Tidak Perlu Repot! Ini Dia Cara Membuat Sambal Geprek Praktis Dan Cepat

biotifor.or.idCara Membuat Sambal Geprek , Sambal geprek, yang sangat digemari di Indonesia, terutama oleh para penggemar ayam goreng, memiliki rasa yang pedas, gurih, dan sedikit manis. Teksturnya yang kasar dan berminyak sangat cocok untuk dipadukan dengan ayam goreng yang telah digeprek atau dienyahkan, menciptakan hidangan yang enak yang dikenal sebagai “ayam geprek.” Selain untuk ayam, sambal geprek juga bisa membuat hidangan lain seperti tempe, tahu, ikan, atau sayuran menjadi lebih lezat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara membuat sambal geprek, bahan-bahan sambal geprek, dan beberapa tips membuat sambal geprek.

Bahan-Bahan Sambal Geprek

cara membuat sambal geprek

Untuk membuat sambal geprek, kita perlu menyiapkan beberapa bahan utama yang dibutuhkan. Bahan-bahan utama untuk membuat sambal geprek ialah sebagai berikut:

1. Cabe Rawit

Bahan utama dalam membuat sambal geprek. Cabe rawit ini yang bikin sambal geprek jadi pedes banget. Jumlah cabe rawit yang kita pakai bisa disesuaikan sama selera kita, tapi biasanya, untuk satu porsi sambal geprek, kita butuhin sekitar 30-50 gram cabe rawit. Pastinya, cabe rawit yang digunakan harus yang masih segar dan nggak layu ya. Jangan lupa cuci bersih cabe rawit sebelum dipakai.

2. Bawang Putih

Bawang putih ialah bahan yang dipakai untuk memberikan rasa dan aroma pada sambal geprek. Jumlah bawang putih yang dibutuhkan tergantung pada selera kita. Secara umum, satu porsi sambal geprek membutuhkan sekitar 1-2 siung bawang putih. Bawang putih yang dipakai untuk membuat sambal geprek haruslah bawang putih yang segar dan tidak busuk. Bawang putih harus dikupas kulitnya sebelum dipakai.

3. Tomat

Tomat adalah salah satu bahan yang digunakan untuk memberikan sentuhan rasa asam dan kesegaran pada sambal geprek. Jumlah tomat yang diperlukan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Umumnya, untuk satu porsi sambal geprek, biasanya butuh sekitar 1 buah tomat ukuran sedang. Pastikan tomat yang digunakan tetap segar dan tak busuk. Ingat untuk mencuci bersih tomat sebelum digunakan.

Baca Juga  Jenis-Jenis Bunga Asli Indonesia Yang Sangat Populer !

4. Terasi

Terasi adalah salah satu bahan yang digunakan untuk memberikan cita rasa gurih dan karakteristik khas pada sambal geprek. Jumlah terasi yang diperlukan bisa disesuaikan dengan selera kita. Biasanya, untuk satu porsi sambal geprek, kita butuh sekitar setengah sendok teh terasi. Pastikan terasi yang digunakan berkualitas baik, jadi harusnya tidak berbau apek atau asam, dan tidak berwarna hitam atau hijau. Ingat juga untuk menyangrai terasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

5. Garam

Garam adalah salah satu bahan yang digunakan untuk memberikan rasa asin pada sambal geprek. Jumlah garam yang diperlukan bisa disesuaikan dengan selera kita. Biasanya, untuk satu porsi sambal geprek, kita butuh sekitar seperempat sendok teh garam. Pastikan garam yang digunakan berkualitas baik, yang berarti garam tersebut tidak mengandung zat-zat berbahaya seperti boraks, formalin, atau timbal. Pilihan garam yang bagus untuk membuat sambal geprek bisa berupa garam dapur, garam laut, atau garam Himalaya.

6. Gula

Gula adalah salah satu bahan yang digunakan untuk memberikan sentuhan rasa manis pada sambal geprek. Jumlah gula yang diperlukan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Biasanya, untuk satu porsi sambal geprek, cukup sekitar seperempat sendok teh gula. Pastikan gula yang digunakan berkualitas baik, artinya gula tersebut tidak mengandung zat-zat berbahaya seperti boraks, formalin, atau timbal. Pilihan gula yang bagus untuk membuat sambal geprek bisa berupa gula pasir, gula merah, atau gula aren.

