Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan Beserta Resep Memasaknya

biotifor.or.idManfaat Ikan Gabus – Ikan gabus, atau juga dikenal dengan nama ilmiah Channa striata, adalah satu di antara jenis ikan air tawar yang terkenal di Indonesia. Ikan ini mempunyai keunikan yakni mempunyai bentuk badan yang panjang dan ramping, serta memiliki sisik-sisik yang kuat. Ikan gabus bisa dijumpai di beberapa perairan seperti sungai, rawa, serta danau.

Manfaat Kesehatan dari Ikan Gabus

Manfaat Kesehatan dari Ikan Gabus

Pertama-tama, mari kita telusuri apa saja manfaat kesehatan yang akan didapat jika kita mengonsumsi ikan yang lezat dimakan ini.

Baca Juga | Manfaat Minum Air Putih: Pentingnya Hidrasi bagi Kesehatan

Sumber Gizi yang Kaya

Ikan gabus adalah sumber gizi yang kaya kandungan protein, vitamin, serta mineral. Protein dalam ikan gabus bisa menolong membenahi dan membuat jaringan tubuh. Tidak hanya itu, ikan gabus memiliki kandungan omega-3 asam lemak yang bagus untuk kesehatan jantung.

Memberikan dukungan Pertumbuhan serta Perkembangan

Kandungan protein serta asam lemak omega-3 dalam ikan gabus berperan penting saat memberikan dukungan pertumbuhan serta perkembangan tubuh, khususnya pada beberapa anak. Gizi yang terdapat di dalam ikan gabus bisa menolong pembentukan serta penguatan tulang dan mempertahankan kesehatan gigi.

Tingkatkan Fungsi Otak

Ikan gabus memiliki kandungan asam lemak omega-3 DHA (docosahexaenoic acid) yang berperan penting pada perkembangan serta fungsi otak. Konsumsi ikan gabus dengan teratur bisa menolong tingkatkan ingatan, fokus, serta kemampuan kognitif.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan omega-3 dalam ikan gabus berguna juga saat mempertahankan kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 bisa menolong kurangi dampak negatif penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan tersumbatnya pembuluh darah. Konsumsi ikan gabus dengan teratur bisa menolong mempertahankan kesehatan jantung Anda.

Baca Juga  Cara Menanam Murbei

Manfaat Ikan Gabus untuk Kecantikan

Setelah mengetahui ragam manfaat dalam hal kesehatan, selanjutnya kita akan melihat apa saja manfaat kecantikan yang didapat jika mengonsumsi ikan yang satu ini.

Baca Juga | Manfaat Buah Anggur: Khasiat yang Membuat Terpesona

Tingkatkan Kualitas Kulit

Kandungan omega-3 dalam ikan gabus bisa menolong tingkatkan kualitas kulit. Asam lemak omega-3 mempunyai karakter antiinflamasi dan bisa menolong jaga kulit tetap sehat serta terhidrasi. Konsumsi ikan gabus dengan teratur bisa menolong kurangi infeksi di kulit, jaga kelembapan kulit, dan kurangi resiko timbulnya jerawat.

Melindungi Kesehatan Rambut

Di samping bagus untuk kulit, asam lemak omega-3 dalam ikan gabus mempunyai manfaat untuk kesehatan rambut. Kekurangan asam lemak omega-3 bisa mengakibatkan rambut kering dan rapuh. Konsumsi ikan gabus dengan teratur bisa menolong jaga kehalusan dan kekuatan rambut Anda.

Manfaat Ikan Gabus dalam Penyembuhan Tradisional

Selain bermanfaat bagi kesehatan serta kecantikan, nyatanya ikan gabus juga berguna untuk penyembuhan tradisional. Tanpa perlu berlama-lama, berikut adalah kegunaan ikan gabus dalam pengobatan.

Baca Juga | Manfaat Bengkoang: Mengungkap Khasiat & Keajaiban Buah Ajaib

Kurangi Gejala Asma

Ikan gabus sudah lama dipakai dalam penyembuhan tradisional untuk kurangi gejala asma. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan gabus mempunyai dampak antiinflamasi yang bisa menolong menurunkan infeksi aliran pernafasan dan kurangi gejala sesak pada pasien asma.

