15 Jenis Tanaman Jagung Cepat Panen dan Cara Menanamnya

Biotifor.or.idJenis Tanaman Jagung-Apa Anda berkeinginan untuk menanam tanaman jagung? Jagung adalah tanaman pangan khusus yang mempunyai nilai ekonomi tinggi di Indonesia. Selainnya sebagai makanan dasar, jagung dipakai sebagai pakan peternak dan bahan baku industri. Dalam artikel berikut, kami akan mengulas beragam tipe tanaman jagung, dimulai dari varietas hibrida sampai beberapa jenis jagung tradisionil yang unik. Silahkan kita telusuri selanjutnya!

Apa itu Tanaman Jagung?

Jenis Tanaman Jagung

Tanaman jagung (Zea mays) ialah tumbuhan yang termasuk ke keluarga Poaceae atau suku rerumputan. Tanaman ini mempunyai tangkai tegak dan daun yang lebih lebar. Jagung dikenali bulir-bulir bijinya yang berwujud unik dan tersusun rapat pada tongkol.

Manfaat dan Nilai Ekonomi Jagung

Jagung mempunyai manfaat dan nilai ekonomi yang besar di Indonesia. Beberapa manfaat khusus jagung diantaranya:

  • Sebagai makanan dasar: Jagung sebagai salah satunya sumber karbohidrat khusus di Indonesia. Warga Indonesia konsumsi jagung dalam bermacam-macam, seperti nasi jagung, jagung manis, dan makanan olahan berbasis jagung.
  • Sebagai pakan peternak: Jagung dipakai sebagai pakan ternak karena kandungan gizinya yang lebih tinggi.
  • Sebagai bahan baku industri: Jagung bisa dibuat jadi tepung jagung, minyak jagung, sirup jagung, dan beragam produk turunannya.

Beberapa Jenis Jagung

1.Jagung Manis (Zea mays var. saccharata)

Jagung manis sebagai tipe tanaman jagung yang dikenal biji yang rasanya manis dan mempunyai struktur yang halus. Biji jagung manis bisa dikonsumsi secara langsung sesudah direbus atau dipanggang. Jagung manis kerap dipakai sebagai bahan pada makanan penutup, seperti es cream jagung atau puding jagung.

2.Jagung Kuning (Zea mays var. indentata)

Jagung kuning sebagai tipe tanaman jagung yang umum diketemukan di Indonesia. Biji jagung kuning mempunyai warna kuning ceria dan struktur yang semakin lebih keras dibanding jagung manis. Jagung kuning kerap dipakai sebagai bahan pada makanan setiap hari, seperti nasi jagung, bakso jagung, atau keripik jagung.

3.Jagung Bisi (Zea mays var. tunicata)

Jagung bisi ialah tipe tanaman jagung yang mempunyai biji yang lebih kecil serta lebih rapat pada tongkolnya. Tanaman jagung bisi biasanya tumbuh lebih solid serta lebih pendek dibanding jagung biasa. Jagung bisi kerap dipakai sebagai bahan pada makanan enteng, seperti popcorn atau cemilan jagung.

4.Jagung Hitam (Zea mays var. ater)

Jagung hitam sebagai tipe tanaman jagung yang mempunyai warna biji yang gelap, nyaris hitam. Jagung hitam kaya anti-oksidan dan serat, hingga mempunyai faedah kesehatan yang lebih tinggi. Biji jagung hitam kerap digunakan dalam masakan tradisional, seperti bubur jagung hitam atau kue jagung hitam.

Baca Juga  9 Buah yang Mengandung Vitamin E dan Manfaatnya

5.Jagung Hibrida (Zea mays var. hybrida)

Jagung hibrida sebagai tipe tanaman jagung yang dibuat dari persilangan di antara dua ataupun lebih varietas jagung. Tanaman jagung hibrida mempunyai keunggulan tertentu, seperti ketahanan pada hama dan penyakit dan hasil panen yang lebih bagus. Jagung hibrida benar-benar terkenal di kalangan petani modern.

6.Jagung Biji (Zea mays var. indentata)

Jagung biji sebagai tipe tanaman jagung yang ditanamkan khusus untuk diambil bijinya. Biji jagung ini biasanya dipakai sebagai pakan ternak atau bahan baku industri, seperti pembuatan minyak jagung atau tepung jagung. Tanaman jagung biji mempunyai tinggi dan tangkai yang kuat.

