Cara Membuat Es Lilin Yang Bikin Nagih, Gampang Banget!

biotifor.or.idCara Membuat Es Lilin , Es lilin merupakan camilan yang sangat populer, terutama selama musim panas. Ini adalah jenis es krim yang terbuat dari santan kelapa, gula, dan berbagai varian rasa yang berbeda. Es lilin memiliki tekstur yang kenyal dan lembut dengan rasa yang manis dan menyegarkan. Yang terbaik, Anda dapat dengan mudah membuatnya di rumah dengan bahan-bahan sederhana dan peralatan yang tidak terlalu rumit.

Dalam artikel ini, kita akan membahas panduan lengkap tentang cara membuat es lilin yang lezat dan menarik. Kami akan mengulas bahan-bahan yang dibutuhkan, langkah-langkah pembuatan , Mari kita mulai!

Apa yang Membuat Es Lilin Menarik?

cara membuat es lilin

Es lilin memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menarik untuk dicoba. Pertama, es lilin memiliki rasa yang khas dan beragam. Kita bisa menambahkan berbagai macam rasa seperti cokelat, vanila, stroberi, durian, nangka, kacang hijau, kopi, teh, sirup, atau susu. Kedua, es lilin memiliki tekstur yang lembut dan kenyal.

Tekstur ini disebabkan oleh penggunaan santan kelapa yang mengandung lemak alami. Ketiga, es lilin mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan sederhana dan alat-alat yang tidak rumit. Kita hanya perlu mencampurkan bahan-bahan dasar, memasukkannya ke dalam cetakan atau plastik, dan membekukannya di dalam freezer.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Bahan Utama

Bahan utama untuk membuat es lilin adalah santan kelapa dan gula pasir. Santan kelapa adalah cairan putih kental yang diperoleh dari parutan daging kelapa muda. Santan kelapa memberikan rasa gurih dan tekstur lembut pada es lilin. Gula pasir adalah bahan pemanis yang memberikan rasa manis pada es lilin. Kita bisa menggunakan gula pasir putih atau gula merah sesuai dengan selera kita.

Untuk membuat es lilin sebanyak 20 buah, kita membutuhkan bahan-bahan utama sebagai berikut:

  • Santan kelapa: 500 ml
  • Gula pasir: 100 gram

Bahan Tambahan yang Dapat Menambahkan Varian Rasa

Baca Juga  Cuma Butuh Air dan Pupuk, Begini Cara Menanam Mengkudu yang Mudah dan Praktis

Ini bisa berupa bubuk rasa (seperti cokelat, vanila, atau stroberi), ekstrak rasa (seperti durian atau nangka), pasta rasa (seperti kacang hijau atau kacang merah), sirup rasa (seperti melon atau cocopandan), susu kental manis (untuk memberikan rasa lebih manis dan creamy), atau pewarna makanan (untuk memberikan warna lebih menarik). Bahan tambahan ini bisa ditambahkan sesuai dengan selera kita.

Untuk membuat es lilin dengan varian rasa sebanyak 20 buah, kita membutuhkan bahan tambahan sebagai berikut:

  • Bubuk rasa, ekstrak rasa, pasta rasa, sirup rasa, atau susu kental manis: sesuai selera , Pewarna makanan: sesuai selera

Langkah-langkah Cara Membuat Es Lilin

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan es lilin :

1. Persiapan Bahan

Langkah pertama dalam membuat es lilin adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Kita harus memastikan bahwa bahan-bahan yang kita gunakan adalah bahan-bahan yang berkualitas dan segar. Kita juga harus mencuci dan mengeringkan bahan-bahan yang perlu dicuci, seperti buah-buahan atau daun pisang. Selain itu, kita juga harus menyiapkan alat-alat yang diperlukan, seperti panci, kompor, sendok, gelas ukur, cetakan es lilin atau plastik es lilin, dan freezer.

2. Membuat Campuran Dasar Es Lilin

Langkah kedua dalam membuat es lilin adalah membuat campuran dasar es lilin. Campuran dasar es lilin adalah campuran antara santan kelapa dan gula pasir yang telah dimasak hingga mendidih dan larut. Cara membuat campuran dasar es lilin adalah sebagai berikut:

  • Tuang santan kelapa ke dalam panci dan masak di atas kompor dengan api sedang.
  • Tambahkan gula pasir ke dalam santan kelapa dan aduk hingga larut.
  • Biarkan campuran mendidih sambil terus diaduk agar tidak gosong atau pecah.
  • Angkat panci dari kompor dan dinginkan campuran hingga suhu ruang.

3. Menambahkan Rasa dan Warna (Jika Diperlukan)

Langkah ketiga dalam membuat es lilin adalah menambahkan rasa dan warna pada campuran dasar es lilin. Rasa dan warna dapat ditambahkan dengan menggunakan bahan tambahan yang telah disiapkan sebelumnya. Cara menambahkan rasa dan warna pada campuran dasar es lilin adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Menghapus Akun Google Untuk Pemula

Bagi campuran dasar es lilin menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah varian rasa yang ingin dibuat.

Tambahkan bahan tambahan pada masing-masing bagian campuran dasar es lilin sesuai dengan selera. Misalnya, jika ingin membuat es lilin cokelat, tambahkan bubuk cokelat pada salah satu bagian campuran dasar es lilin. Jika ingin membuat es lilin durian, tambahkan ekstrak durian pada salah satu bagian campuran dasar es lilin. Dan seterusnya.

Aduk masing-masing bagian campuran dasar es lilin hingga bahan tambahan tercampur rata.

Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing bagian campuran dasar es lilin sesuai dengan selera. Misalnya, jika ingin membuat es lilin cokelat, tambahkan pewarna makanan cokelat pada bagian campuran dasar es lilin yang sudah ditambahkan bubuk cokelat. Jika ingin membuat es lilin durian, tambahkan pewarna makanan kuning pada bagian campuran dasar es lilin yang sudah ditambahkan ekstrak durian. Dan seterusnya.

Aduk masing-masing bagian campuran dasar es lilin hingga pewarna makanan tercampur rata.

4. Proses Pembekuan

Langkah keempat dalam membuat es lilin adalah memasukkan campuran dasar es lilin ke dalam cetakan atau plastik dan membekukannya di dalam freezer. Cara memasukkan campuran dasar es lilin ke dalam cetakan atau plastik dan membekukannya di dalam freezer adalah sebagai berikut:

Siapkan cetakan es lilin atau plastik es lilin yang telah dicuci bersih.

Tuang masing-masing bagian campuran dasar es lilin ke dalam cetakan atau plastik sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Tutup rapat cetakan atau plastik dengan penutup atau ikat dengan karet gelang.

Masukkan cetakan atau plastik ke dalam freezer dan biarkan hingga membeku selama kurang lebih 4 jam atau semalaman.

5. Menyajikan Es Lilin dengan Topping

Langkah kelima dalam membuat es lilin adalah menyajikan es lilin dengan topping. Topping adalah bahan-bahan yang dapat menambahkan rasa dan tekstur pada es lilin dan juga menambahkan rasa dan tekstur pada es lilin. Topping bisa berupa sirup, selai, krim, keju, cokelat, kacang, buah-buahan, atau bahan-bahan lain yang disukai. Cara menyajikan es lilin dengan topping adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bau Amis Daging Entok Tips Dan Trik

Keluarkan cetakan atau plastik dari freezer dan lepaskan es lilin dari cetakan atau plastik dengan cara merendamnya sebentar di air hangat atau memotongnya dengan gunting.

Letakkan es lilin di atas piring saji atau gelas.

Tuangkan topping sesuai dengan selera di atas es lilin. Misalnya, jika ingin menyajikan es lilin cokelat, tuangkan sirup cokelat di atas es lilin. Jika ingin menyajikan es lilin durian, tuangkan selai durian di atas es lilin. Dan seterusnya.

Taburkan topping tambahan sesuai dengan selera di atas es lilin. Misalnya, jika ingin menyajikan es lilin cokelat, taburkan keju parut atau kacang cincang di atas es lilin. Jika ingin menyajikan es lilin durian, taburkan kelapa parut atau buah nangka di atas es lilin. Dan seterusnya.

Sajikan es lilin dengan sendok atau tusuk sate.

Baca Juga : Langkah Sederhana Cara Membuat Es Kopyor Nikmat

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara membuat es lilin yang lezat dan menarik. Es lilin adalah jajanan tradision