Doa Sesudah Sholat Dhuha Latin Arab dan Terjemahan

Doa Sesudah Sholat Dhuha Latin Arab dan Terjemahan

Posted on

Biotifor.or.idDoa sesudah sholat Dhuha merupakan rangkaian kata dan kalimat yang diucapkan umat Islam setelah melaksanakan sholat Dhuha. Doa ini mengandung makna permohonan dan penghormatan kepada Allah SWT. Melalui doa ini, seorang Muslim memohon perlindungan, petunjuk, dan berbagai karunia lainnya dari Allah SWT.

Definisi Doa Sesudah Sholat Dhuha

Berdoa sesudah sholat Dhuha bukanlah hal yang asing bagi umat Islam. Doa ini telah menjadi bagian dari tradisi dan rutinitas ibadah mereka. Dalam berdoa, umat Islam diajarkan untuk meminta dengan tulus dan penuh harap kepada Allah SWT. Oleh karena itu, doa ini diucapkan dengan penuh kekhusyukan dan kesungguhan hati.

Namun, berdoa tidak cukup hanya diucapkan. Doa harus diiringi dengan pemahaman akan makna dan isi dari doa tersebut. Dengan memahami doa, seorang Muslim bisa lebih merasakan makna dan hikmah yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi umat Islam untuk mempelajari dan memahami isi dari doa sesudah sholat Dhuha ini.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Berikut adalah bacaan doa sesudah sholat Dhuha yang biasa diamalkan oleh umat Islam:

للّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ
وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal ‘ismata ‘ismatuka

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya: “Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuhaMu, kecantikan itu adalah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan perlindungan itu, perlindunganMu.”

Baca Juga  Mitos Menabrak Kucing Fakta dan Legenda yang Mengelilinginya

Ya Allah, jika rezeki masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanMu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh.”

Dalam berdoa, umat Islam biasanya melafalkan doa ini dengan khusyuk dan penuh keimanan. Doa ini tidak hanya diucapkan, tetapi juga diresapi dan direnungkan. Kandungan doa ini mengajarkan kita untuk selalu meminta ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal dan baik, serta amal yang diterima oleh Allah SWT.

Dzikir Setelah Sholat Dhuha

dzikir setelah sholat dhuha

Artinya: “Ya Allah, ampuni dosa saya dan terimalah taubat saya. Sesungguhnya Engkau maha penerima tobat dan Maha Pengampun.”

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu aku akan mentauhidkan-Mu) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa surga untukku). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Dalam hadits yang diceritakan Aisyah RA, Nabi SAW membaca dzikir ini usai salat dhuha sebanyak 100 kali. Hadits ini diriwayatkan beberapa perawi dengan kredibilitas sangat baik, salah satunya Bukhari.

Kemudian, dzikir setelah sholat dhuha dapat dilanjutkan dengan membaca doa sayyidul istighfar. Doa ini adalah bagian dari dzikir pagi yang bisa dibaca tiap muslim.

Keutamaan mengamalkan sholat dhuha adalah diampuninya dosa-dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan,” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Baca Juga  Manfaat Puasa Senin Kamis: Kesehatan Tubuh dan Spiritual

FAQ Seputar Doa Sesudah Sholat Dhuha

Apa itu doa sesudah sholat Dhuha dan apa artinya?

Doa sesudah sholat Dhuha adalah doa yang biasa diucapkan oleh umat Islam setelah melakukan sholat Dhuha. Doa ini memiliki makna memohon kepada Allah SWT untuk diberikan ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima oleh-Nya.

Apakah ada bacaan khusus untuk doa setelah sholat Dhuha?

Tidak ada bacaan khusus yang ditetapkan untuk doa setelah sholat Dhuha. Namun, umumnya umat Islam membaca doa yang berisi permohonan untuk ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima oleh Allah.

Bagaimana cara berdoa sesudah sholat Dhuha sesuai sunnah?

Berdoa sesudah sholat Dhuha sesuai sunnah dilakukan dengan cara melafalkan doa tersebut dengan khusyuk dan penuh keimanan. Doa ini diucapkan setelah selesai melakukan sholat Dhuha, dan biasanya disertai dengan memahami dan merenungkan makna dari doa tersebut.

Apakah ada doa khusus sesudah sholat Dhuha 2 rakaat?

Tidak ada doa khusus yang diucapkan setelah melaksanakan sholat Dhuha 2 rakaat. Umat Islam biasanya membaca doa yang sama setelah melaksanakan sholat Dhuha, baik itu 2 rakaat atau lebih.

Bagaimana bacaan doa sesudah sholat Dhuha yang pendek?

Tidak ada versi pendek khusus untuk doa sesudah sholat Dhuha. Doa yang biasa diucapkan setelah sholat Dhuha sudah cukup singkat dan padat, yaitu memohon ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima oleh Allah. Meski singkat, doa ini memiliki makna yang sangat mendalam dan penting dalam kehidupan seorang Muslim.

Penutup

Melaksanakan sholat Dhuha dan membaca doa sesudahnya merupakan amalan yang penuh berkah. Melalui doa ini, kita menunjukkan ketergantungan kita kepada Allah SWT dan memohon perlindungan, petunjuk, serta rahmat-Nya.

Baca Juga  Doa Setelah Adzan dan Iqomah: Panduan Lengkap dan Benar

Berdoa setelah sholat Dhuha membantu kita merenung dan memahami apa yang sebenarnya kita butuhkan dalam hidup ini, yaitu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima oleh Allah SWT. Melalui doa ini, kita diajarkan untuk selalu merendahkan hati dan menyadari bahwa segala sesuatu yang kita miliki hanyalah pinjaman dari-Nya.

Akhir kata, semoga kita semua selalu dalam lindungan dan petunjuk Allah SWT. Semoga doa-doa kita, termasuk doa sesudah sholat Dhuha, selalu mendapat kabul dan ridha dari-Nya. Aamiin…