7.Jagung Pipil (Zea mays var. indentata)

Jagung pipil ialah tipe tanaman jagung yang mempunyai biji dengan permukaan yang tidak rata atau berlekuk-lekuk. Biji jagung pipil kerap dipakai sebagai bahan pada makanan tradisionil, seperti lemper jagung atau ketan jagung. Jagung pipil mempunyai kandungan serat yang tinggi.

8.Jagung Warna (Zea mays var. saccharata)

Jagung warna ialah tipe tanaman jagung yang mempunyai biji dengan warna yang bermacam, seperti merah, ungu, hijau, atau kombinasi warna yang lain. Tanaman jagung warna kerap dipakai sebagai bahan dalam dekorasi makanan atau makanan terbatas, seperti salad jagung warna atau sup jagung warna.

9.Jagung Ornamental (Zea mays var. japonica)

Jagung dekoratif ialah tipe tanaman jagung yang ditanamkan untuk maksud dekoratif. Tanaman jagung dekoratif mempunyai bentuk tongkol dan daun yang unik, hingga kerap dipakai sebagai hiasan taman atau percantik ruang. Jagung dekoratif mempunyai macam warna yang memikat, seperti merah, kuning, hijau, dan ungu.

10.Jagung Pagar (Zea mays var. tunicata)

Jagung pagar sebagai tipe tanaman jagung yang tumbuh dengan tinggi yang semakin lebih tinggi dibanding varietas jagung yang lain. Tanaman jagung pagar kerap dipakai sebagai pagar hidup atau peneduh alami. Disamping itu, jagung pagar bisa jadi pakan hijauan ternak.

11.Jagung Pohon (Zea mays var. tunicata)

Jagung pohon ialah tipe tanaman jagung yang mempunyai bentuk dan tinggi yang besar sekali. Tanaman jagung pohon kerap dipakai sebagai hiasan taman atau sebagai peneduh alami. Disamping itu, jagung pohon bisa memberi manfaat sebagai penyerap karbon dioksida.

12.Jagung Tebu (Zea mays var. saccharata)

Jagung tebu sebagai tipe tanaman jagung yang mempunyai tinggi dan batang yang kuat, hingga pas untuk dipakai sebagai pagar hidup atau pagar tebu. Disamping itu, jagung tebu bisa dijadikan bahan baku untuk memproduksi bioetanol.

13.Jagung Giling (Zea mays var. indentata)

Jagung giling ialah tipe tanaman jagung yang umumnya jadi bahan baku untuk memproduksi tepung jagung atau tepung maizena. Biji jagung giling diproses dengan khusus untuk hasilkan tepung yang berkualitas tinggi. Tepung jagung giling kerap dipakai dalam pembuatan kue, roti, atau makanan ringan.

Baca Juga  Manfaat Sayur Oyong: Menyehatkan Tubuh dengan Kandungan Melimpah

14.Jagung Susu (Zea mays var. saccharata)

Jagung susu ialah tipe tanaman jagung yang mempunyai biji dengan kandungan air yang lebih tinggi dan struktur yang halus. Biji jagung susu kerap dipakai sebagai bahan dalam produk olahan susu, seperti susu jagung atau yogurt jagung. Jagung susu bisa diolahmenjadi jagung manis kalengan atau produk makanan bayi.

15.Jagung Organik (Zea mays)

Jagung organik ialah tipe tanaman jagung yang ditanam memakai sistem pertanian organik, tanpa penggunaan pestisida atau pupuk kimia. Tanaman jagung organik mempunyai kualitas yang lebih bagus serta lebih ramah pada lingkungan. Jagung organik makin terkenal di kelompok customer yang perduli dengan kesehatan dan lingkungan.

