Cara Membuat Keripik Sukun , Pasti Jadi Favorit Keluarga!

biotifor.or.idCara Membuat Keripik Sukun , Keripik sukun, si camilan lezat dan sehat! Jadi, keripik ini terbuat dari buah sukun yang bentuknya besar, kulitnya cokelat, dan isinya putih. Sukun ini kaya banget karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat buat tubuh kita. Nah, keripik sukun bisa kamu nikmatin sebagai camilan, atau bahkan jadi lauk saat makan, atau bisa juga jadi oleh-oleh buat yang lain.

Buat keripik sukun sendiri di rumah itu gak susah kok. Kamu tinggal siapin bahan-bahan sama alat yang diperlukan, terus ikuti langkah-langkahnya yang simpel. Jadi, kamu bisa bikin keripik sukun homemade yang enak dan sehat dengan mudah!

cara membuat keripik sukun
Berikut adalah cara membuat keripik sukun yang renyah dan gurih:

Bahan-Bahan Membuat Keripik Sukun

  • 1 buah sukun yang masih mentah (sekitar 1 kg)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt kapur sirih
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah Cara Membuat Keripik Sukun

1. Kupas Dan Bersihkan

Pertama, kupas sukunnya dulu ya. Setelah itu, belah sukun jadi empat bagian, dan yang penting, buang bagian tengahnya yang berisi biji. Nah, selanjutnya, iris sukun dengan ketebalan sekitar 2 mm. Kamu bisa pake pisau dapur yang tajam atau alat pemotong khusus buat motong sukun dengan rapi. Kalau ternyata sukunnya agak lembek dan susah dipotong, jangan khawatir, kamu bisa membekukannya sebentar sebelum memotongnya.

2.Siapkan Wadah

Ambil baskom yang gede, isi dengan air bersih, dan kemudian tambahkan kapur sirih dan garam ke dalamnya. Aduk semua bahan ini dengan baik sampai merata. Selanjutnya, masukkan irisan sukun ke dalam air larutan kapur sirih tadi, dan biarkan merendam selama lima jam. Ini punya manfaat penting, karena akan menghilangkan getah dan bau yang mungkin ada pada sukun, serta membuat keripik sukun kita nanti jadi lebih renyah dan enak.

Baca Juga  Gejala Usus Buntu : Tanda-Tanda Yang Tidak Boleh Diabaikan

3. Haluskan Bawang

Buat bumbu dari bawang putih. Caranya gampang, haluskan bawang putih dengan cara ditumbuk atau diblender. Kalau perlu, tambahkan sedikit air supaya lebih mudah haluskannya. Setelah bawang putihnya halus, sisihkan dulu ya.

4. Panaskan Minyak

Panasin minyak goreng dalam wajan dengan api sedang sampai minyaknya cukup panas. Setelah itu, angkat irisan sukun dari air larutan kapur sirih, dan jangan lupa untuk nge-tiriskan airnya dulu.

Nah, selanjutnya, lumuri irisan sukun dengan bawang putih halus yang udah kita siapin tadi. Setelah irisan sukun kebalut bumbu bawang putih, goreng deh irisan sukun ini di dalam minyak panas sampai matang dan berubah warna jadi kecokelatan yang menggoda selera. Setelah matang, angkat dan tiriskan keripik sukun yang udah kita goreng tadi.

5. Ulangi

Ulangi langkah nomor 4 untuk semua irisan sukun yang kita punya sampai semuanya habis digoreng. Jadi, teruskan prosesnya sampai semua keripik sukun kita jadi. Pastikan minyak tetap panas dan irisan sukun digoreng hingga kecokelatan dan super renyah.

6. Selesai

Keripik sukun yang udah siap ini bisa langsung kamu sajikan untuk dinikmati bareng teman-teman atau keluarga sebagai camilan lezat. Tapi, kalau kamu pengen simpen untuk dinikmati nanti, pastikan kamu taro dalam wadah yang kedap udara, ya. Dengan cara ini, keripik sukun tetap akan tetap renyah dan enak, siap buat kamu nikmati kapan aja yang kamu pengen.

Baca Juga : Teknik Super Cara Membuat Keripik Tempe Yang Kriuk Dan Lezat

Tips Dan trik

1. Renyah Tahan Lama

Supaya keripik sukun yang betul-betul renyah dan bisa tahan lama, pastikan banget deh kamu pilih sukun yang berkualitas bagus. Pastikan sukunnya kering, gak basah, dan tentunya bebas dari jamur. Kualitas sukun yang baik akan berpengaruh besar pada hasil akhir keripik sukunmu. Jadi, pastikan kamu pilih sukun yang terbaik untuk kreasi camilan yang enak dan tahan lama!

Baca Juga  Manfaat Asam Amino Untuk Tanaman : Pertumbuhan, Produktivitas

2. Ukuran

Ingat ya, jangan potong sukun terlalu tebal atau terlalu tipis. Kalau terlalu tebal, sukunnya bisa susah banget matang dan jadi renyah. Tapi, kalau terlalu tipis, risiko sukunnya bisa gosong dan rasanya jadi pahit. Jadi, usahakan potongan sukunmu pas, agar kamu bisa dapetin keripik sukun yang sempurna, renyah, dan lezat!

3. Takaran Memasak

Jangan goreng terlalu banyak irisan sukun sekaligus, ya! Soalnya, kalau terlalu banyak, suhu minyaknya bisa turun dan akhirnya bikin keripik sukun jadi kurang renyah. Jadi, lebih baik goreng dalam jumlah yang sesuai dengan kapasitas wajan kamu, biar keripiknya tetap maksimal renyahnya.

4. Ukuran Api

Penting banget nih, jangan gunakan api terlalu besar atau terlalu kecil saat menggoreng keripik sukun. Api yang terlalu besar bisa bikin keripik jadi cepat gosong di luar tapi masih mentah di dalamnya. Tapi, kalau api terlalu kecil, malah bisa bikin keripik sukun jadi berminyak dan lembek. Jadi, pilih api yang pas, biar kita bisa dapetin keripik sukun yang renyah dan enak di setiap gigitannya.

5. Rasa

Kalau kamu suka pedas, kamu bisa tambahkan rasa pedas ke keripik sukunmu. Caranya gampang, cukup tambahkan cabai bubuk atau cabe rawit ke dalam bawang putih halus yang udah disiapin tadi. Ini akan memberikan sentuhan pedas yang bikin keripik sukunmu makin menggigit!

Penutup

Nah, begitulah cara membuat keripik sukun yang super renyah dan gurih. Kamu bisa menikmatinya sebagai camilan, bisa juga jadi lauk, atau dibawa sebagai oleh-oleh yang pasti disukai banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa bereksperimen dengan berbagai macam bumbu atau saus sesuai dengan selera dan keinginanmu.

Baca Juga  Kandungan Vitamin Wortel Rahasia Kesehatan yang Tersembunyi

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu menambah pengetahuan tentang cara membuat keripik sukun yang lezat. Terima kasih banyak ya telah membaca artikel ini sampai habis. Semoga kamu sukses dalam membuat dan menikmati keripik sukun buatan sendiri!