Cara Mudah Merekam Layar Laptop Dengan Berbagai Metode

Posted on

biotifor.or.idCara Merekam Layar Laptop , Merekam layar laptop adalah salah satu cara untuk menangkap aktivitas yang terjadi di layar laptop Anda. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin merekam layar laptop, seperti membuat video tutorial, presentasi, demonstrasi, atau bahkan live streaming. Namun, bagaimana cara merekam layar laptop dengan mudah dan cepat? Apa saja aplikasi atau alat yang dibutuhkan?

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara merekam layar laptop dan langkah-langkahnya. Kami akan membahas cara merekam layar laptop tanpa aplikasi, dengan extension, dan dengan aplikasi. Kami juga akan memberikan beberapa tips dan trik untuk membuat rekaman layar laptop Anda lebih menarik dan profesional. Mari kita mulai!

Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi

cara merekam layar laptop

Jika Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10, Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk merekam layar laptop Anda. Anda bisa menggunakan fitur bawaan Windows 10 yang bernama Game Bar. Game Bar adalah alat yang dirancang untuk merekam dan menyiarkan permainan, tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk merekam aktivitas apa pun di layar laptop Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk merekam layar laptop dengan Game Bar:

  1. Aktifkan fitur Game Bar dengan membuka menu Settings > Gaming > Game Bar. Pastikan Anda mengaktifkan opsi Record game clips, screenshots, and broadcast using Game Bar.
  2. Buka aplikasi atau jendela yang ingin Anda rekam. Anda bisa merekam seluruh layar atau hanya bagian tertentu dari layar.
  3. Tekan tombol Windows + G di keyboard Anda untuk membuka Game Bar. Anda akan melihat beberapa ikon di bagian atas layar, seperti Capture, Audio, Performance, dan lainnya.
  4. Klik ikon Capture (ikon kamera) untuk membuka panel perekaman. Di sini Anda bisa mengatur beberapa opsi, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan mikrofon, mengubah kualitas video, dan memilih folder penyimpanan.
  5. Untuk mulai merekam, klik tombol Record (ikon lingkaran merah) atau tekan Windows + Alt + R. Anda akan melihat indikator waktu di pojok kanan atas layar yang menunjukkan bahwa Anda sedang merekam.
  6. Untuk menghentikan perekaman, klik tombol Stop (ikon kotak hijau) atau tekan Windows + Alt + R lagi. Anda juga bisa menekan Windows + G untuk membuka Game Bar dan menghentikan perekaman dari sana.
  7. Untuk melihat hasil rekaman Anda, buka folder Videos > Captures di laptop Anda. Anda juga bisa mengedit video Anda dengan menggunakan aplikasi Video Editor bawaan Windows 10.
Baca Juga  Cara Mendapatkan Uang dari NFT: Belajar Bisnis Digital sekarang!

Cara Merekam Layar Laptop Dengan Extension

Jika Anda lebih sering menggunakan browser Chrome untuk menjalankan aktivitas di laptop Anda, Anda bisa merekam layar laptop Anda dengan menggunakan extension atau ekstensi. Extension adalah alat tambahan yang bisa Anda pasang di browser Anda untuk menambahkan fungsi atau fitur tertentu. Salah satu extension yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar laptop adalah Awesome Screenshot & Screen Recorder. Berikut adalah langkah-langkah untuk merekam layar laptop dengan extension Awesome Screenshot & Screen Recorder:

  1. Buka browser Chrome dan masuk ke Chrome Web Store. Di kolom pencarian, ketik Awesome Screenshot & Screen Recorder dan klik Add to Chrome. Klik Add Extension untuk memasang extension tersebut di browser Anda.
  2. Setelah extension terpasang, Anda akan melihat ikonnya di pojok kanan atas browser Anda. Klik ikon tersebut untuk membuka menu extension.
  3. Pilih Recorder untuk membuka panel perekaman. Di sini Anda bisa memilih sumber perekaman, yaitu layar, kamera, atau keduanya. Anda juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan mikrofon dan speaker.
  4. Untuk mulai merekam, klik Start Recording. Anda akan diminta untuk memilih tab atau jendela yang ingin Anda rekam. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan klik Share.
  5. Untuk menghentikan perekaman, klik Stop Recording. Anda akan diarahkan ke halaman baru yang menampilkan hasil rekaman Anda. Di sini Anda bisa memutar, mengunduh, atau membagikan video Anda.

