Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan, Menyegarkan dan Berkhasiat

Biotifor.or.idManfaat Daun Mint. Peppermint atau daun mint ialah nama untuk beberapa spesies tumbuhan, termasuk peppermint dan spearmint. Daun mint, yang juga dikenal sebagai peppermint, merupakan tanaman herbal yang populer karena aroma segar dan rasa yang khas.

Selain digunakan sebagai bahan dalam minuman seperti teh atau koktail, daun mint juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sepuluh lebih manfaat daun mint untuk kesehatan, yang meliputi kesehatan pencernaan, pernapasan, kulit, dan lainnya.

Langkah pemakaiannya dengan menambahkannya pada minuman dan makanan. Dimulai dari teh, minuman sehari-hari, sauce, salad, dan makanan penutup. Bahkan juga sebagai minyak fundamental.

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

manfaat daun mint

Nilai nutrisi pada daun mint
100 g daun mint memiliki kandungan:

  • Protein: 3,8 gr.
  • Karbohidrat: 15 gr.
  • Lemak: 0,9 gr.
  • Besi: 5,08 miligram.
  • Natrium: 31 miligram.
  • Asam folat: 114 mikrogram.
  • Vitamin C: 31,8 miligram.
  • Serat: 8 gr.
  • Kalsium: 243 miligram.
  • Niasin (vitamin B3): 1.706 miligram
  • Kalium 569 miligram.
  • Vitamin A: 212 mcg.

Apa Manfaat Daun Mint?

manfaat daun mint

Daun mint terkenal di penjuru dunia, apa Anda mengkonsumsinya untuk menambahkan rasa atau untuk memperoleh faedahnya.

Beberapa manfaatnya untuk kesehatan badan, diantaranya:

1. Menangani masalah pencernaan

Untuk menangani masalah pencernaan, mint bekerja dengan menggairahkan produksi enzim pencernaan. Disamping itu, dia mempunyai karakter antiseptik dan antibakteri yang bisa menurunkan keluh kesah seperti sakit di perut atau muntah-muntah.

Interograsi penyembuhan dispepsia fungsional memakai sediaan gabungan minyak peppermint dan minyak jintan dibanding cisapride. Sebuah study kesetaraan double-blind, multicenter, termonitor temukan jika minyak peppermint dan jintan yang diambil berbentuk kapsul mempunyai dampak yang serupa dengan obat yang dipakai untuk menyembuhkan masalah pencernaan. Sistem ini menolong membenahi sakit di perut dan tanda-tanda permasalahan pencernaan yang lain.

2. Tingkatkan kekebalan

Daun mint kaya fosfor, kalsium, dan vitamin seperti C, D, E, dan A yang bisa memberikan dukungan mekanisme ketahanan tubuh. Langkah kerjanya dengan membuat perlindungan beberapa sel badan dari kerusakan. Dengan begitu, bisa kurangi dampak negatif terserang penyakit akut, seperti diabetes, penyakit jantung, atau tekanan darah tinggi. Anda tidak butuh membeli, karena Anda dapat menanamnya di dalam rumah.

Baca Juga  Rahasia Energi Sehari-hari: 9 Resep Minuman Berprotein Tinggi yang Mudah dibuat dan Lezat

Baca Juga | Tanaman Obat Keluarga (TOGA) beragam Manfaat & Khasiatnya

3. Menurunkan tanda-tanda IBS

Sindrom iritasi usus ialah penyakit yang mengakibatkan sakit di perut, sembelit, diare, dan perut kembung. Faedahnya asal dari senyawa mentol yang memberi dampak rileksasi pada otot-otot mekanisme pencernaan.

Menurut sebuah riset dengan judul Mintoil dalam Penyembuhan Irritable Bowel Syndrome: Sebuah eksperimen gastroenterologi dan hepatologi potensial, random, double-blind, termonitor plasebo temukan jika 75 % pasien yang konsumsi minyak peppermint sepanjang empat minggu memperlihatkan pembaruan tanda-tanda iritasi. sindrom usus.

4. Daun mMint tingkatkan Peranan otak

Manfaat mint memengaruhi kesehatan otak. Triknya, Anda dapat mengisap wewangian minyak atsiri dari tanaman ini. Antara manfaatnya ialah tingkatkan ingatan dan situasi hati.

5. Turunkan berat tubuh

Manfaat daun mint setelah itu bisa menolong turunkan berat tubuh secara sehat. Daun ini bekerja dengan tingkatkan peranan pencernaan dan metabolisme badan untuk jaga berat tubuh bagus.

Baca Juga | 10+ Manfaat Ginseng untuk Kesehatan, Teruji oleh Riset Klinis

6. Mengurangi Bau mulut

Wewangian mint bisa menolong menangani berbau mulut yang bandel. Triknya, pakai sebagai obat kumur atau kunyah mentah-mentah. Tetapi, daun ini tidak dapat kurangi bakteri pemicunya.

