Pasti Jadi ! Cara Membuat Keripik Pisang Yang Mudah Dan Enak

Posted on

biotifor.or.idCara Membuat Keripik Pisang , Tentunya kita semua tahu, keripik pisang itu memang juara banget sebagai camilan favorit yang selalu bikin ngiler! Gimana enggak ? Keripik pisang ini punya cita rasa yang manis atau gurih, tergantung selera kamu. Nah, yang seru, ternyata bikin keripik pisang di rumah tuh gampang banget, cuma butuh pisang, tepung, dan minyak goreng aja!

Oh ya, ngomong-ngomong soal rasa, keripik pisang juga bisa jadi kanvas untuk bereksperimen dengan berbagai macam bumbu. Misalnya, kamu bisa bikin keripik pisang rasa cokelat yang lezat, atau mungkin yang rasa keju yang creamy banget. Kalau suka pedas, bisa juga nambahin bumbu balado yang bikin lidah kamu merasa terbang ke langit!

Atau kalau lebih suka yang wangi rempah-rempah, tinggal tambahkan bumbu khas yang kamu suka.Intinya, keripik pisang itu bukan cuma camilan biasa, tapi juga kanvas untuk ekspresi kreatif dalam menciptakan rasa yang kamu suka.

Nah, bagaimana cara membuat keripik pisang yang enak dan renyah?

Cara Membuat Keripik Pisang Lezat Dan Renyah

cara membuat keripik pisang

Berikut adalah beberapa langkah-langkah cara membuat keripik pisang yang bisa Anda coba di rumah:

1. Bahan-Bahan

Pertama-tama, tentunya kita butuh pisang, teman-teman! Pilihlah pisang yang sudah matang tapi masih punya kekenyalan yang oke. Jenis pisangnya pun bisa disesuaikan dengan selera kita, misalnya pisang ambon yang manis, pisang kepok yang teksturnya pas, atau pisang tanduk yang bentuknya unik.

Selanjutnya, kita butuh tepung tapioka atau tepung beras. Tepung ini nantinya akan jadi bahan utama untuk melapisi pisang kita. Jangan lupa juga sedikit garam, yang akan memberikan sentuhan gurih pada keripik pisang kita.

Tak ketinggalan, gula pasir akan memberikan sentuhan manis yang pas di setiap gigitan keripik pisang kita. Terakhir, jangan lupa minyak goreng secukupnya untuk menggoreng keripik pisang sampai crispy dan menggoda!

Baca Juga  Cara Menghilangkan Nyamuk di Kamar Tips Efektif

2. Kupas kulit pisang dan iris tipis-tipis

Tips penting buat kita semua agar keripik pisang yang kita buat jadi makin sempurna! Pastikan, ya, agar irisan pisang yang kita potong itu punya ketebalan yang sama. Kenapa? Karena ketebalan yang seragam akan memastikan bahwa saat kita menggorengnya, keripik pisang kita akan matang secara merata. Jadi, enggak ada yang kelewat crispy atau yang jadi terlalu empuk.

Dan ada trik seru lagi nih, kalau kamu pengen bikin keripik pisang yang transparan kayak kaca! Caranya simpel, sebelum kita menggorengnya, rendam irisan pisang dalam air kapur sirih selama sekitar satu jam. Nah, hasilnya, keripik pisang kita bakal punya tampilan yang unik dan bening seperti kaca. Bener-bener bikin tampilan keripik pisang jadi makin menarik!

Jadi, jangan lupa nih, persiapkan irisan pisang dengan ketebalan yang seragam, dan siapkan air kapur sirih untuk kreasi keripik pisang yang bikin semua orang kagum!

3. Campurkan

Campurkan tepung dengan garam dan gula pasir dalam wadah tersebut. Ayo, aduk dengan penuh semangat sampai semua bahan ini tercampur dengan rata, sehingga garam dan gula meresap dengan sempurna ke dalam tepung. Nah, ini yang akan memberi sentuhan gurih dan manis pada keripik pisang kita.