Cara Merekam Layar Laptop Dengan Aplikasi

Jika Anda ingin merekam layar laptop dengan lebih banyak fitur dan fleksibilitas, Anda bisa menggunakan aplikasi perekam layar. Ada banyak aplikasi perekam layar yang bisa Anda pilih, baik yang gratis maupun berbayar. Salah satu aplikasi perekam layar yang populer dan mudah digunakan adalah VLC Player. VLC Player adalah aplikasi pemutar media yang bisa Anda gunakan untuk memutar berbagai jenis file audio dan video. Namun, VLC Player juga memiliki fitur tersembunyi yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar laptop. Berikut adalah langkah-langkah untuk merekam layar laptop dengan VLC Player:

  1. Unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi VLC Player. Anda bisa mengunduhnya dari situs resminya di sini.
  2. Buka aplikasi VLC Player dan pilih menu Media. Pilih menu Open Capture Device dan cari bagian capture mode, lalu pilih Desktop.
  3. Klik tanda panah ke bawah yang ada di sebelah tombol Play, dan pilih Convert. Di sini Anda bisa mengatur beberapa opsi, seperti format file, nama file, dan folder penyimpanan.
  4. Klik Start untuk mulai merekam. Anda akan melihat indikator waktu di pojok bawah kanan aplikasi yang menunjukkan bahwa Anda sedang merekam.
  5. Untuk menghentikan perekaman, klik Stop (ikon kotak hitam) atau tekan Ctrl + C. Anda bisa menemukan hasil rekaman Anda di folder yang telah Anda tentukan sebelumnya.
Baca Juga  Cara Mengganti Metode Pembayaran di Lazada Terbaru 2023

Tips dan Trik untuk Merekam Layar Laptop

Setelah Anda mengetahui beberapa cara merekam layar laptop, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk membuat rekaman layar laptop Anda lebih baik. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba:

1. Pastikan laptop Anda memiliki spesifikasi yang cukup untuk merekam layar

Rekaman layar laptop bisa memakan banyak sumber daya, seperti CPU, RAM, dan ruang penyimpanan. Jika laptop Anda tidak memiliki spesifikasi yang cukup, rekaman layar laptop Anda bisa terganggu, macet, atau bahkan gagal. Sebaiknya, tutup aplikasi atau program yang tidak perlu saat Anda merekam layar laptop.

2. Sesuaikan resolusi dan frame rate sesuai dengan kebutuhan Anda

Resolusi dan frame rate adalah dua faktor yang mempengaruhi kualitas dan ukuran video rekaman layar laptop Anda. Resolusi adalah ukuran dimensi video, sedangkan frame rate adalah jumlah gambar yang ditampilkan per detik. Semakin tinggi resolusi dan frame rate, semakin jelas dan lancar video Anda, tetapi juga semakin besar ukuran file-nya. Sebaliknya, semakin rendah resolusi dan frame rate, semakin buram dan patah-patah video Anda, tetapi juga semakin kecil ukuran file-nya.

Anda bisa menyesuaikan resolusi dan frame rate sesuai dengan tujuan dan kapasitas laptop Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin merekam layar laptop untuk membuat video tutorial, Anda bisa menggunakan resolusi 1280 x 720 pixel dan frame rate 30 fps. Jika Anda ingin merekam layar laptop untuk live streaming, Anda bisa menggunakan resolusi 1920 x 1080 pixel dan frame rate 60 fps.

3. Gunakan mikrofon eksternal jika Anda ingin merekam suara

Mikrofon bawaan laptop biasanya memiliki kualitas suara yang kurang baik, terutama jika Anda merekam di tempat yang bising atau jauh dari laptop. Jika Anda ingin merekam suara yang jelas dan bersih, Anda bisa menggunakan mikrofon eksternal yang bisa Anda sambungkan ke laptop Anda. Anda bisa memilih mikrofon yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, seperti mikrofon USB, mikrofon kondenser, atau mikrofon headset.

Baca Juga  Kenapa TV Digital Tidak Ada Sinyal: Penyebab dan Solusinya

4. Edit video rekaman layar laptop Anda untuk membuatnya lebih menarik dan profesional

Setelah Anda selesai merekam layar laptop, Anda bisa mengedit video Anda untuk memperbaiki beberapa hal, seperti menghapus bagian yang tidak perlu, menambahkan teks atau gambar, menyesuaikan warna atau suara, dan lainnya. Anda bisa menggunakan aplikasi pengedit video yang sesuai dengan kemampuan dan preferensi Anda, seperti Windows Movie Maker, Adobe Premiere, Camtasia, atau Filmora.

Kesimpulan

Merekam layar laptop adalah salah satu cara untuk menangkap aktivitas yang terjadi di layar laptop Anda. Anda bisa merekam layar laptop dengan berbagai cara, seperti menggunakan fitur bawaan Windows 10, extension browser Chrome, atau aplikasi perekam layar. Anda juga bisa mengedit video rekaman layar laptop Anda untuk membuatnya lebih menarik dan profesional.

Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti spesifikasi laptop, ruang penyimpanan, koneksi internet, dan privasi dan keamanan Anda. Dengan merekam layar laptop, Anda bisa membuat konten yang menarik dan bermanfaat, mereview kembali aktivitas Anda, atau menyimpan rekaman sebagai bukti atau dokumentasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah membaca.