Resep dan Cara Membuat Bubur Kacang Hijau, Manis dan Lembut!

biotifor.or.idCara Membuat Bubur Kacang Hijau – Bubur kacang hijau adalah makanan penutup yang terkenal di Indonesia. Rasanya yang manis dan sedap membuat jadi opsi yang prima untuk akhiri makanan Anda. Bukan hanya sedap, tapi bubur kacang hijau mempunyai faedah kesehatan yang hebat. Dalam artikel berikut, kami akan mengulas cara membuat bubur kacang hijau yang sedap dan yang bergizi. Baca tutorial selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses cara membuat bubur kacang hijau, pastikan Anda menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftar bahan yang Anda butuhkan:

Bahan Utama

  1. Kacang hijau (200 gram)
  2. Santan kelapa (500 ml)
  3. Gula merah (150 gram)
  4. Garam (1/2 sendok teh)
  5. Air (1000 ml)

Bahan Pelengkap (Opsional)

  1. Ketan hitam (100 gram)
  2. Es serut
  3. Keju parut

Langkah-langkah Membuat Bubur Kacang Hijau

Setelah semua bahan Anda siapkan, mari kita mulai proses pembuatan bubur kacang hijau yang lezat. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat bubur kacang hijau:

  1. Rebus Kacang Hijau Sesudah proses perendaman, keringkan kacang hijau dan tempatkan di panci bersama 4 cangkir air. Anda dapat menambah selembar daun pandan ke panci untuk memberi wewangian yang unik pada bubur kacang hijau. Hidupkan kompor dengan api sedang dan diamkan kacang hijau mulai mendidih. Sesudah mendidih, turunkan panasnya hingga kacang hijau terus mendidih dengan api yang kecil. Diamkan kacang hijau direbus sampai betul-betul empuk, ini dapat memerlukan waktu sekitaran 30 sampai 45 menit. Waktu mengolah kacang hijau ini bergantung pada berapa lama Anda memendamnya dan berapa cepat mereka jadi halus.
  2. Menambah Rasa Saat kacang hijau telah halus, waktunya untuk menambah rasa pada bubur. Tambah gula pasir sesuai dengan selera Anda. Bila Anda menyenangi bubur lebih manis, Anda dapat menambah semakin banyak gula. Disamping itu, tambah sedikit garam untuk memberi rasa yang imbang. Gula dan garam ialah bahan penting pada bubur kacang hijau yang memberi gabungan rasa yang manis dan renyah yang sedap.
  3. Menambahkan Santan Selanjutnya, tambah santan ke panci yang berisi kacang hijau. Santan akan memberi bubur kacang hijau warna yang kaya dan struktur yang halus. Aduk santan dengan berhati-hati sampai bercampur prima dengan kacang hijau dan membuat bubur yang kental. Diamkan bubur mendidih sesaat sekalian terus diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Ini akan hasilkan struktur yang halus dan kental pada bubur kacang hijau Anda.
  4. Pemberian Akhir Sesudah bubur capai stabilitas yang Anda harapkan, matikan kompor. Bila Anda ingin mendinginkan bubur saat sebelum dihidangkan, Anda bisa menambah es batu ke dalamnya. Es batu akan menolong mendinginkan bubur dan memberi kesan fresh saat Anda melahapnya. Anda pun bisa hilangkan daun pandan bila Anda memakainya.
  5. Penyuguhan Bubur kacang hijau siap dihidangkan. Anda bisa tuangkan bubur ke mangkok dan menambah topping sesuai dengan selera, seperti keju parut, potongan pisang, atau potongan kelapa parut. Bubur kacang hijau umumnya dihidangkan panas, tapi bila Anda lebih sukai, Anda bisa mendinginkannya lebih dulu di almari es saat sebelum menyuguhkannya.
Baca Juga  Manfaat Toleransi dalam Kehidupan Sehari-Hari, Simak

Manfaat Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau bukan hanya lezat, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk:

  • Kacang hijau kaya akan serat, yang baik untuk pencernaan.
  • Gula merah memberikan energi instan.
  • Santan mengandung lemak sehat.
  • Bubur ini rendah lemak jenuh dan kolesterol.

Kesimpulan

Selesai sudah penjelasan mengenai cara membuat bubur kacang hijau. Membuat bubur kacang hijau tidak sulit dan sangat bermanfaat. Anda dapat menikmatinya sebagai makanan penutup atau camilan sehat. Dengan mengikuti panduan lengkap di atas, Anda dapat menciptakan hidangan yang lezat dan bergizi untuk keluarga dan teman-teman Anda.

Pertanyaan Umum

  1. Bagaimana cara menghindari agar bubur kacang hijau tidak terlalu encer?
    Anda dapat memasaknya lebih lama untuk mendapatkan konsistensi yang lebih kental.
  2. Bisakah saya menggunakan gula pasir sebagai pengganti gula merah?
    Ya, Anda bisa, tetapi gula merah memberikan rasa yang lebih khas pada bubur kacang hijau.
  3. Apakah saya perlu mencuci kacang hijau sebelum merendamnya?
    Ya, cuci kacang hijau terlebih dahulu sebelum merendamnya.
  4. Bisakah saya menyimpan bubur kacang hijau dalam lemari es?
    Ya, Anda bisa menyimpannya dalam lemari es dan menghangatkan saat ingin mengonsumsinya kembali.
  5. Apa manfaat garam dalam resep ini?
    Garam ditambahkan untuk menyeimbangkan rasa dan meningkatkan cita rasa gula merah dan santan.