Oh, dan ini yang seru, teman-teman! Jika kamu punya selera yang lebih eksperimental, jangan ragu untuk menambahkan bumbu-bumbu lain sesuai dengan selera kamu. Misalnya, kamu bisa menambahkan bubuk cokelat untuk cita rasa manis yang ekstra, atau keju parut untuk rasa creamy yang luar biasa. Kalau suka pedas, bubuk cabai bisa jadi pilihan, atau tambahkan rempah-rempah favoritmu untuk aroma yang khas.

Jadi, di sini, kamu punya kebebasan untuk menciptakan rasa yang kamu suka! Kombinasi bumbu-bumbu ini bakal bikin keripik pisang kita jadi camilan yang penuh karakter.

Baca Juga  Manfaat Gandum: Memahami Khasiat Bijian yang Luar Biasa

4. Goreng

Panaskan minyak dalam wajan dengan api yang sedang, biar pas panasnya. Selanjutnya, kita ambil irisan pisang yang udah kita siapkan tadi, dan celupkan mereka ke dalam adonan tepung yang udah kita buat dengan cinta. Pastikan setiap sisi pisang terbalut dengan tepung dengan merata, supaya pas digoreng, semuanya jadi crispy.

Setelah itu, tinggal goreng irisan pisang dalam minyak yang udah panas tadi. Pantau terus ya, sampai mereka berubah warna jadi keemasan yang menggoda. Begitu udah mencapai warna yang pas, angkat dengan hati-hati dan tiriskan dari minyak berlebih. Biar hasilnya tetap crunchy dan enggak berminyak berlebihan.

Jadi, ingat ya, jangan terlalu lama di minyak panas, dan kita akan punya keripik pisang yang sempurna

5. Ulangi

Kita akan mengulanginya sampai semua irisan pisang kita digoreng dengan sempurna. Jadi, pastikan setiap irisan pisang kita mendapat perlakuan yang sama, supaya semuanya jadi lezat!

Ada trik ekstra buat kamu yang pengen keripik pisang jadi manis dan lengket. Caranya, kita bisa merebus gula pasir dengan sedikit air sampai mengental. Setelah itu, saat keripik pisang masih panas dari penggorengan, kita bisa melumurinya dengan larutan gula yang udah kita buat tadi.

Ini bakal memberikan sentuhan manis yang luar biasa dan efek lengket yang bikin keripik pisang jadi makin menggoda. Jadi, kalau kamu pengen keripik pisang yang ekstra manis, jangan ragu untuk mencoba trik ini.

6. Selesai

Mantap, sekarang keripik pisang kita sudah siap untuk dinikmati! Kamu bisa langsung menyajikannya dengan gaya yang keren atau menaruhnya dalam wadah kedap udara, teman-teman.

Kalau kamu mau langsung menikmati, tinggal sajikan keripik pisangnya dan bagi-bagi dengan teman atau keluarga. Sajian yang lezat ini pasti bakal diserbu dengan cepat!

Baca Juga  Cara Menghitung Kalori Harian, Panduan Praktis untuk Semuanya

Tapi, kalau kamu punya rencana untuk menikmati keripik pisang ini nanti, pastikan kamu simpan dalam wadah kedap udara. Dengan begitu, keripik pisang akan tetap renyah dan enak meski disimpan untuk dinikmati nanti. Sambil menikmati keripik pisang yang sudah jadi kamu bisa juga sambil membaca Cara Membuat Keripik Kaca untuk menambah camilan selain keripik pisang .

Kesimpulan

Itulah cara membuat keripik pisang yang bisa Anda coba di rumah. Keripik pisang bisa menjadi camilan yang lezat dan mengenyangkan, terutama bagi Anda yang suka manis atau pedas. Keripik pisang juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan, karena banyak orang yang tertarik untuk mencicipinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.