Cara Melihat Password Wifi Di Laptop, Windows 10, 8, 7, Dan Mac OS

biotifor.or.id – Cara Melihat Password Wifi Di Laptop , Wifi adalah salah satu teknologi yang memungkinkan kita untuk mengakses internet tanpa kabel. Wifi biasanya menggunakan router atau modem yang memancarkan sinyal radio ke perangkat yang terhubung. Untuk menghubungkan laptop ke wifi, kita perlu mengetahui password atau kunci keamanan yang digunakan oleh router atau modem tersebut. Password wifi berguna untuk mencegah orang lain yang tidak berhak mengakses jaringan wifi kita.

Namun, terkadang kita lupa password wifi yang kita gunakan, atau kita ingin mengetahui password wifi yang tersimpan di laptop kita. Misalnya, kita ingin membagikan password wifi kepada teman atau keluarga yang berkunjung, atau kita ingin menghubungkan perangkat lain seperti smartphone atau tablet ke wifi yang sama.

Bagaimana Cara Melihat Password Wifi Di Laptop ?

cara melihat password wifi di laptop

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melihat password wifi di laptop, tergantung pada sistem operasi yang kita gunakan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita coba:

1. Menggunakan Windows 10

Jika kita menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10, kita bisa melihat password wifi yang tersimpan di laptop dengan langkah-langkah berikut:

 

Langkah-langkah untuk melihat password Wi-Fi pada laptop Anda dapat dimulai dengan mengklik ikon Wi-Fi yang terletak di pojok kanan bawah layar, kemudian pilih opsi “Network & Internet settings”. Setelah Anda masuk ke halaman Settings, carilah opsi “Wi-Fi” yang terletak di sebelah kiri, dan selanjutnya, klik “Manage known networks”.

Di dalam menu “Manage known networks”, Anda akan menemukan daftar jaringan Wi-Fi yang pernah Anda hubungkan sebelumnya. Pilihlah nama jaringan Wi-Fi yang ingin Anda periksa passwordnya, kemudian klik opsi “Properties”.

Setelah Anda mengklik “Properties”, gulirlah ke bawah pada halaman tersebut hingga Anda menemukan bagian yang disebut “Network security key”. Pada bagian ini, Anda akan melihat password Wi-Fi yang tersimpan di laptop Anda, meskipun biasanya ditampilkan dalam bentuk titik-titik sebagai tindakan keamanan.

Baca Juga  Cara Mengirim Lokasi Di WhatsApp - Panduan Lengkap

Untuk dapat melihat password Wi-Fi dalam bentuk huruf atau karakter biasa, Anda hanya perlu mencentang kotak yang bertuliskan “Show characters”. Setelah Anda melakukan langkah ini, Anda akan bisa melihat password Wi-Fi yang Anda inginkan dalam bentuk teks biasa.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengakses dan mengelola informasi password jaringan Wi-Fi yang telah Anda hubungkan sebelumnya pada laptop Anda.

2. Menggunakan Windows 8 atau Windows 7

Jika kita menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 8 atau Windows 7, kita bisa melihat password wifi yang tersimpan di laptop dengan langkah-langkah berikut:

 

Pertama, klik pada ikon Wi-Fi yang terletak di pojok kanan bawah layar, dan kemudian pilih opsi “Open Network and Sharing Center”.

Setelah Anda memasuki halaman “Network and Sharing Center”, carilah nama jaringan Wi-Fi yang sedang Anda gunakan, dan klik padanya di bawah bagian “Connections”.

Pada jendela “Wi-Fi Status” yang muncul, temukan opsi “Wireless Properties” dan klik padanya.

Kemudian, di dalam jendela “Wireless Network Properties”, pilih tab “Security”. Di sini, Anda akan menemukan password Wi-Fi yang telah tersimpan pada laptop Anda, meskipun biasanya ditampilkan dalam bentuk titik-titik sebagai tindakan keamanan.

Untuk mengungkapkan password Wi-Fi dalam bentuk huruf atau karakter biasa, cukup mencentang kotak yang disebut “Show characters”. Dengan melakukan langkah ini, Anda akan dapat melihat dan mencatat password Wi-Fi yang Anda butuhkan.

