Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu: Panduan Lengkap

Posted on

biotifor.or.idCara Membedakan Emas Asli dan Palsu – Emas adalah investasi yang paling bernilai dan dicari di dunia. Beberapa orang memutuskan untuk melakukan investasi dalam emas karena nilainya yang konstan dan condong bertambah seiring berjalannya waktu. Tetapi, membedakan di antara emas asli dan palsu bisa jadi pekerjaan yang susah, terlebih bila kamu tidak mempunyai pengetahuan yang cukup. Artikel berikut akan memberi tutorial komplet mengenai cara membedakan emas asli dan palsu, hingga kamu bisa membuat perlindungan investasi kamu dengan lebih bagus.

Mengenal Emas Asli

Saat sebelum kita pahami bagaimana cara membedakan emas palsu, penting untuk mengenali beberapa ciri emas asli lebih dulu. Berikut beberapa karakter khusus emas asli:

  1. Warna: Emas murni mempunyai warna kuning yang unik. Emas palsu atau emas yang digabung logam lain kemungkinan mempunyai warna lebih pucat atau mungkin tidak sejelas emas asli.
  2. Berat Jenis: Emas mempunyai berat tipe yang lebih tinggi, hingga lebih berat dibanding logam lain sama ukuran yang masih sama. Kamu bisa menghitung berat tipe emas dengan memakai neraca khusus yang disebutkan densimeter emas.
  3. Uji Asam Nitrat: Kamu bisa mengetes emas dengan memoleskannya dengan sedikit asam nitrat. Emas asli tidak bereaksi pada asam nitrat, sedangkan logam palsu seperti kuningan atau perak akan hasilkan reaksi kimia.
  4. Uji Magnetik: Emas asli tidak memiliki sifat magnetik, menjadi bila kamu memakai magnet pada emas dan tidak ada tarikan magnetik, itu kemungkinan ialah emas asli.
  5. Pemeriksaan Logam: Sebuah tes pembesaran bisa menolong kamu mengecek permukaan emas lebih detil. Emas asli akan mempunyai susunan permukaan lebih lembut dan seragam dibanding emas palsu atau perhiasan berlapis emas.
  6. Tanda dan Cekungan: Emas asli umumnya mempunyai pertanda yang memperlihatkan kandungan emasnya, seperti “24K” untuk emas murni atau “18K” untuk emas 75% murni. Cengkungan atau cap produsen kerap diciptakan pada perhiasan emas asli.
  7. Uji Batu Uji Asam: Batu tes asam bisa dipakai untuk mengetes orisinalitas emas. Saat batu ini digosok-gosokkan pada emas, dia akan tinggalkan sisa warna hitam atau hijau bila emas itu palsu.
  8. Sertifikat: Perhiasan atau investasi emas yang asli kerap dibarengi sertifikat orisinalitas yang dikeluarkan oleh faksi berkuasa atau laboratorium gemologi.
Baca Juga  Cara Membersihkan Kompor Gas yang Kotor, Simak

Penting untuk dikenang jika mengenal emas asli bisa membutuhkan alat khusus dan pengetahuan lebih dalam, terlebih bila kamu bermasalah dengan investasi emas. Diskusikan dengan pakar atau pedagang emas yang paling dipercaya bila kamu tidak percaya mengenai orisinalitas emas yang kamu punyai.

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

1. Uji Banting

Menggantungkan dan menjatuhkan emas adalah salah satu metode paling umum untuk menguji keaslian emas. Emas asli cenderung lebih tahan terhadap benturan dan tidak akan mengalami deformasi yang signifikan ketika jatuh. Namun, emas palsu atau campuran logam lainnya bisa patah atau tergores dengan lebih mudah.

2. Uji Magnet

Cara membedakan emas asli dan palsu yang selanjutnya. Emas asli tidak bersifat magnetik, jadi jika kamu mendekatkan magnet ke emas dan tidak ada tarikan, itu adalah tanda emas asli. Sebaliknya, emas palsu atau emas yang dicampur dengan logam magnetik akan tertarik oleh magnet.

3. Uji Berat Jenis

Berat jenis emas asli adalah sekitar 19,3 gram per sentimeter kubik. Kamu dapat mengukur berat dan volume emas untuk menghitung berat jenisnya. Jika hasilnya sangat berbeda dari angka ini, kemungkinan besar itu adalah emas palsu atau campuran.

4. Uji Asam Nitrat

Uji ini melibatkan penggunaan asam nitrat, yang merupakan bahan kimia berbahaya. Seorang ahli akan merespons sampel emas dengan asam nitrat. Emas asli tidak akan bereaksi terhadap asam nitrat, sementara logam palsu atau campuran lain akan menghasilkan reaksi kimia, seperti perubahan warna atau berbuih.

5. Pemeriksaan Sertifikat

Cara membedakan emas asli dan palsu yang berikutnya. Jika kamu membeli emas dari toko emas terpercaya, pastikan untuk meminta sertifikat keaslian. Sertifikat ini akan mencantumkan informasi terkait komposisi emas, berat, dan kadar kemurnian, sehingga kamu dapat yakin mengenai keaslian emas tersebut.

Baca Juga  Prakiraan Cuaca di Indonesia : Waspada Hujan disertai Kilat

6. Uji Goresan

Cobalah menggoreskan emas pada permukaan yang tidak terlihat dengan benda logam yang lebih lunak, seperti ujung belakang gigi atau kuku kamu. Emas asli akan meninggalkan jejak goresan yang halus, sementara emas palsu atau campuran logam lain mungkin akan meninggalkan tanda goresan yang lebih dalam atau berubah warna.

7. Uji Uap Air

Cara membedakan emas asli dan palsu yang terakhir. Kamu dapat mencoba meletakkan emas di atas kompor atau sumber panas yang lemah. Emas asli tidak akan berubah warna atau menghasilkan asap ketika terpapar panas. Emas palsu atau campuran lainnya mungkin akan berubah warna atau mengeluarkan asap.

Penting untuk dicatat bahwa beberapa emas palsu mungkin sangat mirip dengan emas asli, dan teknik di atas tidak selalu memberikan hasil yang pasti. Oleh karena itu, jika kamu memiliki keraguan, sebaiknya minta bantuan dari ahli emas atau pergi ke toko emas yang terpercaya untuk melakukan uji lebih lanjut. Keaslian emas sangat penting, terutama jika kamu berinvestasi dalam emas fisik atau membeli perhiasan emas berharga.

Kesimpulan

Memahami cara membedakan emas asli dan palsu adalah penting untuk melindungi investasi kamu. Pastikan untuk memeriksa ciri-ciri fisik emas, melakukan uji- uji sederhana, dan membeli dari sumber terpercaya. Dengan langkah-langkah ini, kamu dapat yakin bahwa kamu berinvestasi dalam emas asli yang berharga.

Setelah membaca artikel ini, kamu mungkin masih memiliki beberapa pertanyaan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang membedakan emas asli dan palsu:

FAQ

  1. Apakah semua emas palsu memiliki warna yang berbeda?
    Tidak, tidak semua emas palsu memiliki warna yang berbeda, tetapi sebagian besar memiliki warna yang lebih cerah atau tidak khas dibandingkan emas asli.
  2. Mengapa uji berat jenis penting?
    Uji berat jenis penting karena emas asli memiliki berat jenis yang sangat khas. Pengukuran yang tidak sesuai bisa menjadi indikasi emas palsu.
  3. Bagaimana cara mengetahui apakah emas memiliki cap kualitas?
    Kamu dapat memeriksa cap kualitas pada perhiasan emas, biasanya terletak di dalam cincin atau kalung. Cap tersebut biasanya berisi informasi tentang kualitas dan berat emas.
  4. Apakah semua emas asli akan terasa berat?
    Ya, emas asli akan terasa lebih berat dibandingkan dengan logam palsu atau campuran logam lainnya.
  5. Bagaimana jika saya masih ragu tentang keaslian emas yang saya miliki?
    Jika kamu masih meragukan keaslian emas, sebaiknya kamu membawa emas tersebut ke ahli logam mulia atau toko perhiasan terpercaya untuk diperiksa lebih lanjut.
Baca Juga  Cara Memilih Durian yang Manis dan Legit, 100% Akurat!

Jangan ragu untuk menghubungi kami jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan bantuan dalam mengidentifikasi emas asli. Terima kasih telah membaca!