Persiapan Tanam Jagung

Saat sebelum menanam jagung, ada banyak hal yang penting disiapkan:

  • Pilih benih jagung yang berkualitas. Pastikan benih yang diputuskan bebas dari hama dan penyakit. Tentukan benih yang sesuai tipe jagung yang ingin Anda tanam.
  • Persiapkan tempat yang subur dan terkena sinar matahari secara baik. Pastikan tempat terlepas dari gulma dan mempunyai drainase yang bagus.
  • Benih jagung bisa ditanamkan secara langsung di tempat atau lewat sistem penyemaian lebih dulu di lokasi yang steril. Ikuti panduan pada paket benih untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Pemeliharaan Tanaman Jagung

Supaya tanaman jagung dapat tumbuh secara baik, kerjakan perawatan yang bagus misalnya:

  • Beri pupuk yang cukup supaya tanaman jagung memperoleh gizi yang dibutuhkan. Pakai pupuk organik dan anorganik sama sesuai panduan jumlah.
  • Lakukan pengontrolan hama dan penyakit dengan teratur untuk mempertahankan kesehatan tanaman jagung. Pakai sistem pengontrolan yang ramah pada lingkungan.
  • Pastikan tanaman jagung memperoleh air yang cukup. Kerjakan penyiraman dengan teratur khususnya pada musim kemarau. Bila ada tanaman yang mati, kerjakan penyulaman dengan tanaman yang sehat.

Panen dan Saat Panen

Untuk memperoleh hasil panen yang maksimal, kerjakan hal berikut ini:

  • Lihat tanda-tanda kematangan jagung, seperti warna tongkol yang telah menguning dan biji yang telah keras. Jagung manis dapat dipanen saat bijinya telah mengeras namun tetap pada kondisi muda.
  • Sesudah dipanen, jagung perlu dikeringkan lebih dulu saat sebelum disimpan. Jagung kering bisa diletakkan dalam tempat yang kedap udara untuk jaga kwalitasnya.
  • Jagung bisa dimakan secara langsung sesudah dipanen. Anda pun bisa memprosesnya jadi beragam makanan dan produk turunan, seperti olahan jagung manis, tepung jagung, dan jagung pipilan.
Baca Juga  Manfaat Mengkonsumi Makanan Lotek untuk Kesehatan

Tips dan Trick Sukses Menanam Jagung

Berikut beberapa trick serta tips yang bisa menolong kesuksesan saat menanam jagung:

  • Pilih varietas jagung yang sesuai keadaan tempat dan cuaca di wilayah Anda.
  • Pastikan tanah terbangun kelembapannya dan mempunyai kualitas yang bagus.
  • Lakukan pemupukan dengan teratur sesuai keperluan tanaman.
  • Jaga kebersihan tempat dari gulma dan hama penyakit.
  • Amati tanaman dengan teratur dan responsif pada permasalahan yang ada.

Kesimpulan

Daftar tipe tanaman jagung di atas memberi gambaran mengenai macam varietas jagung yang terkenal di Indonesia. Dari jagung manis yang sedap sampai jagung organik yang ramah pada lingkungan, tiap tipe jagung mempunyai kekhasan dan manfaatnya sendiri. Petani bisa pilih varietas jagung yang sesuai tujuan dan kebutuhan mereka. Dengan pengetahuan yang dalam mengenai beragam tipe jagung, diharapkan petani bisa memaksimalkan hasil panen dan memberi kontributor yang lebih bagus dalam bidang pertanian Indonesia.

FAQs (Pertanyaan Umum)

Apakah jagung bisa ditanam di tanah kering?

Ya, jagung dapat tumbuh di tanah kering asalkan kelembapan tanah tetap terjaga dengan baik.

Bagaimana cara mengendalikan hama pada tanaman jagung?

Anda dapat menggunakan metode pengendalian hayati, seperti menggunakan insektisida alami atau menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar tanaman.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk panen jagung?

Waktu panen jagung tergantung pada jenis jagung yang ditanam. Biasanya, jagung bisa dipanen antara 2-3 bulan setelah tanam.

Apakah jagung bisa ditanam di pekarangan rumah?

Ya, jagung dapat ditanam di pekarangan rumah selama memiliki ruang yang cukup untuk pertumbuhannya.

Apa yang harus dilakukan jika tanaman jagung terkena serangan hama dan penyakit?

Jika tanaman jagung terkena serangan hama atau penyakit, segera lakukan pengendalian yang tepat seperti penggunaan pestisida alami atau konsultasikan dengan ahli pertanian setempat.

Inilah informasi lengkap mengenai berbagai jenis tanaman jagung dan panduan lengkap untuk menanam serta merawatnya. Dengan menanam jagung, Anda tidak hanya bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah tetapi juga mendukung ketahanan pangan negara. Jadi, ayo mulai menanam jagung di lahan Anda dan nikmati manfaatnya!