Resep Es Jagung , Penasaran Bagaimana Cara Membuatnya?

Posted on

biotifor.or.idResep Es Jagung , Es jagung merupakan minuman khas Indonesia yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Minuman ini berasal dari daerah Jawa Tengah, khususnya Semarang. Es jagung awalnya dibuat oleh pedagang kaki lima yang menjual jagung rebus sebagai camilan. Mereka kemudian mencoba menambahkan susu kental manis dan es serut untuk membuat minuman yang lebih segar dan menarik.

Ini sangat populer di kalangan masyarakat, terutama saat musim panas. Minuman ini juga menjadi salah satu ikon kuliner Semarang, bersama dengan lumpia, wingko babat, dan bandeng presto. Es jagung juga menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Sumatera. Setiap daerah memiliki variasi resep es jagung yang berbeda-beda, sesuai dengan selera dan bahan lokal.

Tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki nilai budaya dan gizi yang tinggi. Minuman ini menggambarkan keragaman dan kreativitas masyarakat Indonesia dalam mengolah bahan pangan. Es jagung juga mengandung berbagai nutrisi dari jagung, susu kental manis, atau santan, yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, konsumsi es jagung juga harus dibatasi agar tidak menyebabkan diabetes atau obesitas.

Resep Es Jagung Yang Nikmat

resep es jagung

Untuk membuat es jagung, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

1. Jagung Manis Segar

Jenis jagung yang memiliki rasa lebih manis daripada jagung biasa. Jagung manis juga memiliki tekstur yang lebih lembut dan renyah. Anda bisa memilih jagung manis yang berwarna kuning atau putih, sesuai dengan selera Anda. Jagung manis segar biasanya dijual di pasar tradisional atau supermarket. Anda bisa membeli sekitar 4-5 buah jagung manis untuk membuat es jagung untuk 4-5 orang.

2. Susu Kental Manis Atau Santan

Ini adalah susu sapi yang dikentalkan dengan gula dan pemanis buatan. Susu kental manis memiliki rasa yang sangat manis dan gurih, serta tekstur yang kental dan lengket. Susu kental manis biasanya dijual dalam kemasan kaleng atau sachet. Anda bisa memilih susu kental manis yang berwarna putih atau cokelat, sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga  Cara Memasak Ayam Kecap : Resep Rahasia Ala Rumahan

Sedangkan Santan adalah cairan putih yang diperoleh dari parutan kelapa yang diperas dengan air panas. Santan memiliki rasa yang gurih dan lemak, serta tekstur yang encer dan berminyak. Santan biasanya dijual dalam kemasan kotak atau botol. Anda bisa memilih santan yang sudah dimasak atau mentah, sesuai dengan selera Anda.

3. Es Serut

Merupakan Es batu yang dihancurkan menjadi butiran-butiran kecil. Es serut digunakan untuk membuat minuman menjadi lebih dingin dan segar. Anda bisa membuat es serut sendiri dengan menggunakan blender atau mesin es serut. Anda juga bisa membeli es serut di warung-warung atau toko-toko es.

4. Gula Pasir

Bahan pemanis alami yang berasal dari tebu atau bit. Gula pasir memiliki rasa yang manis dan tekstur yang halus dan kristal. Gula pasir digunakan untuk menambah rasa manis pada es jagung, terutama jika Anda menggunakan santan sebagai bahan utama.

5. Sirup Rasa Vanila Atau Cokelat (Opsional)

Cairan kental yang dibuat dari gula yang direbus dengan air dan bahan-bahan lain. Sirup rasa vanila atau cokelat adalah sirup yang memiliki rasa dan aroma yang khas dari vanila atau cokelat. Sirup rasa vanila atau cokelat digunakan untuk memberikan variasi rasa pada es jagung, terutama jika Anda menggunakan susu kental manis sebagai bahan utama.

6. Topping Tambahan

kelapa parut, kacang, atau biji selasih: Topping adalah bahan-bahan yang ditambahkan pada minuman untuk membuatnya lebih menarik dan lezat. Topping tambahan untuk es jagung bisa berupa kelapa parut, kacang, atau biji selasih. Kelapa parut adalah kelapa yang diparut menjadi serpihan-serpihan kecil.

