Jaminan Lezat! Cara Membuat Es Gabus Yang Mudah

biotifor.or.idCara Membuat Es Gabus , Di Indonesia, es gabus telah menjadi salah satu makanan penutup yang sangat populer. Makanan manis ini terbuat dari campuran tepung sagu, santan, dan gula yang dikukus hingga mengembang dan membentuk struktur berongga. Biasanya, es gabus disajikan bersama sirup berwarna-warni atau es serut untuk menambah sensasi segarnya. Teksturnya yang lembut dan kenyal menjadikan es gabus sebagai pilihan yang sangat disukai. Keunggulan lainnya adalah kemudahan dalam pembuatannya dan fleksibilitas untuk menyesuaikan rasa sesuai selera.

Asal usul es gabus dapat ditelusuri hingga Jawa Tengah, terutama di Semarang. Kisah berawal dari seorang pedagang kue bernama Bu Tumini pada tahun 1950-an. Bu Tumini menciptakan es gabus menggunakan cetakan kue bolu berlubang, dan bentuknya yang menyerupai busa atau gabus menjadi inspirasi bagi nama makanan ini.

Daya tarik es gabus di Indonesia tak lekang oleh waktu, berkat rasa lezat dan menyegarkan yang ditawarkannya. Ragam pilihan rasa, seperti cokelat, keju, durian, nangka, stroberi, dan lainnya, menjadikan es gabus lebih menarik. Biasanya, es gabus tersedia di pasar tradisional, toko kue, atau warung-warung pinggir jalan. Selain itu, makanan penutup ini sering dihidangkan dalam berbagai acara spesial, seperti ulang tahun, pernikahan, atau perayaan Lebaran.

Langkah Dan Cara Membuat Es Gabus

cara membuat es gabus

Untuk membuat es gabus sendiri di rumah, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

  • Tepung sagu: 250 gram
  • Gula pasir: 200 gram
  • Santan: 500 ml
  • Garam: 1/4 sendok teh
  • Pewarna makanan: sesuai selera
  • Sirup: sesuai selera
  • Es serut: secukupnya

Bahan tambahan untuk variasi rasa:

  • Cokelat bubuk: 2 sendok makan
  • Keju parut: 50 gram
  • Durian: 100 gram
  • Nangka: 100 gram
  • Stroberi: 100 gram
Baca Juga  Cara Menanam Markisa Agar Cepat Berbuah dan Hasil Melimpah

Langkah-langkah Pembuatan Es Gabus

Berikut adalah urutan dalam pembuatan es gabus yang enak dan nikmat :

Persiapan Bahan

Campurkan tepung sagu, gula pasir, santan, dan garam dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.
Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah warna yang diinginkan. Beri pewarna makanan pada setiap bagian adonan dan aduk rata.
Siapkan cetakan kue bolu yang berlubang-lubang. Olesi cetakan dengan sedikit minyak agar tidak lengket.

Proses Pembuatan Es Gabus

Selanjutnya, lanjutkan dengan tahap pengukusan. Panaskan kukusan di atas api sedang dan pastikan untuk menutup kukusan dengan selembar kain bersih. Hal ini bertujuan agar uap air tidak menetes ke permukaan adonan kue bolu yang sedang dimasak, sehingga hasilnya akan tetap lembut dan menggembung.

Setelah itu, tuangkan adonan yang telah Anda persiapkan ke dalam cetakan hingga mencapai penuh. Selanjutnya, kukus adonan ini selama sekitar 15 menit atau hingga kue mengembang dan muncul berongga-rongga, menandakan bahwa kue bolu telah matang dengan baik.

Setelah proses pengukusan selesai, segera angkat cetakan dari kukusan dan biarkan kue bolu yang baru Anda buat sedikit mendingin sejenak. Setelah itu, dengan hati-hati keluarkan es gabus dari cetakan. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini hingga semua adonan habis, sehingga Anda akan memiliki sejumlah kue bolu yang lezat dan berwarna-warni untuk dinikmati.

Variasi Rasa Dan Penyajian

Untuk memberikan sentuhan beragam pada es gabus, Anda dapat berkreasi dengan berbagai bahan tambahan seperti cokelat bubuk, keju parut, durian, nangka, atau stroberi. Anda memiliki opsi untuk mencampurkan bahan-bahan tambahan ini ke dalam adonan sebelum proses pengukusan atau menaburkannya secara artistik di atas es gabus setelah matang.

Baca Juga  Manfaat Cuka Apel: Rahasia Kesehatan yang Tersembunyi

Menyajikan es gabus dapat dilakukan dengan kreativitas yang berlimpah. Anda dapat membentuknya menjadi berbagai bentuk menarik, seperti bunga, hati, atau bahkan wajah lucu. Tak hanya itu, Anda juga bisa meningkatkan daya tarik penyajiannya dengan sentuhan sirup berwarna-warni atau es serut untuk memberikan sentuhan segar yang lebih mendalam.

Tips Dan Trik

Untuk memastikan tekstur yang ideal, penting untuk memperhatikan konsistensi santan yang digunakan. Pastikan santan tidak terlalu cair atau terlalu kental. Apabila terlalu cair, es gabus akan kurang padat dan tidak akan mengembang dengan baik. Sementara jika terlalu kental, es gabus akan terlalu keras dan tidak memiliki rongga yang diinginkan.

Ketika ingin menyajikan es gabus secara kreatif, Anda dapat bermain dengan cetakan kue yang memiliki bentuk unik seperti bintang, bulan, atau huruf. Atau, pilihan lainnya adalah menggunakan cetakan es batu untuk membuat es gabus mini yang menggemaskan.

Rekomendasi Penyajian Es Gabus

Untuk memberikan sentuhan visual yang menarik, es gabus dapat disajikan dalam piring atau mangkuk yang cerah atau memiliki tekstur menarik. Penggunaan hiasan seperti daun mint, potongan buah, atau kacang-kacangan di atas es gabus akan menjadikan tampilannya lebih estetis.

Es gabus juga merupakan pilihan yang tepat untuk acara-acara spesial seperti ulang tahun, pernikahan, atau perayaan Lebaran. Anda dapat mengkreasikan es gabus sesuai dengan tema acara tersebut. Sebagai contoh, dalam acara ulang tahun anak-anak, Anda bisa membuat es gabus berwarna-warni dengan bentuk yang lucu, seperti binatang. Di pernikahan, es gabus putih berbentuk hati mungkin lebih sesuai, sementara untuk merayakan Lebaran, es gabus berwarna hijau dengan bentuk bintang akan menjadi pilihan yang pas.

Baca Juga  Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Untuk Kepentingan Kesehatan

Baca Juga : Cara Membuat Es Doger 

Kesimpulan

Es gabus, hidangan penutup populer di Indonesia, terbuat dari campuran tepung sagu, gula, dan santan yang dikukus hingga membentuk tekstur lembut, kenyal, dan manis, serta memiliki rongga-rongga. Kelebihan es gabus adalah kemudahan dalam pembuatannya dan fleksibilitas dalam penyesuaian rasa sesuai selera.

Ragam variasi rasa seperti cokelat, keju, durian, nangka, stroberi, dan lainnya menjadikan opsi yang lebih beragam. Untuk penyajiannya, es gabus bisa dinikmati dengan sirup berwarna-warni atau es serut untuk sensasi yang lebih segar, dan tampilan visualnya bisa dihias menarik sesuai tema acara yang bersangkutan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat es gabus sendiri di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati!