Cara Membuat Es Pisang Coklat ,Camilan Dingin Yang Menggugah Selera

Posted on

biotifor.or.idCara Membuat Es Pisang Coklat , Pisang coklat es merupakan sejenis makanan ringan yang terdiri dari pisang yang dibekukan serta dilapisi dengan saus coklat. Ini sangat populer di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, dan dapat dinikmati sebagai pencuci mulut, cemilan sore, atau hidangan penutup. Pisang coklat es menampilkan tekstur yang lembut, cita rasa yang manis, dan aroma yang mengundang selera. Tambahan, camilan ini juga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang berguna, termasuk vitamin C, kalium, serat, dan senyawa antioksidan.

Pisang coklat es merupkan salah satu cemilan favorit banyak orang. Rasanya manis, menyegarkan, dan lezat. Selain itu, ini juga relatif mudah disiapkan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan terjangkau. Berikut adalah panduan untuk membuat pisang coklat es yang bisa Anda praktikkan sendiri.

cara membuat es pisang coklat

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

Untuk membuat es pisang coklat, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan utama, yaitu:

  • Pisang ambon matang, sebanyak 6 buah
  • Coklat batangan, sebanyak 100 gram
  • Susu kental manis putih, sebanyak 4 sendok makan
  • Mentega, sebanyak 1 sendok makan
  • Air, sebanyak 50 ml

Bahan-bahan tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di pasar atau toko terdekat. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera, seperti kacang tanah goreng, remah biskuit, keju parut, atau meses.

Langkah-Langkah Cara Membuat Es Pisang Coklat

Setelah Anda menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, Anda bisa mulai membuat es pisang coklat dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Persiapan Pisang Dan Bahan-Bahan Lainnya

Kupas pisang dan potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Tempatkan potongan pisang dalam wadah yang kedap udara, lalu letakkan di dalam freezer selama sekitar 2 jam hingga membeku.

Baca Juga  Cara Budidaya Cumi-Cumi : Panduan Lengkap Untuk Pemula

Bubarkan coklat batangan menjadi fragmen kecil dan masukkan ke dalam mangkuk yang tahan panas.

Siapkan panci kecil dan isi dengan air yang cukup. Panaskan air hingga mencapai titik didih.

Persiapkan wadah terpisah untuk susu kental manis putih dan mentega.

2. Proses Pembuatan Saus Coklat Yang Lezat

Letakkan mangkuk yang berisi potongan coklat di atas panci berisi air mendidih. Pastikan agar air tidak bersentuhan langsung dengan mangkuk, mengikuti metode double boiler.

Gunakan spatula atau sendok kayu untuk mengaduk coklat hingga benar-benar meleleh.

Selanjutnya, campurkan susu kental manis putih dan mentega ke dalam mangkuk yang berisi coklat leleh. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata dan mengental.

Angkat mangkuk dari atas panci, lalu diamkan saus coklat ini sebentar untuk mendingin.

3. Langkah-Langkah Dalam Penyusunan Es Pisang Coklat

Ambil potongan pisang yang telah dibekukan dari freezer dan susunnya di atas piring saji atau dalam sebuah mangkuk besar.

Taburkan beberapa es batu di atas pisang untuk menjaga kesegaran buah.

Lanjutkan dengan menuangkan saus coklat secara merata di atas pisang dan es batu.

Untuk hiasan, Anda bisa menambahkan kacang tanah yang sudah digoreng, remahan biskuit, keju parut, atau meses sesuai dengan preferensi Anda.

Nikmati es pisang coklat ini selagi masih segar dan dingin untuk mencicipi kenikmatannya.

Tips Dan Trik Untuk Menambah Kelezatan

Anda bisa menambahkan kelezatan es pisang coklat dengan beberapa tips dan trik berikut ini:
Untuk penyajian yang lebih beragam, hidangkan es pisang coklat dengan taburan kacang atau remahan biskuit. Ini akan memberikan dimensi tambahan dengan rasa gurih dan tekstur renyah pada hidangan Anda.

Baca Juga  Cara Menanam Blewah

Bila tidak segera dinikmati, pastikan untuk menyimpan es pisang coklat di dalam kulkas. Hal ini akan menjaga agar es pisang coklat tetap dalam kondisi dingin dan segar. Penting untuk diingat, hindari menyimpannya di dalam freezer karena bisa membuatnya terlalu keras dan sulit dinikmati.

Pastikan Anda menggunakan pisang yang matang dan manis saat membuat es pisang coklat. Hal ini akan menghadirkan rasa yang lebih nikmat dan aroma yang semakin harum dalam hidangan es pisang coklat Anda.

Baca Juga : Cara Membuat Es Lilin

Kesimpulan

Es pisang coklat merupakan camilan yang sangat terkenal dan menggugah selera. Terbuat dari pisang yang dibekukan dan dilapisi dengan saus coklat manis dan lezat.

Membuat es pisang coklat di rumah sangatlah simpel, dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan pisang, coklat batangan, susu kental manis putih, mentega, serta air. Jika ingin, variasi tersedia dengan menambahkan kacang, biskuit, keju, atau meses sesuai selera Anda.

Es pisang coklat bisa dinikmati sebagai penutup makan, cemilan sore, atau makanan penutup. Teksturnya lembut, rasa manisnya memikat, dan aromanya mengundang selera. Tak hanya itu, camilan ini juga kaya akan nutrisi seperti vitamin C, kalium, serat, dan antioksidan yang bermanfaat.

Pembuatan es pisang coklat sangatlah mudah dan cepat. Potong pisang, bekuannya, lelehkan coklat, campurkan dengan susu kental manis dan mentega, tuangkan saus coklat di atas pisang beku dan es batu, lalu hias sesuai selera.

Tingkatkan kenikmatan es pisang coklat dengan beberapa tips dan trik, seperti menambahkan taburan kacang atau remahan biskuit, menyimpan di kulkas jika tidak langsung dinikmati, dan pastikan pisang yang digunakan matang dan manis.

Baca Juga  Cara Menetaskan Telur Bebek: Panduan Lengkap

Itulah cara sederhana membuat es pisang coklat di rumah. Selamat mencoba dan semoga Anda menikmatinya!