Resep Tumis Kacang Panjang: Lezat dan Mudah untuk Dicoba

Posted on

biotifor.or.id – Kacang panjang, dengan memiliki bentuk yang unik dan rasanya yang fresh, sering jadi bahan yang terkenal dalam masakan Asia, khususnya dalam hidangan tumis. Tumis kacang panjang ialah opsi yang prima buat mereka yang cari sajian sehat dan sedap. Dengan gabungan bumbu yang pas, Anda bisa membuat sajian ini jadi opsi favorite di atas meja makan Anda. Silahkan kita telusuri resep tumis kacang panjang yang simpel tetapi sedap!

Mengenal Kacang Panjang

Kacang panjang adalah tipe sayur yang cukup terkenal di Indonesia. Tanaman ini termasuk ke keluarga kacang-kacangan dan tumbuh sebagai tanaman menjalar. Kacang panjang mempunyai tangkai yang panjang dan ramping, dengan daun yang terdiri dari 3 sampai lima pasang daun majemuk.

Buah kacang panjang umumnya panjang dan tipis, dengan warna yang bervariatif di antara hijau tua sampai hijau muda. Kacang panjang mempunyai biji yang lunak dan bisa dikonsumsi, kerap dipakai dalam masakan Indonesia sebagai bahan pendamping atau bahan khusus. Disamping itu, kacang panjang dikenal juga kaya serat, vitamin, dan mineral, membuat jadi opsi sayur yang sehat.

Kacang panjang bisa dibuat jadi beragam jenis sajian, seperti tumis kacang panjang, sayur asem, atau lahap. Rasanya yang gurih dan fresh membuat jadi favorite di atas meja makan banyak keluarga Indonesia. Disamping itu, kacang panjang dikenal juga untuk sumber gizi yang bagus dan bisa jadi sisi penting dari skema makan imbang.

Kandungan Gizi Kacang Panjang

Kacang panjang adalah sayuran yang kaya akan nutrisi. Berikut adalah beberapa kandungan gizi kacang panjang:

  1. Kalori: Kacang panjang rendah kalori, sehingga cocok untuk diet rendah kalori. Satu porsi kacang panjang umumnya mengandung sekitar 31 kalori.
  2. Karbohidrat: Kacang panjang mengandung karbohidrat kompleks, yang memberikan energi secara bertahap. Karbohidrat ini juga kaya serat, baik untuk pencernaan. Satu porsi kacang panjang biasanya mengandung sekitar 7 gram karbohidrat.
  3. Protein: Kacang panjang adalah sumber protein nabati yang baik. Protein penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Satu porsi kacang panjang bisa memberikan sekitar 2 gram protein.
  4. Serat: Kacang panjang kaya akan serat, yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengontrol kadar gula darah. Serat juga dapat membantu dalam manajemen berat badan. Satu porsi kacang panjang umumnya mengandung sekitar 2 gram serat.
  5. Vitamin dan Mineral: Kacang panjang mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, magnesium, kalium, dan mangan.
  6. Antioksidan: Kacang panjang mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.
Baca Juga  Resep Wedang Uwuh: Menyelami Kelezatan Tradisional dari Jawa

Resep Tumis Kacang Panjang

Resep Tumis Kacang Panjang

Bahan-Bahan untuk Tumis Kacang Panjang yang Lezat

Sebelum kita memasak, tentu saja kita perlu menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk resep tumis kacang panjang yang lezat:

  • Kacang panjang segar (sekitar 300 gram), bersihkan dan potong-potong sesuai selera.
  • Minyak sayur, sekitar 2 sendok makan.
  • Bawang putih, cincang halus, sekitar 3 siung.
  • Bawang merah, cincang halus, sekitar 1 buah.
  • Cabai merah besar, iris tipis, sesuai selera kepedasan.
  • Saus tiram, sekitar 2 sendok makan.
  • Kecap manis, sekitar 1 sendok makan.
  • Garam dan merica secukupnya.
  • Air matang, sekitar 50 ml.

Langkah-Langkah Memasak Tumis Kacang Panjang yang Sederhana

  1. Siapkan Bahan dan Alat: Pastikan Anda memiliki semua bahan yang dibutuhkan di atas dan juga alat masak seperti wajan, spatula, dan pisau.
  2. Potong Kacang Panjang: Bersihkan kacang panjang dan potong sesuai selera. Jika suka tekstur yang lebih renyah, potong sedikit lebih besar. Jika suka lebih lembut, potong lebih kecil.
  3. Panaskan Minyak Sayur: Panaskan minyak sayur di wajan dengan api sedang. Tambahkan bawang putih dan bawang merah cincang, tumis hingga harum.
  4. Tambahkan Cabai Merah: Masukkan irisan cabai merah ke dalam wajan. Jika Anda menyukai makanan pedas, tambahkan lebih banyak cabai sesuai selera.
  5. Masukkan Kacang Panjang: Tambahkan potongan kacang panjang ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan tumis hingga kacang panjang sedikit layu.
  6. Tambahkan Saus Tiram dan Kecap Manis: Tuangkan saus tiram dan kecap manis ke dalam wajan. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam kacang panjang.
  7. Tambahkan Air dan Bumbui: Tuangkan air matang ke dalam wajan untuk memberikan sedikit kelembutan pada tumisan. Bumbui dengan garam dan merica secukupnya.
  8. Aduk Merata dan Sajikan: Aduk tumisan secara merata dan pastikan kacang panjang sudah matang. Sajikan tumis kacang panjang ini dengan nasi hangat.
Baca Juga  5 Karakter Anime Terimut yang Bikin Kamu Gemas di Tahun 2023

Tips Tambahan untuk Memaksimalkan Rasanya

  • Tambahkan potongan daging ayam atau udang untuk variasi protein.
  • Campurkan potongan wortel atau jamur untuk penambahan tekstur dan rasa.
  • Jika suka, taburi tumisan dengan bawang goreng sebagai hiasan.

Kesimpulan

Tumis kacang panjang ialah sajian yang cepat, simpel, dan sedap. Berbahan yang gampang diketemukan dan beberapa langkah yang simpel, Anda bisa mempersiapkan sajian ini di dalam rumah secara gampang. Selainnya sedap, tumis kacang panjang adalah opsi makanan sehat yang penuh gizi . Maka, beranikan diri Anda untuk coba resep ini dan cicipi sajian yang fresh dan sedap di atas meja makan Anda!

Dengan mencoba resep tumis kacang panjang ini, Anda tidak hanya dapat menikmati masakan yang lezat tetapi juga memberikan variasi pada menu harian Anda. Selamat mencoba dan semoga tumis kacang panjang ini menjadi salah satu favorit di dapur Anda!