7. Air Jeruk

Air jeruk limau ialah bahan yang dipakai untuk memberikan rasa asam dan segar pada sambal geprek. Jumlah air jeruk limau yang dibutuhkan tergantung pada selera kita. Secara umum, satu porsi sambal geprek membutuhkan sekitar 1-2 sendok makan air jeruk limau. Air jeruk limau yang dipakai untuk membuat sambal geprek haruslah air jeruk limau yang segar dan tidak busuk. Air jeruk limau harus diperas terlebih dahulu sebelum dipakai.

Baca Juga  Bukan Sekadar Daun Biasa! Ini Manfaat Daun Mindi Yang Tersembunyi

8. Minyak Goreng

Minyak goreng merupakan bahan yang digunakan untuk melumuri sambal geprek agar lebih lezat dan memiliki aroma yang sedap. Jumlah minyak goreng yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan selera kita. Umumnya, untuk satu porsi sambal geprek, cukup sekitar 2-3 sendok makan minyak goreng. Penting untuk memilih minyak goreng yang bersih dan tidak memiliki bau yang tidak enak. Pilihan yang baik untuk minyak goreng dalam membuat sambal geprek bisa berupa minyak sayur, seperti minyak kelapa sawit, minyak jagung, atau minyak kedelai.

Cara Membuat Sambal Geprek

Setelah menyiapkan bahan-bahan utama, kita bisa mulai membuat sambal geprek dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah pertama ialah menghaluskan bahan-bahan seperti cabe rawit, bawang putih, tomat, dan terasi dengan memakai blender atau ulekan. Tingkat kehalusan bahan-bahan tergantung pada selera kita. Ada yang suka sambal geprek yang halus sekali, ada juga yang suka sambal geprek yang masih kasar.

Langkah kedua ialah menambahkan bumbu-bumbu seperti garam, gula, dan air jeruk limau ke dalam bahan-bahan yang sudah dihaluskan. Aduk rata bumbu-bumbu dengan bahan-bahan sampai tercampur merata.

Langkah ketiga ialah menyiram sambal geprek dengan minyak panas. Panaskan minyak goreng secukupnya di dalam wajan atau panci dengan api sedang sampai mendidih. Lalu siram minyak panas tersebut ke atas sambal geprek secara merata.

Tips Membuat Sambal Geprek

Untuk membuat sambal geprek yang enak, kita harus memperhatikan beberapa tips berikut:

Cabe rawit yang dipakai untuk membuat sambal geprek haruslah cabe rawit yang berkualitas baik, yaitu cabe rawit yang segar dan tidak layu, berwarna merah cerah dan tidak belang, serta memiliki ukuran dan bentuk yang seragam dan tidak cacat.

Baca Juga  Rahasia Cara Membuat Keripik Gadung Renyah Gurih, Tanpa Efek Samping !

Tingkat kepedasan sambal geprek tergantung pada jumlah cabe rawit yang dipakai. Jika kita suka sambal geprek yang sangat pedas, kita bisa memakai banyak cabe rawit. Jika kita suka sambal geprek yang sedang atau tidak terlalu pedas, kita bisa memakai sedikit cabe rawit atau mencampurnya dengan cabe keriting atau cabe besar.

Selain bahan-bahan utama, kita juga bisa menambahkan bahan lain sesuai kreativitas kita untuk membuat sambal geprek lebih variatif dan lezat. Misalnya, kita bisa menambahkan kacang tanah goreng, kemangi, daun jeruk, jahe, atau kunyit ke dalam sambal geprek. Bahan-bahan ini bisa memberikan rasa dan aroma yang berbeda pada sambal geprek.

Jika kita tidak langsung menghabiskan sambal geprek, kita harus menyimpannya dengan baik agar tidak basi atau berjamur. Sambal geprek bisa disimpan di dalam wadah tertutup dan dimasukkan ke dalam kulkas. Sambal geprek bisa bertahan selama 2-3 hari di dalam kulkas. Jika ingin menghangatkan sambal geprek, kita bisa memanaskannya di atas kompor atau microwave.

Baca Juga : Cara Membuat Lasagna , Sejuta Rasa Yang Bikin Lidah Meleleh!

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara membuat sambal geprek. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang berguna bagi Anda. Kami sarankan Anda untuk mencoba sendiri cara membuat sambal geprek, dan rasakan perbedaannya dengan sambal biasa. Selamat mencoba!