Resep Tempe Bacem: Cara Mudah Memasak Tempe Manis Gurih

biotifor.or.idResep Tempe Bacem – Dalam artikel berikut, kita akan mengulas resep tempe bacem, salah satunya sajian tradisionil Indonesia yang terkenal. Tempe bacem ialah tempe yang diolah bumbu manis renyah yang membuat sedap dan memikat hasrat. Kami akan memberi tutorial langkah setiap langkah mengenai langkah membuat tempe bacem yang sedap di dalam rumah.

Apa itu Tempe Bacem?

Apa itu Tempe Bacem?

Tempe Bacem ialah sajian tradisionil Jawa yang dibuat dari tempe yang diolah bumbu gula merah, kecap manis, dan rempah-rempah, seperti jahe dan daun salam. Proses mengolah tempe Bacem mengikutsertakan penggorengan dalam minyak panas sampai tempe jadi gurih dan berkulit manis. Sajian ini mempunyai rasa yang renyah dan manis karena pemakaian gula merah dan kecap manis pada proses mengolahnya.

Tempe Bacem kerap dihidangkan sebagai lauk atau cemilan dan menjadi opsi yang sedap untuk dicicipi bersama nasi atau sebagai camilan. Sajian ini adalah contoh dari bermacam masakan tempe yang terkenal di Indonesia, di mana tempe dipandang seperti bahan makanan yang banyak protein dan serbaguna.

Resep Tempe Bacem

Resep Tempe Bacem

Bahan-bahan yang Diperlukan

Saat sebelum kamu mengawali proses mengolah, pastikanlah kamu sudah mempersiapkan seluruh bahan yang dibutuhkan. Berikut daftar bahan yang hendak kamu perlukan dalam resep tempe bacem :

Bahan Utama:

  • 250 gram tempe, potong menjadi potongan kecil
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bumbu Halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 3 buah cabai merah (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)
  • 2 sendok makan gula merah, sisir halus
  • 1 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Langkah-langkah Memasak Tempe Bacem

Saat ini, untuk resep tempe bacem silahkan kita awali mengolah tempe manis yang sedap:

1. Menyediakan Tempe

  • Potong tempe menjadi potongan kecil sesuai selera.
Baca Juga  8 Film Anime Studio Ghibli yang Paling Menyentuh Hati

2. Menggoreng Tempe

  • Panaskan minyak goreng dalam wajan.
  • Goreng potongan tempe hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

3. Menyiapkan Bumbu

  • Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah.

4. Memasak Tempe dengan Bumbu

  • Tumis bumbu halus hingga harum dengan api kecil.
  • Masukkan daun salam, serai, dan daun jeruk. Aduk rata.

5. Menambahkan Tempe

  • Masukkan tempe yang telah digoreng ke dalam tumisan bumbu.
  • Tambahkan gula merah, kecap manis, garam, dan merica. Aduk hingga bumbu merata.

6. Merebus Tempe

  • Tuangkan air secukupnya ke dalam wajan.
  • Biarkan tempe mendidih dengan api kecil hingga bumbu meresap dan tempe matang.

7. Menghidangkan Tempe Bacem

  • Setelah matang, angkat tempe bacem dan sajikan.

Makanan Pendamping Tempe Bacem

Makanan pendamping yang cocok bersama tempe bacem adalah:

  1. Nasi Putih: Nasi putih ialah opsi yang umum untuk menyuguhkan tempe bacem. Gabungan rasa yang manis tempe bacem dan nasi putih yang renyah benar-benar pas.
  2. Sayuran Rebus: Sayur rebus seperti kangkung, bayam, atau brokoli menjadi pengiring yang sehat untuk tempe bacem. Sayur ini memberi kesegaran dan kesetimbangan pada sajian kamu.
  3. Sambal: Sambal ialah tambahan yang terkenal untuk sajian tempe bacem. Kamu dapat pilih sambal favorite kamu, seperti sambal terasi atau sambal kecap, untuk menambah rasa gurih dan pedas pada sajian.
  4. Telur Dadar: Telur dadar yang halus dan renyah bisa menambah protein dan macam rasa pada makanan kamu. Kamu dapat membuat telur dadar simpel atau telur dadar dengan bumbu tambahan seperti daun bawang atau cabe.
  5. Krupuk: Krupuk atau emping ialah cemilan yang nikmat agar dikonsumsi bersama tempe bacem. Mereka memberi struktur yang gurih dan kontras dengan tempe yang lunak.
  6. Lalapan: Lahapan seperti tomat, ketimun, dan daun selada menjadi pengiring fresh untuk tempe bacem. Lahapan memberi kesegaran dan memberi kontras struktur yang baik.
Baca Juga  Cara Merawat Sugar Glider Bagi Pemula, Simak ini

Semua pilihan ini dapat disesuaikan dengan selera kamu sendiri untuk menciptakan hidangan yang nikmat bersama tempe bacem. Selamat menikmati!

