Resep Dan Cara Membuat Tahu Aci , Mudah Dan Lezat

biotifor.or.id – Tahu aci, Salah satu makanan khas yang banget digemari di Indonesia. Begini, jadi, tahu aci itu tuh dibuat dari tahu yang dicampur sama tepung aci alias tapioka. Terus, mereka kukus dulu sampai mateng, abis itu digoreng biar kriuk-kriuk. Nah, biasanya, tahu aci disajikan dengan kuah yang pedes banget dan gurih, terus ada bawang goreng, seledri, sama kerupuk, loh. Asyik banget kan buat camilan sore atau nongkrong bareng temen-temen.

Awalnya, makanan keren ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Jadi, dulu ada pedagang namanya Pak Aci, dan dia nyoba campurin tahu sama tepung aci buat bikin tahu yang lebih kenyal dan gurih. Ide brilian ini langsung laku keras dan jadi hits banget. Sejak itu, tahu aci makin terkenal di mana-mana di Indonesia.

Tahu aci emang laku banget di sini karena rasanya yang lezat dan harganya yang pas di kantong. Di mana-mana ada, mulai dari warung pinggir jalan sampe mall. Plus, tahu aci juga punya nutrisi bagus buat badan, kayak protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, dan vitamin B. Mantap banget kan? Apalagi, katanya, tahu aci bisa ngebantu sistem imun, jagain kesehatan tulang-gigi, dan ngurangin risiko anemia. Keren, kan?

Langkah Dan Cara Membuat Tahu Aci

cara membuat tahu aci

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat tahu aci sendiri di rumah, berikut ini adalah bahan-bahan dan langkah-langkah yang perlu Anda siapkan.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat tahu aci, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut ini:

  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh kaldu bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Air secukupnya
  • 500 gram tahu putih, haluskan
  • 250 gram tepung aci atau tapioka
  • 1 sendok teh garam

Bahan untuk membuat kuah tahu aci :

  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabai rawit merah, iris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 500 ml air
  • 100 gram gula merah, sisir halus
  • 50 ml cuka masak
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh garam
Baca Juga  Resep Jamur Crispy, Rahasia Kenikmatan Renyahnya

Bahan pelengkap atau tambahan :

  • Bawang goreng secukupnya
  • Seledri cincang secukupnya
  • Kerupuk secukupnya

Langkah-langkah Membuat Tahu Aci

1. Membuat adonan tahu aci

Siapin bahan-bahan buat bikin adonan tahu aci. Pastikan tahu udah dihalusin dengan ciamik dan nggak kelembaban berlebihan.

Abis itu, campurin tahu yang udah dihalusin tadi sama tepung aci, garam, bubuk merica, kaldu bubuk, dan bawang putih yang udah dihalusin juga. Campur semuanya di wadah, terus aduk-aduk sampai jadi adonan yang kalis dan enggak bikin lengket di tangan.

Selanjutnya, ambil sebagian adonan dan bentuk jadi bola-bola kecil seukuran kelereng. Bikin bola-bola sebanyak yang kamu mau.

Nah, siapin panci kukusan, alasin dengan daun pisang atau kertas roti supaya adonan nggak nempel. Tata bola-bola adonan di atasnya dengan jarak yang agak jarang.

Kukus tuh adonan sekitar 15 menit atau sampe mateng. Trus, angkat dan dinginkan.

2. Membuat kuah tahu aci

Siap-siapin dulu bahan-bahan buat bikin kuah tahu aci, ya. Pastiin gula merah udah dikeprek halus dan bawang putih, cabai rawit, daun salam, sama lengkuas udah dipotong tipis atau diulekin.

Selanjutnya, rebus air di panci sampe mendidih. Masukin gula merah, cuka masak, kecap manis, garam, sama merica bubuk. Aduk rata sampai gula larut dan kuah kembali mendidih.

Selanjutnya, tambahin bawang putih, cabai rawit, daun salam, sama lengkuas. Masak sampe kuah mengental dan wangi. Abis itu, matiin kompor dan sisihkan aja.

3. Penyajian tahu aci

Goreng aja bola-bola tahu aci yang udah dikukus tadi dalam minyak panas sampe berubah jadi kuning kecoklatan dan crispy banget. Angkat dan biarin minyaknya nyerap.

