Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah

biotifor.or.id – Apakah Anda suka dengan kudapan tradisional yang manis dan lezat? Jika iya, wajik ketan gula merah mungkin adalah pilihan yang sempurna. Kombinasi antara kelembutan ketan dan keharuman gula merah memberikan cita rasa khas yang sulit ditolak. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat wajik ketan gula merah secara detail.

Mengenal Wajik Ketan Gula Merah

Wajik ketan gula merah adalah salah satu kudapan tradisional Indonesia yang lezat dan kaya akan cita rasa. Makanan ini biasanya terbuat dari ketan yang direbus dan dicampur dengan gula kelapa atau gula merah. Proses pembuatannya melibatkan perebusan ketan hingga matang, kemudian dicampur dengan gula merah yang sudah dicairkan.

Setelah itu, adonan ketan dan gula merah ini dipadatkan dalam cetakan hingga membentuk segi enam atau segi delapan, memberikan bentuk khas wajik. Wajik ketan gula merah sering dihiasi dengan potongan daun pisang atau daun pandan untuk memberikan aroma khas.

Rasa wajik ketan gula merah sangat nikmat dan manis, dengan kelembutan tekstur ketan yang membuatnya disukai oleh banyak orang. Makanan ini sering dihidangkan sebagai kudapan tradisional dalam berbagai acara, seperti perayaan dan upacara adat.

Wajik ketan gula merah bukan hanya lezat, tetapi juga memiliki nilai historis dan budaya yang kental. Keberadaannya sebagai kudapan tradisional turut memperkaya warisan kuliner Indonesia.

Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah

Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah

Berikut tahapan cara membuat wajik ketan gula merah yang benar dan enak:

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai proses pembuatan wajik, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan untuk membuat wajik ketan gula merah:

  • Ketan putih, 2 gelas
  • Air matang, 3 gelas
  • Gula merah, 250 gram (serut halus)
  • Santan kelapa, 1 gelas
  • Daun pandan, 2 lembar (simpulkan)
  • Garam, ½ sendok teh
Baca Juga  15 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia, Kalian udah Coba yang Mana aja Nih!

Langkah-langkah Pembuatan Wajik Ketan Gula Merah

1. Persiapkan Bahan dan Peralatan

Sebelum memulai, pastikan Anda telah menimbang bahan dengan tepat dan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti panci, wajan, dan cetakan wajik.

2. Rendam Ketan

Rendam ketan dalam air matang selama 2-3 jam. Proses perendaman ini akan membuat ketan lebih mudah dimasak dan menghasilkan tekstur yang kenyal.

3. Masak Ketan

Setelah ketan direndam, tiriskan airnya. Masukkan ketan ke dalam panci, tambahkan air matang, dan masak ketan hingga menjadi tekstur yang kenyal. Pastikan untuk sesekali diaduk agar ketan tidak lengket.

4. Siapkan Campuran Gula Merah

Sementara ketan dimasak, siapkan campuran gula merah. Rebus gula merah bersama santan kelapa, daun pandan, dan garam. Aduk hingga gula merah larut dan campuran mendidih.

5. Campurkan Ketan dan Gula Merah

Setelah ketan matang, campurkan dengan campuran gula merah yang sudah disiapkan. Aduk merata hingga ketan terbalut dengan baik oleh gula merah.

6. Bentuk dan Dinginkan

Tuangkan adonan ke dalam cetakan wajik yang telah diolesi minyak. Ratakan permukaannya dan biarkan adonan dingin sejenak sebelum dipotong-potong.

7. Sajikan dengan Cantik

Setelah wajik ketan gula merah mengeras, potong sesuai selera dan sajikan dengan cantik. Anda bisa menambahkan taburan kelapa parut atau biji wijen untuk memberikan tampilan yang menarik.

Tips Tambahan

  1. Konsistensi Ketan: Pastikan konsistensi ketan yang dimasak, jangan terlalu lembek atau terlalu keras.
  2. Gula Merah: Pilih gula merah berkualitas untuk memberikan aroma dan rasa yang khas.
  3. Cetakan yang Tepat: Gunakan cetakan wajik yang telah diolesi minyak agar wajik mudah dilepas setelah mengeras.

Cara Membuat Ketan Hitam

Untuk membuat ketan hitam, berikut adalah resep sederhana:

Baca Juga  Manfaat Memelihara Kucing : Membuat Kehidupan Lebih Bahagia

Bahan-bahan:

  • 2 cangkir ketan hitam
  • 2 ½ cangkir air
  • ½ sendok teh garam

Langkah-langkah:

  1. Rendam ketan hitam dalam air selama minimal 6 jam atau semalam. Pastikan ketan benar-benar terendam.
  2. Setelah direndam, tiriskan ketan.
  3. Siapkan alat pengukus atau kukusan. Panaskan air di dalam kukusan.
  4. Setelah air panas, letakkan ketan hitam yang telah ditiriskan di dalam alat pengukus. Ratakan ketan secara merata.
  5. Kukus ketan hitam selama sekitar 30-40 menit atau hingga ketan matang dan lengket.
  6. Selama proses pengukusan, jangan lupa untuk mengecek air di dalam kukusan agar tidak habis.
  7. Setelah matang, angkat ketan hitam dari kukusan.
  8. Campurkan garam ke dalam air secukupnya, lalu semprotkan air garam ini ke atas ketan hitam sambil diaduk rata. Ini memberikan rasa gurih pada ketan hitam.
  9. Sajikan ketan hitam panas sebagai pelengkap hidangan atau hidangkan sesuai selera.

Cara Menyimpan Ketan Matang

Untuk menyimpan ketan matang dengan baik, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Biarkan Dingin: Setelah mengukus atau memasak ketan, biarkan ketan matang itu dingin sampai suhu ruangan sebelum menyimpannya.
  2. Gunakan Wadah Tertutup: Simpan ketan dalam wadah yang kedap udara atau wadah dengan penutup rapat. Ini membantu mencegah udara masuk dan menjaga kelembaban ketan.
  3. Tambahkan Daun Pisang atau Lap Kain: Untuk mencegah ketan menjadi terlalu kering, Anda dapat menambahkan beberapa lembar daun pisang di antara lapisan ketan atau meletakkan lap kain lembap di atas ketan sebelum menutup wadah.
  4. Simpan di Tempat Sejuk: Simpan ketan matang di dalam lemari es jika Anda berencana untuk menyimpannya untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan menjaga ketan tetap segar.
  5. Hindari Paparan Langsung Matahari: Jauhkan ketan dari sinar matahari langsung, karena panas dapat membuatnya cepat basi atau kering.
Baca Juga  Resep Tumis Buncis yang Enak dan Lezat

Kesimpulan

Sekarang, Anda telah berhasil membuat wajik ketan gula merah yang lezat dan menggoda. Proses yang relatif sederhana membuat kudapan ini cocok untuk dicoba oleh pemula sekalipun. Selamat mencoba, dan nikmati kelezatan tradisional Indonesia di rumah Anda!

Dengan mengikuti cara membuat wajik ketan gula merah di atas, Anda bisa menikmati wajik ketan gula merah yang lezat dan autentik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!