18 Manfaat Buah Nangka: Menyegarkan, Bergizi, dan Berkhasiat

Biotifor.or.idManfaat Buah Nangka-Buah nangka, yang dikenal juga sebagai “jackfruit” dengan bahasa Inggris, adalah buah tropis yang terkenal di Indonesia. Buah ini mempunyai kulit yang kasar dan berduri dengan daging yang manis dan wangi. Selainnya jadi cemilan favorite beberapa orang, buah nangka kaya gizi dan banyak memiliki faedah untuk kesehatan. Dalam artikel berikut, kita akan mengulas mengenai bermacam manfaat kesehatan dari buah nangka.

Deskripsi Buah Nangka

Manfaat Buah Nangka

Buah nangka mempunyai ukuran besar dan bisa capai berat sampai 30 kg. Kulitnya warna hijau atau kuning saat masak, dan duri-duri yang tutupi kulitnya memberi perlindungan dari hewan pemangsa. Saat dipotong, sisi dalam buah nangka memiliki kandungan beragam gumpalan daging yang warna kuning keemasan dan beraroma manis.

Kandungan Gizi Buah Nangka

Buah nangka adalah sumber gizi yang kaya dan berguna untuk kesehatan. Berikut beberapa nilai nutrisi penting pada buah nangka:

1.Karbohidrat dan Serat

Buah nangka memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang memberi energi berkesinambungan untuk badan. Disamping itu, kandungan serat yang lebih tinggi menolong tingkatkan pencernaan dan kurangi dampak negatif sembelit.

2.Vitamin dan Mineral

Buah nangka kaya beragam mineral dan vitamin, termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin B6, tiamin, riboflavin, folat, magnesium, kalium, dan mangan. Vitamin C berperanan penting saat tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh, sedangkan kalium menolong mempertahankan kesehatan jantung.

3.Anti-oksidan

Buah nangka memiliki kandungan anti-oksidan, seperti flavonoid dan karotenoid, yang menolong melawan radikal bebas pada tubuh. Anti-oksidan ini membuat perlindungan beberapa sel badan dari kerusakan dan bisa kurangi resiko penyakit degeneratif.

4.Menyehatkan Kulit

Buah nangka memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi, yang disebut anti-oksidan kuat yang menolong menantang radikal bebas yang menghancurkan kulit. Konsumsi buah nangka dengan teratur bisa menolong jaga kulit masih tetap sehat, menghambat penuaan awal, dan kurangi dampak negatif kerusakan kulit karena cahaya UV.

5.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C bukan hanya bagus untuk kulit, tapi juga berperanan penting saat tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh. Dengan mempunyai mekanisme ketahanan tubuh yang kuat, badan dapat gampang melawan infeksi dan penyakit.

6.Jaga Kesehatan Jantung

Buah nangka memiliki kandungan serat, kalium, dan anti-oksidan yang bisa menolong mempertahankan kesehatan jantung. Kalium menolong mengontrol tekanan darah, sedangkan serat menolong kurangi kandungan cholesterol pada darah. Anti-oksidan dalam buah nangka menolong menantang infeksi dan menghambat kerusakan sel yang bisa mengakibatkan penyakit jantung.

Baca Juga  Manfaat Buah Kesemek: Kaya Manfaat untuk Kesehatan Anda

7.Meningkatkan Pencernaan

Kandungan serat yang lebih tinggi dalam buah nangka membuat jadi makanan yang bagus untuk tingkatkan pencernaan. Serat menolong membuat lancar proses pencernaan dan menghambat sembelit.

8.Menyediakan Energi

Buah nangka memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang bisa memberi energi bertahan lama. Makan buah nangka bisa menolong memelihara stamina dan menangani rasa capek.

9.Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan pada vitamin A dalam buah nangka penting untuk mempertahankan kesehatan mata. Vitamin A menolong jaga pandangan masih tetap tajam dan bisa menghambat keadaan mata seperti rabun senja.

10.Tingkatkan Kesehatan Tulang

Mineral penting seperti kalsium dan magnesium dalam buah nangka berperanan saat mempertahankan kesehatan tulang. Kalsium dibutuhkan untuk membuat tulang yang kuat, dan magnesium menolong peresapan kalsium oleh badan.

11.Mengurangi Resiko Kanker

Buah nangka memiliki kandungan senyawa fitokimia seperti lignan, isoflavon, dan saponin, yang sudah bisa dibuktikan mempunyai dampak anti-kanker. Konsumsi buah nangka dengan teratur bisa menolong kurangi dampak negatif perubahan beberapa macam kanker.

12.Memberikan dukungan Fungsi Otak

Kandungan pada vitamin B6 dalam buah nangka berperanan saat memberikan dukungan peranan otak. Vitamin B6 menolong produksi neurotransmiter yang berperanan dalam pengaturan suasana hati dan peranan kognitif.

13.Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Selainnya vitamin C, buah nangka memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang berguna untuk mempertahankan kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A menolong jaga kelembapan kulit dan menghambat kerusakan, sedangkan vitamin E berperanan sebagai anti-oksidan untuk menantang radikal bebas.

14.Menyehatkan Sistem Pencernaan

Serat dalam buah nangka menolong merangsang pergerakan usus dan menghambat sembelit. Disamping itu, enzim dalam buah nangka bisa menolong mengolah makanan dengan lebih bagus.

15.Meningkatkan Kualitas Tidur

Kandungan magnesium dalam buah nangka bisa menolong menentramkan mekanisme saraf dan menurunkan depresi. Ini bisa menolong tingkatkan kualitas tidur dan menangani permasalahan tidur seperti insomnia.

16.Mengandung Anti-oksidan Tinggi

Buah nangka memiliki kandungan beragam tipe anti-oksidan seperti flavonoid dan karotenoid yang menolong membuat perlindungan beberapa sel badan dari kerusakan karena radikal bebas.

17.Menjaga Kesehatan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor dalam buah nangka berperanan penting saat mempertahankan kesehatan gigi dan tulang. Kalsium menolong perkuat gigi, dan fosfor menolong jaga mineral gigi masih tetap imbang.

18.Mengurangi Depresi

Buah nangka memiliki kandungan mineral magnesium yang menolong kurangi tingkat stres dan kekhawatiran. Konsumsi buah nangka bisa menolong berasa semakin tenang dan santai.

Langkah Konsumsi Buah Nangka

Buah nangka bisa dimakan dalam beragam langkah. Beberapa salah satunya ialah:

  • Buah nangka bisa dikonsumsi langsung kupas kulitnya dan makan dagingnya langsung.
  • Buah nangka kerap dipakai dalam masakan, seperti gulai, kari, atau oseng, memberi cita-rasa manis dan sedap.
Baca Juga  Cara Membuat Ayam Kecap Yang Lezat Dan Praktis

Penggunaan Nangka dalam Olahan Makanan

Disamping itu, buah nangka bisa juga dibuat jadi kudapan, smoothie, atau sajian penutup, menambahkan macam dalam konsumsi setiap hari.

Resep Makanan dengan Buah Nangka

Berikut beberapa resep makanan sedap yang memakai buah nangka:

Nangka Crispy

Beberapa bahan:
  • 500 g daging buah nangka, potong tipis
  • 1/2 cangkir tepung terigu
  • 1/2 cangkir tepung beras
  • 1 sdt bubuk cabe
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak goreng seperlunya
Langkah memasak:
  • Campur tepung terigu, tepung beras, bubuk cabe, dan garam dalam mangkok.
  • Masukan potongan daging buah nangka ke paduan tepung dan aduk sampai rata.
  • Panasi minyak goreng dalam wajan.
  • Goreng daging buah nangka sampai krispi dan warna keemasan.
  • Keringkan dan suguhkan.

Nangka Gulai

Bahan-bahan:
  • 500 g daging buah nangka, potong kotak
  • 1 kaleng santan
  • 2 helai daun salam
  • 1 tangkai serai, memarkan
  • 2 sdm minyak kelapa

Bumbu lembut: bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, cabai merah, garam, gula, dan merica seperlunya

Langkah mengolah:
  • Tumis bumbu lembut dengan minyak kelapa sampai wangi.
  • Masukan potongan daging buah nangka dan aduk sampai bercampur rata dengan bumbu.
  • Tuang santan, daun salam, dan serai. Masak sampai daging buah nangka empuk dan bumbu menyerap.
  • Suguhkan dengan nasi hangat.

Smoothie Buah Nangka

Beberapa bahan:
  • satu gelas daging buah nangka masak
  • 1 pisang matang
  • 1 cangkir susu almond
  • 1 sdm madu
  • Es batu seperlunya
Langkah membuat:
  • Blender seluruh bahan sampai halus dan kental.
  • Tuang di gelas dan tambah es batu sesuai dengan selera.
  • Suguhkan segera.

Panduan Pilih dan Simpan Buah Nangka

Saat pilih buah nangka, pastikan untuk pilih buah yang masak dan mempunyai aroma yang harum. Kulitnya harus kelihatan sedikit benyek dan memberikan sedikit penekanan saat ditekan. Untuk simpan buah nangka yang masih belum dikonsumsi, taruh dalam almari es untuk perlambat proses pematangan.

Peringatan dan Efek Samping

Walaupun buah nangka banyak memiliki manfaat, tapi ada banyak hal yang penting diwaspadai. Sebagian orang kemungkinan alami alergi pada buah nangka, terlebih bila mempunyai riwayat alergi pada buah berduri. Disamping itu, karena kandungan gula dalam buah nangka, orang dengan diabetes harus mengkonsumsinya dengan arif.

Kesimpulan

Buah nangka tidak cuma menggembirakan di lidah tapi juga memberi banyak manfaat kesehatan yang hebat. Dari kulit sampai kesehatan jantung, mekanisme pencernaan, dan peranan otak, buah nangka banyak memiliki manfaat untuk dijajakan. Menambah buah nangka ke skema makan setiap hari bisa tingkatkan kesehatan keseluruhannya.

Baca Juga  Manfaat Daun Keji Beling Untuk Batu Ginjal

FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Apa buah nangka pas untuk orang dengan diabetes?

Ya, buah nangka mempunyai index glikemik rendah, hingga aman dimakan oleh orang dengan diabetes bila dimoderasi.

Bagaimanakah cara pilih buah nangka yang masak?

Tentukan buah yang mempunyai kulit kuning ceria dan wewangian wangi. Bila kulitnya terlampau halus atau berlubang, seharusnya jauhi membeli.

Apa buah nangka memiliki kandungan gluten?

Tidak, buah nangka bebas gluten dan bisa jadi alternative makanan untuk pasien celiac.

Berapakah lama buah nangka dapat diletakkan?

Buah nangka fresh bisa diletakkan di almari es sepanjang 2-3 hari. Bila ingin lebih bertahan lama, potong dan peti-eskan daging buahnya.

Bagaimanakah cara menyuguhkan buah nangka?

Buah nangka dapat dikonsumsi secara langsung fresh, dibuat jadi juice, atau diolah dalam beragam sajian manis atau renyah.

Apa buah nangka bisa menolong turunkan berat tubuh?

Buah nangka rendah kalori dan tinggi serat, hingga bisa menolong dalam program pengurangan berat tubuh.

Bagaimanakah cara pilih buah nangka yang bagus?

Pastikan untuk pilih buah yang masak dan mempunyai wewangian yang wangi. Kulitnya harus kelihatan sedikit benyek dan memberikan sedikit penekanan saat didesak.

Apa buah nangka aman dimakan oleh ibu hamil?

Ibu hamil bisa konsumsi buah nangka dengan bijaksana sebagai sisi dari diet sehat mereka, tapi diskusikan sama dokter awalnya.

Dapatkah saya konsumsi buah nangka bila saya mempunyai diabetes?

Orang dengan diabetes harus konsumsi buah nangka dengan bijaksana karena kandungan gulanya.

Apa buah nangka bisa menolong tingkatkan kualitas kulit?

Vitamin C dan anti-oksidan dalam buah nangka berperanan saat jaga kulit masih tetap sehat dan bercahaya.