Lafaz Doa qunut subuh: arab, latin, dan artinya

Lafaz Doa qunut subuh: arab, latin, dan artinya

Posted on

Biotifor.or.idDoa qunut subuh menjadi bagian yang sarat akan hikmah dan keutamaan dalam shalat subuh. Namun, terkadang kita lupa atau bahkan belum mengenal doa qunut ini dengan baik. Melalui artikel ini, kita akan menggali lebih dalam, mulai dari pengertiannya, hikmah, hingga tata cara melaksanakannya. Mari kita bersama-sama menghiasi kehidupan kita dengan memahami dan mengamalkan doa yang penuh berkah ini.

Pengertian doa qunut subuh

Doa qunut subuh merupakan doa yang dibaca pada saat shalat subuh, tepatnya pada rakaat kedua setelah ruku. Doa ini menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dalam shalat subuh dan memiliki keistimewaan tersendiri. Qunut sendiri berasal dari kata “qanata” yang memiliki arti tunduk dan patuh, menggambarkan kekhusyukan dan kepasrahan kita saat berdoa kepada Allah SWT.

Melalui doa ini, kita memohon perlindungan, petunjuk, dan keberkahan dari Sang Pencipta di awal hari, agar kita dapat menjalani kehidupan dengan penuh keberkahan dan ridho-Nya. Hal ini menjadi sarana kita untuk mempererat hubungan kita dengan Allah dan mengingatkan kita akan kebesaran-Nya di awal pagi hari.

Lafaz doa qunut subuh

Melafalkannya di saat shalat subuh akan menambah kekhusyukan dan mempererat hubungan kita dengan Allah SWT. Berikut ini adalah lafaz yang perlu kita hafalkan dan amalkan dalam shalat subuh kita:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَاقَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Allahummah dinii fii man hadairs, wa ‘aafiinii fii man ‘aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, wa baarik lii fii maa a’thaits, wa qi nii syarra maa qadlaits, fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa ‘alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalaits, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaits.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berilah kesejahteraan kepadaku di antara orang-orang yang Engkau beri kesejahteraan, tolonglah aku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan, berikanlah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah aku dari keburukan yang Engkau putuskan, karena sesungguhnya Engkau memutuskan dan tidak diputuskan atasMu, dan tiada kehinaan kepada orang yang telah Engkau tolong, Mahasuci Engkau wahai Tuhan kami, lagi Maha Tinggi.
Lafaz doa qunut subuh

Apa Hikmah dan keutamaan doa qunut subuh?

Hikmah dan keutamaan meliputi:

  1. Mengingatkan kita akan kebesaran Allah SWT. Melalui doa ini, kita menyadari betapa kita sangat membutuhkan petunjuk dan perlindungan dari Sang Pencipta.
  2. Mempererat hubungan kita dengan Allah SWT. Dengan mengucapkan doa, kita merasa lebih dekat dan terhubung dengan Allah, sebagai bentuk kepasrahan kita kepada-Nya.
  3. Memohon petunjuk dan perlindungan. Mengajak kita untuk meminta petunjuk, perlindungan, dan keberkahan dari Allah SWT di setiap langkah kita.
  4. Menambah kekhusyukan dalam shalat subuh. Doa ini menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dalam shalat subuh, yang dapat menambah kekhusyukan kita saat melaksanakan shalat.
  5. Membiasakan diri untuk berdoa. Melalui doa ini, kita melatih diri untuk selalu berdoa dan mengharapkan pertolongan dari Allah SWT di setiap saat.
  6. Membangun kebiasaan baik di awal hari. Dengan mengamalkan doa ini, kita mulai hari dengan penuh semangat dan kepasrahan kepada Allah, yang akan membantu kita menjalani hari dengan lebih baik.
Baca Juga  Manfaat Sholat Dhuha: Keajaiban Pagi yang Menginspirasi

Dengan mengamalkan doa ini, kita akan merasakan hikmah dan keutamaan yang terkandung di dalamnya. Mari kita jadikan hal ini sebagai bagian dari rutinitas shalat subuh kita, agar kehidupan kita selalu dalam lindungan dan ridho Allah SWT.