Kelapa parut memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang lembut dan renyah. Kacang adalah biji-bijian yang bisa dimakan, seperti kacang tanah, kacang merah, atau kacang hijau. Kacang memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang keras dan renyah.

Baca Juga  Manfaat Berendam Di Air Es Yang Jarang Diketahui

Biji selasih adalah biji dari tanaman selasih yang bisa mengembang saat dicampur dengan air. Biji selasih memiliki rasa yang netral dan tekstur yang kenyal dan licin.

Langkah-langkah Pembuatan

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat es jagung:

1. Persiapan Dan Pemilihan Bahan

Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan dan memilih bahan-bahan yang berkualitas. Jagung manis harus segar, bersih, dan tidak busuk. Anda bisa mencium aroma jagung manis untuk mengetahui kesegarannya. Susu kental manis atau santan harus tidak kadaluarsa dan tidak berbau asam. Es serut harus bersih dan tidak bercampur dengan benda-benda lain.

Gula pasir harus tidak basah dan tidak berwarna gelap. Sirup rasa vanila atau cokelat harus tidak menggumpal dan tidak berubah warna. Topping tambahan harus disiapkan sesuai dengan jenisnya. Kelapa parut harus diparut dari kelapa segar dan disimpan dalam wadah tertutup di lemari es.

Kacang harus direndam dalam air panas selama beberapa jam, kemudian direbus hingga empuk dan disaring. Biji selasih harus dicuci bersih, kemudian direndam dalam air dingin selama beberapa menit hingga mengembang.

2. Pemotongan Jagung Dan Pengolahan Susu Kental Manis

Selanjutnya, Anda harus memotong jagung manis menjadi bagian-bagian kecil. Anda bisa menggunakan pisau atau alat pemotong jagung untuk mempermudah pekerjaan Anda. Anda bisa memotong jagung manis sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan, misalnya setengah sentimeter atau satu sentimeter.

Setelah itu, Anda harus mengolah susu kental manis agar lebih encer dan mudah dicampur dengan es serut. Anda bisa mencampur susu kental manis dengan air matang dengan perbandingan 1:1 atau 1:2, tergantung pada tingkat kekentalan yang Anda inginkan. Jika Anda menggunakan santan, Anda tidak perlu mengolahnya lagi.

Baca Juga  Manfaat Akar Bajakah Dengan Segudang Kegunaan

3. Proses Pembuatan Es Serut

Kemudian, Anda harus membuat es serut dengan menggunakan blender atau mesin es serut. Anda bisa memasukkan es batu ke dalam blender atau mesin es serut, kemudian menghaluskannya hingga menjadi butiran-butiran kecil.

Jika Anda menggunakan blender, Anda harus berhati-hati agar tidak membuat blender overheat atau rusak. Jika Anda menggunakan mesin es serut, Anda harus mengikuti petunjuk penggunaannya dengan baik.

4. Penyajian Dan Tambahan Topping

Terakhir, Anda harus menyajikan es jagung dengan menambahkan topping sesuai dengan selera Anda. Anda bisa menggunakan gelas besar atau mangkuk untuk menyajikan es jagung. Pertama, Anda harus menaruh jagung manis di dasar gelas atau mangkuk.

Kedua, Anda harus menuangkan susu kental manis atau santan di atas jagung manis hingga menutupinya. Ketiga, Anda harus menambahkan es serut di atas susu kental manis atau santan hingga penuh.

Baca Juga : Resep Es Oyen , Minuman Tradisional Indonesia Yang Segar Dan Nikmat

Kesimpulan

Es jagung adalah minuman segar yang terbuat dari jagung manis yang dicampur dengan susu kental manis atau santan, es serut, dan gula pasir. Es jagung memiliki rasa yang manis dan gurih, serta tekstur yang renyah dan lembut.

Demikianlah artikel tentang resep es jagung yang bisa Anda coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!