Manfaat Tempe: Mengungkap Keajaiban Makanan Khas Indonesia

Posted on

biotifor.or.id – Di Indonesia, tempe ialah makanan yang sudah jadi bagian tak terpisah dari adat kulineran serta budaya. Tempe ialah produk olahan kedelai yang terkenal dan diketahui mengandung banyak manfaat kesehatan.

Artikel berikut akan mengulas manfaat tempe yang mengagetkan dan bagaimana makanan ciri khas Indonesia ini bisa memberi imbas positif pada kesehatan serta pola hidup.

Apa Itu Tempe?

Saat sebelum mengulas manfaatnya, mari kita kenali apa itu tempe. Tempe adalah makanan yang berasal dari kedelai yang difermentasi dengan  bantuan jamur Rhizopus oligosporus. Reaksi peragian ini jadikan tempe kaya beragam gizi yang berguna untuk badan.

Tempe bisa diolah menjadi banyak pilihan masakan. Mulai dari keripik, sayur, bahkan sambal. Dengan banyaknya pilihan tersebut, kadang kita lupa betapa besar kandungan gizi yang tempe punya. Di bawah ini kami akan menjelaskan apa saja kandungan gizi yang dimiliki oleh tempe.

Baca Juga | Manfaat Kacang Merah: Berkhasiat dan Menyehatkan

Kandungan Gizi dalam Tempe

Sebagaimana yang sudah kami singgung sebelumnya, tempe ialah makanan yang kaya nutrisi dan banyak memiliki nilai nutrisi penting. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam tempe di antaranya ialah:

Protein Tinggi

Tempe memiliki kandungan protein tinggi yang fundamental untuk perkembangan dan pembaruan jaringan tubuh. Untuk vegetarian atau vegan, tempe menjadi sumber protein yang bagus serta sehat.

Serat Alami

Serat alami dalam tempe menolong tingkatkan pencernaan dan menghambat sembelit. Kandungan serat ini menolong jaga berat tubuh yang sehat. Secara tidak langsung, tempe berguna dan bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami gangguan pencernaan dan susah buang air besar.

Kaya Vitamin B

Tempe memiliki kandungan beragam jenis vitamin B, termasuk B2, B3, B5, B6, serta B9 (asam folat). Vitamin B berperan penting saat mempertahankan kesehatan otak dan sistem saraf.

Baca Juga  Mitos Malam 1 Suro: Memahami Tradisi dan Maknanya

Mineral Penting

Tempe memiliki kandungan mineral penting seperti zat besi, kalsium, magnesium, serta fosfor. Zat besi menolong menghambat anemia, sedangkan kalsium serta fosfor mempertahankan kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga | Segudang Manfaat Kacang Arab yang Masih Jarang Diketahui

Manfaat Kesehatan Tempe

Manfaat Kesehatan Tempe

Setelah membahas secara ringkas kandungan gizi yang tempe miliki, selanjutnya kita akan apa saja manfaat kesehatan yang akan kita dapat jika mengonsumsinya. Tempe mempunyai beragam manfaat kesehatan yang hebat, di antaranya:

Melindungi Kesehatan Jantung

Kandungan protein nabati, serat, dan asam lemak omega-3 dalam tempe bisa menolong mempertahankan kesehatan jantung. Tempe bisa kurangi resiko penyakit kardiovaskular. Bagi Anda yang khawatir terhadap kesehatan jantung Anda sekarang ini, tidak ada salahnya jika memperbanyak konsumsi tempe.

Mengontrol Gula Darah

Tempe mempunyai index glikemik yang rendah, hingga menolong atur kandungan gula darah. Ini jadi manfaat penting untuk pasien diabetes.

Turunkan Cholesterol

Serat dalam tempe bisa menolong turunkan kandungan cholesterol LDL (cholesterol jahat) pada darah, mempertahankan kesehatan kardiovaskular.

Jaga Berat Tubuh

Kandungan serat dan protein dalam tempe memberi rasa kenyang lebih lama, menolong jaga berat tubuh yang sehat. Ini merupakan kabar baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, mengonsumsi tempe dalam jumlah banyak pun kemungkinan kecil akan menambah berat badan.

Tingkatkan Mekanisme Kekebalan Tubuh

Mineral dan vitamin dalam tempe menolong tingkatkan mekanisme kekebalan tubuh, membuat perlindungan dari penyakit serta infeksi.

Tingkatkan Kesehatan Tulang

Kalsium, magnesium, serta fosfor dalam tempe berperan penting saat jaga kepadatan tulang dan menghambat osteoporosis.

Baca Juga | Manfaat Kacang Edamame: Meningkatkan Kesehatan dengan Gizi

Tempe dalam Kulineran Indonesia

Sampai saat ini, sangat sedikit orang yang tidak kenal atau mencicipi tempe selama hidupnya. Pasalnya, tempe adalah makanan semua kalangan. Selain menyehatkan, tempe juga memiliki rasa unik yang sulit ditemukan pada makanan lain.

Baca Juga  Efek Samping Minuman Bersoda yang Perlu Anda Ketahui

Bermacam Masakan Tempe

Indonesia mempunyai banyak masakan tempe yang sedap dan membangkitkan hasrat. Dimulai dari tempe goreng, tempe mendoan, tempe bacem, sampai sayur tempe, semua tawarkan cita-rasa yang unik dan membangkitkan selera.

Sumber Protein Pilihan

Untuk vegetarian atau vegan, tempe ialah sumber protein pilihan yang sedap dan yang bergizi. Makanan ini pas untuk yang jalani diet tinggi protein.

Ragam Tempe di Dunia

Bukan hanya di Indonesia, tempe memperoleh perhatian di beberapa negara di dunia. Bahkan juga, beberapa negara sudah membuat varian tempe sesuai bahan lokal yang ada.

Tempe di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, tempe sudah jadi opsi idola untuk mereka yang inginkan makanan yang bergizi serta sehat.

Tempe di Eropa

Di Eropa, tempe memperoleh tempat di hati banyak pencinta kulineran yang perduli akan kesehatan.

Ringkasan

Tidak disangsikan lagi, tempe ialah makanan ciri khas Indonesia yang banyak memiliki manfaat kesehatan serta nutrisi. Dengan kandungan gizi yang berlimpah, tempe adalah makanan yang pantas diperhitungkan untuk jadi bagian dari skema makan setiap hari. Silahkan cicipi tempe dan rasakan manfaat hebatnya!

Pertanyaan Umum

  • Apa cara terbaik menyajikan tempe?
    Untuk menyajikan tempe, Anda dapat menggorengnya, memprosesnya jadi tumisan, atau mengolahnya dengan bumbu sesuai dengan selera Anda.
  • Dapatkah tempe jadi pilihan untuk orang yang alergi susu?
    Tentu! Tempe ialah sumber protein pilihan yang bagus untuk orang yang alergi susu atau menjalankan diet vegan.
  • Berapa lama periode simpan tempe?
    Tempe dapat diletakkan dalam kulkas selama sekitaran 5-7 hari sesudah pembelian atau penganan.
  • Apa tempe dapat menolong turunkan berat tubuh?
    Ya, kandungan serat dan protein dalam tempe menolong memberi rasa kenyang lebih lama, yang bisa menolong dalam program pengurangan berat tubuh.
  • Apa tempe pas untuk pasien diabetes?
    Tentu! Tempe mempunyai index glikemik rendah, hingga pas untuk menolong atur gula darah untuk pasien diabetes.