Dengan demikian, Anda telah berhasil menjalankan prosedur ini untuk mengakses informasi password jaringan Wi-Fi yang terhubung dengan laptop Anda, dengan kemudahan dan kejelasan yang Anda perlukan.

3. Menggunakan Mac OS

Jika kita menggunakan laptop dengan sistem operasi Mac OS, kita bisa melihat password wifi yang tersimpan di laptop dengan langkah-langkah berikut:

 

Untuk mengakses informasi password Wi-Fi pada laptop Anda, ikuti langkah-langkah berikut secara cermat. Mulai dengan mengklik ikon Wi-Fi yang terletak di pojok kanan atas layar, dan selanjutnya pilih opsi “Open Network Preferences”.

Baca Juga  Cara Mudah Merekam Layar Laptop Dengan Berbagai Metode

Setelah masuk ke halaman “Network Preferences”, carilah opsi “Advanced” dan klik pada itu.

Di dalam jendela “Advanced”, temukan tab “Wi-Fi”. Pada tab ini, Anda akan menemukan daftar jaringan Wi-Fi yang pernah Anda hubungkan dengan laptop Anda.

Pilihlah nama jaringan Wi-Fi yang Anda inginkan untuk melihat passwordnya, lalu klik opsi “Show Password”. Pada tahap ini, akan muncul sebuah jendela “Authentication” yang meminta Anda untuk memasukkan password akun Mac OS Anda sebagai tindakan keamanan.

Setelah Anda memasukkan password akun Mac OS Anda, klik “OK”. Sekarang, Anda akan dapat melihat dan mencatat password Wi-Fi yang Anda cari dengan mudah.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan sederhana mengakses dan mengelola informasi password jaringan Wi-Fi yang terhubung dengan laptop Anda, menjadikan pengalaman menggunakan jaringan Wi-Fi lebih efisien dan nyaman.

FAQ

Q: Apakah cara ini bisa digunakan untuk semua jenis wifi?

A: Cara ini bisa digunakan untuk wifi yang menggunakan protokol keamanan WEP, WPA, atau WPA2. Jika wifi menggunakan protokol keamanan lain, cara ini mungkin tidak berhasil.

Q: Apakah cara ini bisa digunakan untuk melihat password wifi yang belum pernah kita hubungkan?

A: Cara ini hanya bisa digunakan untuk melihat password wifi yang sudah pernah kita hubungkan dan tersimpan di laptop kita. Jika kita ingin melihat password wifi yang belum pernah kita hubungkan, kita perlu meminta passwordnya kepada pemilik wifi atau menggunakan cara lain yang lebih rumit.

Q: Apakah cara ini aman dan tidak melanggar hukum?

A: Cara ini aman dan tidak melanggar hukum selama kita hanya melihat password wifi yang kita miliki atau yang kita dapatkan dengan izin dari pemiliknya. Jika kita melihat password wifi yang tidak kita miliki atau tanpa izin dari pemiliknya, kita bisa terkena sanksi hukum karena dianggap sebagai tindakan peretasan.

Baca Juga  18 Aplikasi Perkantoran Terbaik: Solusi Praktis Produktivitas Kerja

Q: Apakah cara ini bisa digunakan untuk mengganti password wifi?

A: Cara ini tidak bisa digunakan untuk mengganti password wifi. Cara ini hanya bisa digunakan untuk melihat password wifi yang tersimpan di laptop. Jika kita ingin mengganti password wifi, kita perlu mengakses halaman pengaturan router atau modem yang menyediakan wifi tersebut.

Q: Apakah cara ini bisa digunakan untuk sistem operasi selain Windows 10, Windows 8, Windows 7, dan Mac OS?

A: Cara ini mungkin bisa digunakan untuk sistem operasi lain yang memiliki fitur serupa, tetapi langkah-langkahnya mungkin berbeda. Untuk sistem operasi lain, kita perlu mencari cara yang sesuai dengan sistem operasi yang kita gunakan.

Baca Juga : Cara Cek Spek Laptop Dan Langkah-Langkahnya

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara melihat password wifi di laptop. Anda dapat menemukan kata sandi Wi-Fi pada laptop Anda bersama dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukannya. Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan memudahkan Anda dalam mengakses jaringan Wi-Fi. Kami berterima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel ini, dan semoga artikel ini membantu Anda dengan segala keperluan terkait Wi-Fi Anda.