Jangan Beli Keripik Di Pasaran! Begini Cara Membuat Keripik Singkong Sendiri

biotifor.or.idCara Membuat Keripik Singkong , siapa yang nggak doyan sama camilan yang satu ini? Emang beneran, SelainKeripik Pisang , keripik singkong juga bikin nagih banget! Gimana nggak, teksturnya itu lho, renyah banget, sampe-sampe pas dimakan, kita bisa denger suara kriuk-kriuk yang bikin hati senang.

Nggak cuma enak, tapi keripik singkong juga bisa jadi canvas buat bereksperimen dengan rasa. Mulai dari yang pedas banget sampe yang manis kayak gula pasir, semuanya bisa kita coba. Ada yang suka rasa cokelat, ada yang keju banget, atau yang lebih ke arah rempah-rempah. Jadi, kita bisa pilih sesuai selera dan mood kita.

Yang seru lagi, bikin keripik singkong itu gampang banget, guys! Kita cuma butuh singkong, tepung, dan minyak goreng aja. Langkah-langkahnya juga simpel, jadi bisa dicoba di rumah. Mau buat bareng temen-temen atau buat camilan keluarga, pasti seru banget!

Jadi, nggak ada alasan buat nggak nyobain bikin keripik singkong sendiri di rumah. Ini camilan yang bisa bikin semua orang senang, dari yang muda sampe yang tua.

Cara Membuat Keripik Singkong Yang Sangat Lezat !

cara membuat keripik singkong

Nah, bagaimana cara membuat keripik singkong yang enak dan renyah? Berikut adalah beberapa langkah-langkah cara membuat keripik singkong yang bisa Anda coba di rumah:

1. Siapkan Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Pertama-tama kita perlu siapin bahan-bahan yang simpel dan gampang dicari. Pertama-tama, kita butuh beberapa buah singkong yang udah mateng tapi tetep punya kekenyalan yang oke. Singkong kuning, singkong putih, atau singkong parut, semua bisa jadi pilihan, tergantung selera kita.

Terus, kita juga butuh tepung tapioka atau tepung beras. Ini nih yang bakal bikin keripik jadi crispy dan nggak ngelempem. Jangan lupa tambahin garam buat rasa gurih, dan gula pasir buat manisnya yang pas. Oiya, jangan lupa siapin juga minyak goreng yang secukupnya buat nggoreng keripik kita nanti.

Baca Juga  Manfaat Jus Buah Alpukat: Kesehatan dan Kenikmatan dalam Setiap Minuman

Jadi, dengan bahan-bahan sederhana itu, kita udah siap untuk memulai petualangan bikin keripik singkong yang renyah dan lezat!

2. Bersihkan

Kita lanjutin dengan kupas kulitnya dan bersihin dengan baik. Nah, pas proses ini, penting banget untuk iris singkong tipis-tipis. Kenapa? Biar matangnya merata nanti saat digoreng, jadi kita nggak ada yang kecewa karena ada yang belum crispy.

Oiya, buat yang pengen hasilnya kayak keripik singkong yang transparan mirip Keripik Kaca, ada trik nih. Kita bisa merendam irisan singkong dalam air kapur sirih selama sekitar satu jam sebelum digoreng. Dijamin, hasilnya bakal kinclong banget!

Jadi, dengan irisan singkong yang pas dan trik khusus ini, kita siap untuk bikin keripik singkong yang bikin semua orang terkesima.

3. Campurkan

Kita bikin campuran tepung yang bikin keripik singkong jadi tambah istimewa. Caranya simpel banget! Kita tinggal campur aja tepung dengan garam dan gula pasir dalam satu wadah. Nah, ini lho yang bakal ngasih rasa gurih dan manis yang pas buat keripik kita.

Kalo kita pengen eksperimen lebih lanjut, bisa juga nih tambahin bumbu-bumbu lain sesuai selera kita. Mau yang rasa cokelat? Tinggal tambahin bubuk cokelat. Atau pengen yang cheesy? Keju parut bisa jadi pilihannya. Kalo suka pedas, jangan ragu untuk tambahin bubuk cabai. Pokoknya, kreasi rasa keripik singkong bisa sebebas imajinasi kita!

Jadi, dengan bumbu-bumbu yang unik ini, kita bisa bikin keripik singkong yang bener-bener jadi signature kita sendiri.

4. Panaskan Minyak

Kita udah siap buat menggoreng keripik singkong kita. Nyalain kompor, panasin minyak dalam wajan dengan api sedang sampe jadi cukup panas. Nah, ini penting banget biar keripiknya bisa crispy dan nggak berminyak berlebih.

Baca Juga  Cara Mengolah Kulit Manggis: Rahasia Kesehatan Tersembunyi

Selanjutnya, ambil irisan singkong yang udah kita siapin tadi, dan celupin ke dalam adonan tepung yang udah kita campur dengan bumbu tadi. Pastiin irisan singkong-nya kebalut dengan baik oleh tepungnya.

Setelah itu, saat minyak udah cukup panas, goreng deh irisan singkong tadi dalam minyak panas tersebut. Pantengin terus, ya, sampe warnanya berubah jadi keemasan yang menggiurkan. Begitu udah keemasan, angkat dan tiriskan dari minyak berlebih.

5. Ulangi Langkah

Kita lanjutin langkah keempat sampai semua irisan singkong kita digoreng, ya. Ini momen yang paling ditunggu-tunggu, soalnya nanti kita bakal punya banyak keripik singkong yang super lezat!

Nah, buat yang suka keripik singkong yang manis dan lengket, ada trik khusus nih. Kita bisa bikin larutan gula yang bakal ngebuat keripik kita jadi makin istimewa. Caranya, tinggal rebus gula pasir dengan sedikit air sampe mengental. Nah, pas keripik udah selesai digoreng, tinggal celupin deh tuh keripik ke dalam larutan gula yang udah kita buat tadi. Asyik banget kan?

Jadi, dengan trik manis ini, kita bisa dapetin variasi rasa keripik singkong yang beda dari yang lain.

6. Selesai

Sekarang saat yang ditunggu-tunggu: saatnya buat menikmati hasil karya kita! Keripik singkong yang renyah dan lezat ini siap banget untuk disantap.

Kalo kita masih ada sisa, supaya tetep awet dan tetap renyah, sebaiknya kita simpen dalam wadah yang kedap udara. Biar keripiknya nggak jadi lembek dan tetep bisa dinikmati dalam beberapa hari ke depan.

Akhir Kata

Itulah cara membuat keripik singkong yang bisa Anda coba di rumah. Keripik singkong bisa menjadi camilan yang lezat dan mengenyangkan, terutama bagi Anda yang suka gurih atau pedas. Keripik singkong juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan, karena banyak orang yang tertarik untuk mencicipinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!