7 Anime China Terbaik yang Gak Kalah dengan Anime Jepang

Posted on

biotifor.or.idAnime China – Anime adalah salah satu bentuk hiburan yang digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Anime berasal dari Jepang, tetapi tidak hanya Jepang yang bisa membuat anime berkualitas. China juga memiliki industri animasi yang berkembang pesat dan menghasilkan banyak karya yang menarik dan beragam.

Apa itu Anime China?

Anime China, atau yang juga dikenal sebagai donghua, adalah anime yang dibuat di negara China atau menggunakan gaya animasi dari negara tersebut. Anime ini biasanya memiliki pengaruh dari budaya, sejarah, dan mitologi China, serta genre-genre populer seperti fantasi, romansa, komedi, dan aksi.

Donghua bisa diartikan sebagai animasi dalam bahasa Mandarin. Anime dari negara ini memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari anime Jepang, antara lain:

  1. Penggunaan bahasa Mandarin sebagai bahasa utama. Beberapa anime China juga memiliki dubbing dalam bahasa lain, seperti Inggris, Jepang, Korea, atau Indonesia.
  2. Penggunaan teknologi CGI (Computer Generated Imagery) yang lebih banyak dan canggih. Beberapa anime dibuat menggunakan CGI secara penuh atau sebagian untuk menciptakan efek visual yang menakjubkan.
  3. Penggunaan musik dan lagu yang lebih bervariasi dan modern. Beberapa anime menggunakan musik dan lagu yang menggabungkan unsur tradisional dan kontemporer, seperti instrumen musik khas China, rap, rock, atau pop.
  4. Penggunaan cerita dan karakter yang lebih orisinal dan unik. Beberapa anime menggunakan cerita dan karakter yang berdasarkan pada novel-novel web populer di China, seperti xianxia (fantasi dengan unsur Taoisme), wuxia (petualangan dengan unsur seni bela diri), atau xuanhuan (fantasi dengan unsur magis).

Mengapa Anime China Populer?

Anime China semakin populer di kalangan penggemar anime di seluruh dunia karena beberapa alasan, antara lain:

  1. Pertama karena memiliki kualitas produksi yang tinggi dan profesional. Anime China dibuat oleh studio-studio animasi yang berpengalaman dan berbakat, seperti Bilibili Animation, Haoliners Animation League, Sparkly Key Animation Studio, atau Tencent Penguin Pictures.
  2. Kedua lantaran emiliki variasi genre dan tema yang luas dan menarik. Anime China tidak hanya mengandalkan genre-genre mainstream seperti isekai (dunia lain), harem (banyak pasangan), atau ecchi (erotis), tetapi juga mengeksplorasi genre-genre lain yang lebih segar dan berbeda, seperti sejarah, horor, psikologi, atau misteri.
  3. Ketiga karena emiliki cerita yang mendalam dan berkarakter. Anime China tidak hanya menghibur dengan aksi-aksi seru atau komedi-komedi lucu, tetapi juga menyentuh dengan drama-drama emosional atau romansa-romansa manis. Selain itu, anime ini juga memiliki karakter-karakter yang memiliki latar belakang, motivasi, dan perkembangan yang kuat dan realistis.
  4. Terakhir lantaran memiliki nilai-nilai budaya dan filosofi yang kaya dan inspiratif. Anime China sering mengambil inspirasi dari budaya, sejarah, dan mitologi China yang kuno dan kaya akan makna. Di dalam animenya juga sering menyampaikan pesan-pesan moral atau filosofis yang bermanfaat bagi penonton.
Baca Juga  Drama Korea Terbaru 2023 Rating Tinggi & Trending, Awas Baper!

Rekomendasi Anime China Terbaik

Berikut adalah beberapa rekomendasi anime terbaik yang bisa Anda tonton:

The King’s Avatar

The King’s Avatar menceritakan tentang Ye Xiu, seorang pemain profesional game online Glory yang dikeluarkan dari timnya dan harus memulai kembali karirnya dari nol. Anime ini menampilkan aksi-aksi seru dan strategi-strategi canggih dalam dunia game online.

Scissor Seven

Scissor Seven menceritakan tentang Wu Liuqi (Seven), seorang pembunuh bayaran yang kehilangan ingatannya dan membuka usaha cukur rambut sebagai samaran. Anime ini penuh dengan humor dan kekonyolan yang bisa membuat kamu tertawa terbahak-bahak.

Mo Dao Zu Shi

Rekomendasi Anime China

Mo Dao Zu Shi menceritakan tentang Wei Wuxian, seorang kultivator yang dianggap sebagai iblis karena menggunakan sihir hitam. Setelah dibunuh oleh musuhnya, ia bereinkarnasi dalam tubuh seorang pemuda lemah dan bertemu kembali dengan teman lamanya, Lan Wangji. Anime ini memiliki cerita yang menarik dan kompleks, serta hubungan yang romantis antara dua karakter utamanya.

The Legend of Hei

The Legend of Hei menceritakan tentang Hei, seekor kucing hitam yang hidup di hutan bersama makhluk-makhluk gaib lainnya. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang manusia yang bernama Xiaohei, yang ternyata adalah seorang pemburu gaib. Anime ini memiliki animasi yang indah dan mengharukan, serta pesan-pesan tentang perlindungan lingkungan dan persahabatan.

Baca Juga | 10 Rekomendasi Anime Movie Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Fog Hill of Five Elements

Anime China Terbaik

Fog Hill of Five Elements menceritakan tentang tiga pejuang elemen (api, air, dan tanah) yang bertugas menjaga keseimbangan dunia dari serangan monster-monster legendaris. Anime ini memiliki animasi yang spektakuler dan mengagumkan, serta aksi-aksi yang intens dan mendebarkan.

Baca Juga  Resep Tahu Walik yang Enak dan Renyah, Simak!

Soul Land

Soul Land menceritakan tentang Tang San, seorang jenius bela diri yang meninggal karena mencuri rahasia terlarang dari sekte Tang. Ia bereinkarnasi di dunia lain, di mana orang-orang bisa menggunakan jiwa mereka sebagai senjata. Di sana, ia bertemu dengan teman-teman baru dan menghadapi berbagai tantangan. Anime ini memiliki cerita yang epik dan petualangan yang seru, serta karakter-karakter yang karismatik dan kuat.

Psychic Princess

Psychic Princess menceritakan tentang Qian Yunxi, seorang putri kerajaan yang memiliki kemampuan supranatural. Karena takut akan kekuatannya, ayahnya mengirimnya ke sebuah istana terpencil untuk hidup sendirian.

Namun, ia tidak tahu bahwa istana itu sebenarnya adalah tempat tinggal dari pangeran Ye Youming, yang juga memiliki kekuatan gelap. Anime ini memiliki cerita yang romantis dan lucu, serta animasi yang cantik dan imut.

Demikianlah artikel tentang anime China, mengapa anime ini bisa begitu populer, dan rekomendasi terbaik daftar yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bisa memberikan kamu informasi dan inspirasi tentang dunia animasi yang kaya dan beragam. Selamat menonton!