Teknik Super Cara Membuat Keripik Tempe Yang Kriuk Dan Lezat

biotifor.or.idCara Membuat Keripik Tempe , Keripik tempe, camilan yang sangat digemari di Indonesia, merupakan pilihan yang lezat untuk dinikmati di berbagai kesempatan. Proses pembuatannya pun tak sesulit yang Anda kira. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dan peralatan sederhana, lalu ikuti langkah-langkahnya dengan santai.

Untuk menciptakan keripik tempe yang nikmat, langkah pertama adalah memotong tempe tipis-tipis. Kemudian, rendam potongan tempe tersebut dalam adonan tepung yang siap digunakan. Setelah itu, tinggal menggorengnya hingga menjadi gurih dan renyah sesuai selera Anda.

Hasil akhirnya adalah camilan yang enak dan cocok sebagai teman bersantai, pelengkap hidangan, atau bahkan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Jadi, ayo coba buat keripik tempe sendiri di rumah, dan nikmati kelezatan Indonesia yang autentik!

Berikut adalah cara membuat keripik tempe yang renyah dan gurih

cara membuat keripik tempe

Bahan-bahan:

  • 1 papan tempe (sekitar 500 gram)
  • 250 gram tepung beras
  • 125 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur (jika Anda mau, ini bisa dilewatkan)
  • 1 bungkus kaldu bubuk atau royco untuk cita rasa ekstra
  • Garam secukupnya, agar rasanya pas
  • Air secukupnya, untuk menciptakan adonan yang tepat
  • Minyak goreng secukupnya, agar hasilnya renyah

Dan jangan lupa bumbu halus yang akan memberikan cita rasa khas:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 ruas kencur
  • 2-3 butir kemiri

Cara Membuat Keripik Tempe Yang Nikmat :

1. Potong Tempe

Untuk memulai, kita mulai dengan potong tempe menjadi irisan tipis dan rata, sekitar tebalnya sekitar 2 milimeter. Kamu punya beberapa opsi untuk melakukannya: bisa pakai pisau dapur yang tajam atau gunakan alat khusus yang dirancang untuk ini. Kalau ternyata tempenya terasa lembek dan sulit dipotong dengan rapi, tenang aja! Kamu bisa bekuk-bekuk tempe sebentar sebelum mulai potong, biar lebih kokoh dan gampang diolah. Gak perlu khawatir!

Baca Juga  Manfaat Terapi Lintah Khasiat Tersembunyi dari Pengobatan Alternatif

2. Siapkan Wadah

Ambil mangkuk yang gede dan luas. Nah, sekarang masukkan bahan-bahan yang kita butuhin: tepung beras, tepung tapioka, dan kalau mau bikin lebih mantap lagi, tambahin juga telur. Jangan lupa, campurkan juga kaldu bubuk dan sejumput garam ke dalam mangkuk itu. Begitu semua bahan sudah masuk satu tempat, aduk dengan lembut sampai semuanya bercampur rata. Nah, sekarang kita punya adonan yang siap buat ngelapisi irisan-irisan tempe tadi yang udah kita potong.

3. Tambahkan Air

Sambil pelan-pelan tuang air ke campuran bahan tadi. Sambil tuang air, terus aduk-aduk dengan seksama. Ideanya adalah bikin adonan yang pas, gak terlalu encer tapi juga gak terlalu keras. Kita pengen adonannya kental tapi tetap bisa lentur, biar nanti bisa nempelin sempurna ke irisan tempe. Ini langkah penting buat dapetin keripik tempe dengan rasa yang top!

4. Masukan Bumbu

tambahin bumbu halus yang udah siap tadi ke dalam adonan yang udah terbentuk. Campur bumbu halusnya ke adonan dengan merata, pastiin bumbunya bener-bener tercampur dengan baik.

5. Panaskan Minyak Goreng

panasin minyak gorengnya dalam wajan dengan api yang diatur ke tingkat sedang. Biar minyaknya sampe suhu yang cukup panas. Ini penting banget, karena proses pemanasan minyak ini yang bakal bikin keripik tempe kita nantinya jadi renyah dan super lezat pas kita goreng. Jadi, tungguin aja sampe minyaknya panas banget, ya!

6. Celup Dan Goreng

Celupin potongan tempe ke dalam adonan yang udah kita siapin, trus goreng di minyak yang udah panas tadi. Goreng sampe tempenya mateng dan berubah jadi warna kekuningan yang menggiurkan. Setelah itu, angkat tempe yang udah digoreng dan biarkann sebentar.

Baca Juga  Manfaat Kangkung: Keajaiban Hijau untuk Kesehatan Anda

7. Ulangi

ulangin langkah yang tadi di nomor 6 buat semua irisan tempe yang udah kita siapin. Jadi, kita goreng satu persatu sampe semuanya habis, ya! Pastiin minyaknya tetap panas terus dan goreng tempe sampe warnanya jadi kecokelatan dan super renyah.

8. Selesai

Setelah semua keripik tempe kelar digoreng dengan sempurna, saatnya buat menikmati hasil karyamu yang luar biasa atau simpen buat dinikmati nanti. Kamu bisa langsung sajikan keripik tempe ini buat dinikmati bareng keluarga atau teman-teman sebagai camilan yang super lezat. Tapi, kalo kamu mau simpen buat nanti juga bisa, lho! Pastiin aja kamu taro dalam wadah yang kedap udara. Dengan cara ini, keripik tempe tetap bakal ngejaga kelezatannya dan selalu siap buat kamu nikmatin kapan aja yang kamu mau.

Tips dan trik:

1. Untuk mendapatkan keripik tempe yang renyah dan tahan lama, pastikan anda menggunakan tempe yang berkualitas baik, tidak basah, dan tidak berjamur.

2. Jangan memotong tempe terlalu tebal atau terlalu tipis. Tempe yang terlalu tebal akan sulit matang dan renyah, sedangkan tempe yang terlalu tipis akan mudah gosong dan pahit.

3. Jangan menggoreng terlalu banyak potongan tempe sekaligus, karena akan menurunkan suhu minyak dan membuat keripik tempe tidak renyah.

4. Jangan menggoreng dengan api terlalu besar atau terlalu kecil. Api yang terlalu besar akan membuat keripik tempe cepat gosong di luar tapi mentah di dalam, sedangkan api yang terlalu kecil akan membuat keripik tempe berminyak dan lembek

5. Jika anda ingin menambahkan rasa pedas, anda bisa menambahkan cabai bubuk atau cabe rawit ke dalam adonan

Baca Juga : Cara Membuat Keripik Singkong Sendiri

Baca Juga  Cara Memasak Susu Sapi Murni: Nikmati Kelezatan dalam Setiap Tetesnya

Penutup

Itulah cara membuat keripik tempe yang renyah dan gurih. Keripik tempe bisa anda nikmati sebagai camilan, lauk, atau oleh-oleh. Anda juga bisa berkreasi dengan berbagai macam bumbu atau saus sesuai selera.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang cara membuat keripik tempe. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis.