7 Resep Bekal Anak Sekolah Yang Sederhana Dan Bergizi

Posted on

biotifor.or.idResep Bekal Anak Sekolah , Anda ingin menyajikan bekal yang sehat dan lezat untuk anak Anda, tetapi Anda kehabisan ide? Anda tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan memberikan Anda beberapa resep bekal anak sekolah yang sederhana dan bergizi, yang bisa Anda coba di rumah. Resep-resep ini tidak hanya mudah dibuat, tetapi juga menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat.

Kalian bisa membuat variasi menu bekal anak Anda dengan menggunakan bahan-bahan seperti nasi, daging, udang, makaroni, sayuran, dan sushi. Anda juga bisa menyesuaikan rasa dan porsi sesuai dengan selera dan kebutuhan anak Anda.

Resep Bekal Anak Sekolah Yang Simpel Dan Menarik

resep bekal anak

Dengan resep-resep ini, Anda bisa membuat bekal anak Anda menjadi lebih menarik dan menggugah selera. Anak Anda pasti akan senang dan sehat. Yuk, simak resep-resep bekal anak sekolah yang sederhana dan bergizi berikut ini.

1. Nasi Abon Rambutan

Resep pertama yang dapat dicoba adalah nasi abon rambutan, sebuah menu kreatif yang menghadirkan tampilan nasi yang dibentuk menyerupai buah rambutan dan diisi dengan abon sapi. Pembuatan hidangan ini cukup sederhana, memerlukan persiapan nasi putih, abon sapi, nori, telur rebus, selada, dan wijen hitam. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Persiapkan semua bahan yang dibutuhkan, ambil sejumlah nasi, lalu bentuk menjadi bola dengan tangan dan pipihkan.
  2. Isi bola nasi dengan abon, bulatkan kembali, dan pipihkan sekali lagi.
  3. Tekan-tekan di atas selembar nori dan tambahkan bagian atasnya untuk menyerupai rambut-rambutan.
  4. Tata hasilnya di dalam wadah bekal dan lengkapi dengan telur rebus, selada, serta wijen hitam sesuai dengan selera Anda.

2. Beef Teriyaki

Beef Teriyaki merupakan hidangan yang terdiri dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu teriyaki, memberikan rasa manis dan gurih yang khas. Untuk menyajikan hidangan ini, Anda dapat menyiapkan bahan-bahan berupa daging sapi, bawang bombai, bawang putih, jahe, madu, kecap manis, kecap asin, merica, tepung maizena, dan wijen sangrai. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Beef Teriyaki:

  1. Panaskan minyak dan tumis bawang putih, bawang bombai, serta jahe hingga aroma harum tercium.
  2. Masukkan potongan daging sapi dan masak hingga berubah warna. Tambahkan madu, kecap manis, kecap asin, merica, dan tambahkan air secukupnya. Lanjutkan memasak hingga daging empuk dan bumbu meresap.
  3. Untuk mengentalkan kuah, tambahkan larutan tepung maizena dan biarkan mendidih.
  4. Angkat dan sajikan hidangan Beef Teriyaki dengan taburan wijen sangrai untuk menambah cita rasa yang kaya.
Baca Juga  Cara Mengobati Alergi Makanan, Tips dan Perawatan Efektif

3. Udang Saus Mentega

Udang Saus Mentega merupakan hidangan lezat yang terdiri dari udang yang digoreng dan disiram dengan saus mentega lembut dan creamy. Untuk menyajikan hidangan ini, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti udang, bawang bombai, bawang putih, margarin, susu cair, keju parut, garam, merica, dan daun parsley. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Udang Saus Mentega:

  1. Goreng udang hingga matang, lalu tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga layu.
  3. Masukkan susu cair, keju parut, garam, dan merica. Aduk rata hingga saus mengental dan keju meleleh.
  4. Tambahkan udang ke dalam saus, aduk rata sehingga udang terbalut saus dengan merata. Angkat dan taburkan daun parsley cincang untuk memberikan aroma segar dan tampilan yang menarik.