Kapan Waktu yang tepat Menikmati Tempe Bacem?

Saat yang pas untuk nikmati tempe bacem umumnya ialah saat makan siang atau makan malam. Tempe bacem ialah sajian Indonesia yang mempunyai rasa yang manis dengan sedikit rasa renyah, hingga pas dicicipi sebagai sajian pengiring nasi. Kamu bisa juga menikmatinya sebagai cemilan waktu santai atau sebagai sisi dari sajian sepanjang acara khusus . Maka, kapan saja kamu merasakan lapar dan ingin nikmati sajian yang sedap dan manis, tempe bacem menjadi opsi yang bagus.

Sensasi Rasa Tempe Bacem

Tempe bacem ialah sajian yang sedap dan unik dari Indonesia. Rasa sensasi tempe bacem dapat diterangkan sebagai manis, renyah, dan agak pedas. Berikut beberapa bagian utama yang menyumbangkan pada rasa sensasi ini:

  1. Manis: Gula merah atau gula kelapa adalah bahan utama yang digunakan dalam saus tempe bacem. Gula ini memberikan rasa manis yang khas dan menjadi ciri khas hidangan ini.
  2. Gurih: Tempe yang digunakan dalam tempe bacem sudah difermentasi dan memiliki rasa gurih alami. Ketika dimasak dalam saus manis, tempe ini menjadi lebih gurih dan lezat.
  3. Sedikit Pedas: Beberapa resep tempe bacem mungkin menambahkan cabai atau merica untuk memberikan sedikit sensasi pedas yang menyegarkan.
  4. Aroma Harum: Tempe bacem biasanya dimasak dengan rempah-rempah seperti daun salam, sereh, dan lengkuas. Ini memberikan aroma harum yang khas pada hidangan ini.
  5. Keseimbangan Rasa: Keseimbangan antara manis, gurih, dan sedikit pedas sangat penting dalam tempe bacem. Ini membuat hidangan ini begitu lezat dan memikat lidah.
Baca Juga  Cara Merawat Anak Kucing dengan Benar dan Aman

Sensasi rasa tempe bacem ini sering kali membuatnya menjadi hidangan yang sangat disukai dan dicari oleh banyak orang, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Kesimpulan

Itulah barusan keterangan mengenai resep tempe bacem yang dapat kalian coba. Tempe bacem ialah sajian sedap yang dapat kamu cicipi bersama dengan nasi hangat. Resep ini gampang di ikuti dan menjadi opsi yang prima untuk sajian setiap hari atau acara spesial. Coba bikin sendiri di dalam rumah dan cicipi kesedapannya!

Pertanyaan Umum (FAQs)

  1. Apakah saya bisa menggunakan tempe tahu untuk resep ini?
    Ya, kamu bisa menggunakan tempe tahu sebagai alternatif untuk tempe biasa.
  2. Berapa lama tempe bacem bisa disimpan?
    Tempe bacem dapat disimpan dalam lemari es selama 2-3 hari.
  3. Bisakah saya mengurangi jumlah cabai merah untuk mengurangi kepedasan?
    Tentu, kamu bisa menyesuaikan jumlah cabai merah sesuai dengan selera kamu.
  4. Apakah saya bisa menggunakan gula biasa sebagai pengganti gula merah?
    Ya, kamu bisa menggunakan gula biasa, tetapi gula merah memberikan rasa khas pada tempe bacem.
  5. Bisakah saya menambahkan sayuran ke dalam hidangan ini?
    Tentu saja! kamu bisa menambahkan sayuran seperti wortel atau kacang panjang sesuai selera.

Nikmati tempe bacem yang lezat ini dan bagikan dengan keluarga dan teman kamu. Selamat mencoba!