarna makanan sesuai selera (merah, hijau, kuning, dll)
  • Ekstrak rasa sesuai selera (vanila, pandan, coklat, dll)
  • Es batu secukupnya
  • Santan kental manis
  • Gula merah atau gula aren cair

Pentingnya mempersiapkan semua bahan sebelum memulai proses pembuatan adalah agar prosesnya berjalan lancar dan tidak ada kesalahan. Pastikan semua bahan sudah disiapkan di dekat tempat kerja dan alat-alat yang dibutuhkan sudah bersih dan siap digunakan.

Langkah-langkah pembuatan es lumut

Persiapan awal:

Mempersiapkan wadah, alat, dan bahan yang diperlukan. Siapkan beberapa mangkuk kecil untuk mencampurkan pewarna dan rasa. Siapkan juga loyang atau cetakan es yang bersih dan kering. Sediakan juga sendok, garpu, saringan, panci, dan kompor.

Mencampurkan bahan cairan:

Didihkan air dalam panci dengan api sedang. Tambahkan garam dan aduk rata. Setelah mendidih, matikan api dan tuang air ke dalam mangkuk-mangkuk kecil sesuai jumlah warna dan rasa yang diinginkan. Misalnya, jika ingin membuat es lumut merah dengan rasa vanila, tuang sebagian air ke dalam satu mangkuk dan tambahkan pewarna merah dan ekstrak vanila secukupnya. Aduk rata hingga warna dan rasa tercampur sempurna. Lakukan hal yang sama untuk warna dan rasa lainnya.

Baca Juga  Jenis Tanaman Ginseng: Manfaat, Jenis, dan Cara Merawat

Menambahkan tepung sagu:

Masukkan tepung sagu ke dalam mangkuk-mangkuk yang sudah berisi air berwarna dan beraroma. Aduk rata dengan garpu hingga tidak ada gumpalan tepung. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer. Konsistensi yang ideal adalah seperti susu kental manis.
Mencampurkan adonan hingga konsistensi yang tepat:

Tuang adonan ke dalam loyang atau cetakan es dengan warna bergantian sesuai selera. Misalnya, tuang adonan merah terlebih dahulu, lalu adonan hijau, lalu adonan kuning, dan seterusnya hingga adonan habis atau loyang penuh. Ratakan permukaan adonan dengan sendok atau spatula agar tidak ada gelembung udara.

Proses pembekuan es lumut:

Masukkan loyang atau cetakan es ke dalam freezer dan biarkan hingga membeku selama kurang lebih 4 jam atau semalaman.
Tips dan trik untuk mendapatkan hasil terbaik:

Setelah es lumut membeku, keluarkan dari freezer dan potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan dengan pisau tajam atau gunting bersih. Gunakan saringan untuk memisahkan potongan es lumut dari air bekas pembekuan. Simpan potongan es lumut dalam wadah kedap udara dan masukkan kembali ke freezer hingga siap disajikan.

Variasi es lumut

Anda dapat mencoba berbagai macam warna dan rasa sesuai selera Anda, misalnya biru dengan rasa blueberry, ungu dengan rasa anggur, oranye dengan rasa jeruk, dll.
Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti biji mutiara atau potongan buah segar untuk memberikan tekstur dan rasa yang berbeda pada es lumut Anda. Biji mutiara dapat direbus terlebih dahulu dengan air dan gula hingga empuk dan kenyal, lalu dicampurkan dengan es lumut. Potongan buah segar dapat dipotong kecil-kecil dan ditaburkan di atas es lumut saat penyajian.
Anda juga dapat mencampurkan beberapa warna dan rasa dalam satu loyang atau cetakan es untuk membuat es lumut yang lebih berwarna-warni dan bervariasi.

Baca Juga  Pengertian Teks Prosedur: Panduan Lengkap dan Contoh

Penyajian dan hiasan es lumut

Cara meletakkan es lumut dalam wadah atau gelas adalah dengan menggunakan sendok atau sendok es krim untuk mengambil potongan es lumut dari wadah penyimpanan. Letakkan potongan es lumut dalam wadah atau gelas sesuai porsi yang diinginkan. Tambahkan es batu secukupnya untuk menjaga kesegaran es lumut.

Hiasan tambahan seperti saus, whipped cream, atau potongan buah adalah untuk memberikan rasa dan penampilan yang lebih menarik pada es lumut. Kamu dapat menuangkan santan kental manis, gula merah, atau gula aren cair di atas es lumut sesuai selera Anda. Anda juga dapat menambahkan whipped cream di atas es lumut untuk memberikan rasa yang lebih kaya dan lembut. Anda juga dapat menambahkan potongan buah segar seperti stroberi, kiwi, nanas, dll di atas es lumut untuk memberikan rasa yang lebih asam dan segar.

Penyajian yang menarik dan menarik adalah dengan menggunakan wadah atau gelas yang berwarna cerah dan sesuai dengan warna es lumut. Anda juga dapat menggunakan sedotan, sendok, atau garpu yang berwarna-warni untuk memudahkan pengambilan es lumut. Anda juga dapat menggunakan piring atau nampan yang berhiasan untuk menampilkan es lumut Anda.

Baca Juga : Resep Es Kulkul

Kesimpulan

Es lumut adalah hidangan penyegar yang populer di Indonesia yang mudah disiapkan di rumah dengan bahan-bahan sederhana. Ia memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, serta cita rasa yang manis dan segar. Biasanya, es lumut disajikan dengan saus santan, gula merah, atau gula aren. Selain itu, es lumut dapat diubah-variasikan dengan beragam warna, rasa, dan bahan tambahan sesuai selera pribadi. Anda bisa membuat es lumut menjadi menarik dengan tambahan hiasan seperti whipped cream atau potongan buah. Es lumut sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau teman saat cuaca panas.

Baca Juga  Cara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk Merata Dan Enak Untuk Di Konsumsi

Demikian artikel tentang resep dan panduan pembuatan es lumut yang praktis dan lezat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!