4. Macaroni Schotel Kukus

Macaroni Schotel Kukus merupakan hidangan lezat yang terbuat dari makaroni yang dicampur dengan bahan-bahan seperti bawang bombai, sosis sapi, kornet, susu UHT, telur, margarin, garam, merica, dan keju parut. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Macaroni Schotel Kukus:

  1. Rebus makaroni hingga setengah matang, lalu tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang bombai hingga layu. Masukkan sosis sapi dan kornet, aduk rata. Angkat dan campur dengan makaroni.
  3. Dalam mangkuk, kocok lepas telur, susu UHT, margarin, garam, dan merica. Tuang ke dalam adonan makaroni, aduk rata.
  4. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin. Taburi dengan keju parut. Kukus hingga matang, sekitar 30 menit.

5. Tumis Brokoli, Kembang Kol, Wortel, dan Bakso

Tumis Brokoli, Kembang Kol, Wortel, dan Bakso merupakan hidangan yang lezat dan sehat, terbuat dari campuran sayuran segar seperti brokoli, kembang kol, wortel, dan bakso. Hidangan ini diberi cita rasa lezat melalui bumbu sederhana seperti bawang putih, saus tiram, garam, merica, dan gula. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Tumis Brokoli, Kembang Kol, Wortel, dan Bakso:

  1. Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih hingga aromanya harum.
  2. Masukkan brokoli, kembang kol, wortel, dan bakso sapi ke dalam wajan. Tambahkan garam, merica, gula, dan saus tiram. Aduk rata hingga semua bumbu meresap ke dalam sayuran dan bakso.
  3. Beri sedikit air agar bumbu dan sayuran lebih meresap. Masak hingga sayuran menjadi matang dan bakso menjadi lebih empuk.
  4. Angkat dan hidangan Tumis Brokoli, Kembang Kol, Wortel, dan Bakso siap disajikan.
Baca Juga  Produksi Susu Kambing Saanen Panduan Lengkap untuk Peternak

6. Daging Tumis Buncis

Daging Tumis Buncis adalah hidangan lezat yang terbuat dari daging sapi yang ditumis bersama dengan buncis, bawang bombai, dan bumbu-bumbu yang memberikan cita rasa khas. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Daging Tumis Buncis:

  1. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian tumis bumbu dasar putih hingga harum.
  2. Masukkan potongan daging sapi ke dalam wajan dan masak hingga berubah warna. Tambahkan air secukupnya dan terus masak hingga daging menjadi empuk dan kuah berkurang.
  3. Sisipkan bawang bombai dan buncis ke dalam wajan bersama dengan daging. Beri tambahan garam, merica bubuk, gula, kecap manis, dan saus tiram. Aduk rata agar bumbu meresap ke seluruh bahan.
  4. Masak hingga semua bahan menjadi matang dengan rasa yang meresap, lalu angkat dari wajan.

7. Sushi Bekal Anak

Menu Sushi Bekal Anak adalah hidangan lezat yang dapat dijadikan bekal untuk anak-anak. Sushi ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan cuka sushi, garam, dan gula untuk memberikan cita rasa khas. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Sushi Bekal Anak:

  1. Siapkan nasi putih dan campur dengan cuka sushi, garam, dan gula. Aduk hingga merata, lalu biarkan dingin.
  2. Persiapkan berbagai bahan isian sesuai selera, seperti telur dadar, abon sapi, sosis goreng, keju potong, mentimun, wortel, dan nori.
  3. Ambil sejumlah nasi, pipihkan di atas tangan atau plastik. Tambahkan isian di tengahnya, lalu lipat dan bentuk sesuai selera. Ulangi proses ini hingga nasi habis.
  4. Tata sushi yang sudah dibuat di dalam wadah bekal dan beri pelengkap seperti saus sambal, mayones, atau saus tomat.

Kesimpulan

Berikut adalah beberapa ide resep bekal anak sekolah yang tidak hanya sederhana tetapi juga bergizi, yang dapat diolah di rumah. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menginspirasi Anda dalam menyajikan bekal yang sehat dan lezat untuk anak-anak. Selamat mencoba variasi resep yang telah disajikan, dan berikan nutrisi terbaik kepada si kecil!

Baca Juga  Manfaat Pramuka: Membangun Keterampilan Sejak Dini