Tips

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu kita dalam mengamalkannya:

  1. Pahami maknanya. Dengan memahami makna dan terjemahan doa, kita akan lebih mudah merasakan kekhusyukan saat mengucapkannya.
  2. Hafalkan doanya. Luangkan waktu setiap hari untuk menghafal doa qunut subuh. Dengan menghafalnya, kita akan lebih mudah melafalkannya saat shalat subuh.
  3. Rutinkan membaca doa. Jadikan doa ini sebagai bagian rutin dalam shalat subuh kita. Semakin sering kita membacanya, semakin lancar kita dalam melafalkannya.
  4. Ajak keluarga untuk mengamalkan doa qunut subuh. Mengajak keluarga dan orang terdekat kita untuk mengamalkan doa akan memotivasi kita untuk terus melakukannya dan menciptakan lingkungan yang lebih baik.
  5. Temukan metode hafalan yang efektif. Setiap orang memiliki cara hafalan yang berbeda. Temukan metode yang paling efektif untuk kita dalam menghafal doa. Seperti melafalkannya berulang-ulang atau menggunakan rekaman suara.
  6. Berdoa dengan konsentrasi dan kepasrahan. Saat mengucapkan doa qunut subuh, fokuskan pikiran kita pada makna doa dan rasakan kepasrahan kita kepada Allah SWT. Hal ini akan membantu kita merasakan kekhusyukan yang lebih dalam.

Mari kita terapkan tips-tips di atas agar kita bisa lebih khusyuk dan melafalkan doa dengan penuh keikhlasan. Semoga dengan mengamalkannya, kita akan diberi berkah dan kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

FAQ ( Yang sering ditanyakan )

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan dalam hal doa qunut subuh:

  1. Apakah doa qunut subuh wajib dilakukan?

Doa qunut subuh sebenarnya tidak termasuk dalam kategori wajib dalam shalat subuh, melainkan sunnah muakkad (sunnah yang dianjurkan). Namun demikian, mengamalkan doa ini sangat dianjurkan karena memiliki hikmah dan keutamaan tersendiri. Dengan melafalkan doa ini, kita akan merasakan kekhusyukan yang lebih dalam dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  1. Bagaimana jika lupa membaca doa saat shalat?

Jika kita lupa membaca doa qunut subuh saat melaksanakan shalat subuh, tidak perlu khawatir. Karena doa ini adalah sunnah muakkad, shalat subuh kita tetap sah meskipun kita lupa membaca doa qunut. Namun, hendaknya kita berusaha untuk mengingat dan mengamalkan doa ini di kemudian hari agar keutamaan dan hikmahnya dapat kita rasakan.

  1. Apakah ada variasi doa qunut subuh dalam berbagai madzhab?

Variasi doa qunut subuh memang ada dalam berbagai madzhab. Meskipun demikian, inti dari doa tetap sama, yaitu memohon petunjuk, perlindungan, dan keberkahan dari Allah SWT. Beberapa madzhab mungkin memiliki perbedaan dalam lafaz doa qunut subuh, namun perbedaan tersebut tidak mengurangi esensi dan makna dari doa itu sendiri. Yang terpenting adalah kita melafalkan doa dengan penuh kepasrahan dan keikhlasan kepada Allah SWT.

Baca Juga  Doa pulang umroh Untuk Tamu agar Dikabulkan: Arab dan Latin

Penutup

Kesimpulannya adalah doa ini merupakan doa yang sangat penting dan sarat akan hikmah serta keutamaan dalam shalat subuh. Meskipun termasuk dalam kategori sunnah muakkad, mengamalkan doa ini sangat dianjurkan agar kita dapat merasakan kekhusyukan yang lebih dalam dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan memahami maknanya, menghafal, dan mengamalkannya, kita membuka pintu keberkahan dan perlindungan Allah di awal hari kita. Mari kita jadikan hal ini sebagai bagian dari rutinitas shalat subuh kita, agar kehidupan kita selalu dalam lindungan dan ridho Allah SWT.