Lalu, siapin piring buat sajikan, trus susun tahu aci di atasnya. Cemplungin kuah yang udah kamu buat tadi sesuai selera, ya.

Baca Juga  Resep Strawberry Shortcake: Dessert Yang Menggugah Selera

Nah, abis itu, taburin bawang goreng dan potongan seledri di atasnya buat tampilan tambah keren. Jangan lupa, sajikan sama kerupuk buat pelengkap yang oke banget.

Tips dan Trik dalam Membuat Tahu Aci

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan tahu aci yang enak dan gurih:

Pilih tahu yang bagus, yang nggak lembek atau keras, dan nggak bau amis.

Terus, halusin tahu pake blender atau garpu biar gampang dan cepet.

Abis itu, saring atau peras tahu yang udah dihalusin dengan kain bersih biar nggak terlalu basah dan adonannya nggak jadi cair.

Pas ngasih tepung aci, sesuaikan sama kelembaban adonan. Kalo adonannya terlalu basah, nambahin tepung aci dikit-dikit sampe adonannya kalis dan nggak lengket di tangan.

Jangan lama-lama banget waktu kukus tahu aci, biar nggak jadi kering atau keras banget.

Terakhir, goreng tahu aci pake minyak yang banyak dan panas biar hasilnya renyah dan nggak berminyak.

Ide-Ide Untuk Variasi Rasa Tahu Aci

Kamu bisa nambahin bahan-bahan ekstra ke dalam adonan tahu aci sesuai selera, kayak keju parut, wortel parut, daun bawang cincang, atau jamur yang udah dicincang.

Selain itu, ganti tepung aci dengan tepung lain yang kamu suka, misalnya tepung beras, sagu, atau maizena.

Kalo mau bikin kuah tahu aci dengan rasa berbeda, coba variasiin aja, kayak asam manis, pedas manis, kacang, atau sambal. Bebas eksplorasi rasa!

Penyimpanan Dan Pengawetan Tahu Aci

kalo kamu pengen simpen tahu aci yang belum digoreng, taruh aja dalam wadah yang kedap udara dan masukin ke kulkas. Tahu aci bisa awet sekitar 2 hari di kulkas.

Kalo udah digoreng, simpen dalam wadah yang kedap udara, tapi kali ini masukin ke freezer. Di sana, tahu aci bisa tahan sampai seminggu.

Baca Juga  Manfaat Bunga Kamboja: Menyingkap Kecantikan dan Khasiatnya

Kalo pengen hangatkan lagi tahu acinya yang udah disimpan, bisa digoreng lagi dalam minyak panas sampe kriuk-kriuk atau dikukus sampe lembut. Gampang, kan?

Nutrisi Dan Manfaat Tahu Aci

Tahu aci tidak hanya enak dan gurih, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah komposisi nutrisi dalam satu porsi tahu aci (sekitar 100 gram):

  • Zat besi: 2 mg
  • Vitamin B1: 0,1 mg
  • Vitamin B2: 0,1 mg
  • Vitamin B3: 0,5 mg
  • Kalori: 220 kkal
  • Protein: 8 gram
  • Karbohidrat: 32 gram
  • Lemak: 7 gram
  • Serat: 2 gram
  • Kalsium: 150 mg

Dari komposisi nutrisi di atas, dapat dilihat bahwa tahu aci memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Protein adalah zat yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, seperti otot, kulit, rambut, dan kuku.

Baca Juga : Resep Dan Cara Mudah Membuat Tahu Bulat Enak

Kesimpulan

Dari yang tadi kita bahas, tahu aci emang jajanan yang bukan cuma enak dan bikin nagih, tapi juga bergizi dan bermanfaat buat badan. Kalau dimakan secara teratur dan nggak berlebihan, bisa dapet banyak manfaat positif. Nah, yang lebih keren lagi, bikin tahu aci di rumah itu gampang banget, pakai bahan yang murah dan mudah dicari. Jadi, gak usah mikir panjang, yuk cobain bikin tahu aci sendiri di rumah dan nikmatin bareng keluarga atau temen-temen!