7. Menghambat keracunan makanan

Saat menghambat keracunan makanan, peppermint bekerja dengan hentikan perkembangan Escherichia coli dan Salmonella typhi. Disamping itu, daun ini bisa mematikan bakteri Staphylococcus aureus pemicu infeksi kulit.

8. Daun Mint bisa tingkatkan kualitas tidur

Untuk memperoleh manfaat itu, Anda dapat tuangkan wewangianterapi peppermint ke diffuser saat sebelum tidur. Daun ini hilangkan depresi dan kekhawatiran, khususnya untuk orang yang menanggung derita masalah kekhawatiran dan insomnia.

9. Kurangi merasa sakit saat menyusui

Untuk memperoleh manfaatnya, ibu menyusui dapat memoleskan daun mint yang telah dilumatkan ke atas puting. Disamping itu, ibu bisa juga memakai minyak fundamental yang digabung air.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Hidroponik Dengan Benar

Baca Juga | Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan: Tanaman Pengobat Alami

10. Daun mint bisa kurangi tanda-tanda Asma

Senyawa yang ada dalam peppermint efisien tingkatkan kesuksesan penyembuhan tanda-tanda asma. Beberapa keadaan yang bisa diobati daun mint diantaranya napas sesak, batuk, mengi, lemas, dan resah.

11. Menurunkan Tanda-tanda Premenstrual Syndrome (PMS)

Kram perut adalah tanda-tanda PMS yang umum. Masalah itu ada karena kontraksi otot-otot disekitaran kandungan. Untuk meredakannya, Anda dapat minum air rebusan daun mint sepanjang 3 hari, pada awal saat menstruasi Anda.

12. Menangani jerawat meradang

Apa manfaat daun mint untuk muka? Rupanya, tanaman herbal ini dapat menolong menantang infeksi jerawat. Ini memiliki kandungan asam salisilat dan Vitamin A yang bisa menolong mengatur sebum berlebihan.

13. Menolong menyembuhkan komedo

Manfaat lain untuk muka ialah menangani komedo. Permasalahan ini tercipta karena penimbunan sebum dan sel-sel kulit mati di atas kulit. Dengan peppermint, anti-oksidan dan mentol bisa menolong hilangkan penyebab komedo.

Apa Daun Mint dapat dikonsumsi secara langsung?

manfaat daun mint

Anda dapat makan tanaman ini langsung. Wewangiannya fresh dan rasanya agak pedas, manis . Untuk mengonsumsinya, Anda dapat menambahnya ke salad, juice sayur, atau makanan penutup. Disamping itu, Anda bisa juga rebus air dan mengonsumsinya. Disamping itu, Anda bisa juga tumbuk daun atau memakai minyak fundamental dan memoleskannya pada tempat badan.

Untuk ketahui daun yang mana pas untuk Anda konsumsi, pilih permukaan hijau muda yang bebas bintik. Sesudah Anda temukan yang pas, taruh daunnya dalam kantong atau tempat plastik. Lantas masukan ke kulkas.

Baca Juga | Manfaat Daun Jambu Biji : Atasi berbagai Masalah Kesehatan

Bila diletakkan langkah yang betul, daun mint dapat bertahan sampai satu minggu. Tidak boleh diletakkan pada temperatur ruang dan terserang cahaya matahari langsung. Karena ini bisa membuat daun yang sudah dipanen jadi busuk. Karena asal dari herbal, daun mint aman untuk dimakan setiap hari.

Baca Juga  Manfaat Susu Kuda Liar: Menggali Lebih Dalam Keajaiban Kesehatannya

Efek kebanyakan Konsumsi Daun Mint

Walaupun daun peppermint berguna, tetapi bisa memunculkan efek untuk beberapa pemakai. Pemakaian essential oil, misalkan, cuma pada bagian luar kulit, tidak untuk ditelan. Karena bisa tingkatkan risiko keracunan untuk pemakainya.

Beberapa efek yang lain termasuk:

  • Ini mengakibatkan GERD ke orang dengan kisah asam lambung.
  • Tingkatkan kemungkinan keguguran pada ibu hamil.
  • Ini tingkatkan dampak negatif batu empedu.
  • Ini mengakibatkan ruam atau reaksi alergi.
  • Hubungan dengan obat yang Anda konsumsi.

Tersebut beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan dan efeknya untuk badan. Apa Anda ingin mencoba? Kontak dokter bila alami keluh kesah sesudah meminum, ya!

Baca Juga | Tanaman Herbal untuk Asam Lambung Solusi Alami Kesehatan

Kesimpulan

Daun mint bukan hanya memberikan kesegaran dan rasa yang enak pada makanan dan minuman, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Dari meredakan masalah pencernaan hingga menenangkan sakit kepala, daun mint telah terbukti secara ilmiah dan digunakan secara tradisional untuk merawat berbagai kondisi kesehatan.

Tambahkan daun mint dalam rutinitas kesehatan Anda dan nikmati manfaatnya. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan profesional medis sebelum menggunakan daun mint secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.