Menghilangkan Ngilu Persendian

Beberapa riset memperlihatkan jika konsumsi ikan gabus dengan teratur bisa menolong menghilangkan ngilu persendian pada pasien arthritis. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan gabus mempunyai dampak antiinflamasi yang bisa menolong kurangi infeksi pada persendian dan menurunkan ngilu.

Cara Mengolah Ikan Gabus

Setelah membahas manfaat dalam hal kesehatan dan kecantikan, serta kegunaan ikan gabus untuk penyembuhan tradisional, selanjutnya kami akan membagikan resep olahan ikan gabus yang bisa Anda coba sendiri.

Baca Juga  Bukan Cengeng ! Ini Manfaat Menangis Yang Ternyata Sangat Penting

Resep Ikan Gabus Bakar

Bahan yang diperlukan:

  • Ikan gabus segar
  • Bumbu marinasi (contohnya, bawang putih, jahe, garam, merica)
  • Jeruk nipis
  • Minyak zaitun

Langkah memasak:

  1. Membersihkan ikan gabus dan baluri dengan jeruk nipis.
  2. Campur bumbu marinasi dan oleskan ke atas ikan gabus.
  3. Biarkan selama 15-30 menit supaya bumbu terserap.
  4. Panggang ikan gabus di atas bara api atau panggangan sampai masak.
  5. Sajikan ikan gabus bakar dengan nasi atau lalapan segar.

Resep Ikan Gabus Goreng

Bahan yang diperlukan:

  • Ikan gabus segar
  • Tepung terigu
  • Bumbu penyedap
  • Minyak goreng

Langkah memasak:

  1. Membersihkan ikan gabus dan baluri dengan bumbu penyedap.
  2. Gulingkan ikan gabus ke tepung terigu sampai rata.
  3. Panasi minyak goreng dalam wajan.
  4. Goreng ikan gabus sampai kecokelatan dan matang.
  5. Keringkan ikan gabus dan hidangkan dengan nasi atau sambal.

Ringkasan

Ikan gabus adalah ikan air tawar yang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Kandungan protein, asam lemak omega-3, serta gizi lainnya dalam ikan gabus bisa memberikan dukungan pertumbuhan, mempertahankan kesehatan jantung, tingkatkan fungsi otak, dan jaga kualitas kulit serta rambut.

Tidak hanya itu, ikan gabus dipakai dalam penyembuhan tradisional untuk kurangi gejala asma dan ngilu persendian. Dengan mengolah ikan gabus secara tepat, Anda bisa nikmati manfaat kesehatan dari ikan ini.

FAQs (Frequently Asked Questions)

1. Apa ikan gabus aman dimakan oleh beberapa anak?
Ya, ikan gabus aman dimakan oleh beberapa anak karena nilai nutrisi yang bagus untuk perkembangan dan perubahan badan mereka.

2. Apa ikan gabus dapat menolong kurangi dampak negatif penyakit jantung?
Iya, ikan gabus memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bisa menolong kurangi dampak negatif penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan tersumbatnya pembuluh darah.

Baca Juga  Manfaat Lari Sore Untuk Fisik Dan Mental

3. Bagaimanakah caranya pilih ikan gabus yang segar?
Pilih ikan gabus yang mempunyai mata jernih, kulit berkilau, dan tidak bau amis. Pastikan ikan itu berasal dari sumber yang paling dipercaya.

4. Apa ikan gabus bisa menolong menurunkan ngilu persendian pada pasien arthritis?
Beberapa riset memperlihatkan jika konsumsi ikan gabus dengan teratur bisa menolong menurunkan ngilu persendian pada pasien arthritis.

5. Bagaimana caranya menyimpan ikan gabus yang masih belum diolah?
Taruh ikan gabus dalam temperatur dingin di kulkas dan selekasnya konsumsi dalam kurun waktu 1-2 hari sesudah pembelian.