Cara Download Mendeley di Laptop

Biotifor.or.id – Cara Download Mendeley di Laptop, Mendeley adalah salah satu alat yang sangat berguna dalam dunia penelitian. Dalam artikel ini, kita akan membahas Cara Download Mendeley di Laptop Anda. Kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda memulai dengan Mendeley dan memanfaatkan fitur-fitur canggihnya.

Cara Mengunduh Mendeley

Sebelum Anda mengikuti panduan tentang Cara Download Mendeley di Laptop, pastikan laptop Anda memenuhi persyaratan sistem yang diperlukan. Spesifikasi minimum yang direkomendasikan adalah RAM 2GB, ruang penyimpanan 1GB, dan sistem operasi Windows 7 atau yang lebih baru, macOS 10.10 atau yang lebih baru, atau Linux Ubuntu 18.04 atau yang lebih baru.

Langkah pertama tentang bagaimana Cara Download Mendeley di Laptop adalah mengunjungi situs resmi Mendeley. Anda dapat mencarinya di mesin pencari favorit Anda dan mengakses halaman unduhan dari situs tersebut. Di situs resmi Mendeley, Anda akan menemukan opsi untuk mengunduh Mendeley Desktop atau menggunakan Mendeley Web. Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda.

Setelah memilih opsi yang diinginkan, Anda akan diarahkan ke halaman unduhan. Pastikan Anda mengunduh versi Mendeley yang sesuai dengan sistem operasi laptop Anda.

Menginstal Mendeley di Laptop

Cara Download Mendeley di Laptop

Berikutnya, mari kita bahas langkah-langkah menginstal Mendeley di laptop Anda.

Proses instalasi Mendeley di Windows

  1. Buka file unduhan Mendeley yang telah Anda unduh.
  2. Ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar.
  3. Pilih folder instalasi yang diinginkan dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  4. Setelah selesai, Mendeley akan terbuka otomatis dan Anda akan diminta untuk membuat akun atau masuk jika sudah memiliki akun.

Proses instalasi Mendeley di macOS

  1. Buka file unduhan Mendeley yang telah Anda unduh.
  2. Seret ikon Mendeley ke folder Aplikasi.
  3. Buka folder Aplikasi dan klik dua kali ikon Mendeley.
  4. Anda mungkin perlu memberikan izin untuk membuka aplikasi yang tidak dikenal.
  5. Setelah aplikasi terbuka, Anda akan diminta untuk membuat akun atau masuk jika sudah memiliki akun.
Baca Juga  Apa itu Internet of Things : Komponen, Cara Kerja dan Contohnya

Proses instalasi Mendeley di Linux

  1. Buka terminal di Linux Anda.
  2. Navigasikan ke folder tempat Anda menyimpan file unduhan Mendeley.
  3. Jalankan perintah chmod +x <nama_file_unduhan> untuk memberikan izin eksekusi pada file unduhan.
  4. Jalankan perintah ./<nama_file_**unduhan> untuk menjalankan proses instalasi Mendeley.
  5. Ikuti petunjuk instalasi yang muncul di terminal.
  6. Setelah selesai, Mendeley akan terbuka otomatis dan Anda akan diminta untuk membuat akun atau masuk jika sudah memiliki akun.

Mendaftar dan Membuat Akun Mendeley

Setelah menginstal Mendeley di laptop Anda, langkah berikutnya adalah mendaftar dan membuat akun Mendeley.

Mengapa akun Mendeley diperlukan? Akun Mendeley memungkinkan Anda menyimpan dan mengakses referensi Anda secara online, berbagi referensi dengan rekan peneliti, dan menggunakan fitur kolaborasi lainnya.

Untuk membuat akun Mendeley:

  1. Buka aplikasi Mendeley yang telah diinstal di laptop Anda.
  2. Klik tombol “Buat Akun Baru” atau “Daftar” yang terlihat di layar.
  3. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan, seperti nama, alamat email, dan kata sandi.
  4. Setelah selesai, klik tombol “Daftar” atau “Buat Akun” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  5. Jika Anda sudah memiliki akun Mendeley, cukup klik tombol “Masuk” dan masukkan detail login Anda.

Setelah membuat akun, Anda dapat mengatur profil dan preferensi Anda sesuai kebutuhan Anda.

Menggunakan Mendeley di Laptop

Sekarang saatnya menjelajahi fitur-fitur Mendeley dan memanfaatkannya dalam penelitian Anda.

Mengimpor dan mengatur referensi

Cara Download Mendeley di Laptop

Mendeley memungkinkan Anda mengimpor referensi dari berbagai sumber, seperti basis data akademik, situs web, atau file PDF yang sudah Anda miliki. Anda dapat mengimpor referensi secara manual atau menggunakan fitur impor otomatis Mendeley. Setelah mengimpor referensi, Anda dapat mengatur dan mengelompokkannya dalam folder yang sesuai.

Membuat folder dan mengorganisir referensi

Mendeley memungkinkan Anda membuat folder khusus untuk mengorganisir referensi Anda. Anda dapat membuat folder berdasarkan topik, proyek, atau kategori lainnya. Dengan mengorganisir referensi dalam folder, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengakses referensi yang diperlukan saat melakukan penelitian.

Baca Juga  Daftar Aplikasi Nobar Jarak Jauh Android: Nikmati Nonton Bareng

Menambahkan catatan dan tag pada referensi

Mendeley memungkinkan Anda menambahkan catatan dan tag pada setiap referensi. Catatan ini dapat berisi ringkasan, pemikiran, atau komentar penting lainnya yang berkaitan dengan referensi tersebut. Tag digunakan untuk memberikan label pada referensi sehingga mudah ditemukan dan dikelompokkan.

Menghasilkan dan mengelola kutipan dan bibliografi

Salah satu fitur yang paling berguna dari Mendeley adalah kemampuannya untuk menghasilkan kutipan dan bibliografi dalam berbagai gaya penulisan. Anda dapat memilih gaya penulisan yang diinginkan, seperti APA, MLA, atau Chicago, dan Mendeley akan secara otomatis menghasilkan kutipan dan bibliografi sesuai dengan gaya yang dipilih.

Kolaborasi dengan rekan peneliti melalui Mendeley

Mendeley memungkinkan kolaborasi dengan rekan peneliti lainnya. Anda dapat berbagi referensi, folder, dan catatan dengan rekan peneliti Anda. Fitur ini sangat berguna saat bekerja dalam tim atau melakukan penelitian bersama.

Menjaga Mendeley Tetap Terupdate

Penting untuk memastikan Mendeley tetap terupdate ke versi terbaru. Mendeley secara reguler merilis pembaruan dan peningkatan fitur. Anda dapat memeriksa pembaruan dengan mengunjungi situs resmi Mendeley atau menggunakan fitur pembaruan otomatis di aplikasi.

Selain itu, Anda juga perlu mengelola dan memperbarui database referensi Mendeley secara teratur. Pastikan untuk memeriksa dan memperbarui informasi referensi, termasuk metadata dan file terkait.

Jika Anda mengalami masalah saat menggunakan Mendeley, Anda dapat mencari bantuan melalui situs resmi Mendeley, forum pengguna, atau menghubungi dukungan pelanggan Mendeley.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas Cara Download Mendeley di Laptop Anda. Mendeley adalah alat yang sangat berguna dalam penelitian, memungkinkan Anda mengatur referensi, menghasilkan kutipan dan bibliografi, dan berkolaborasi dengan rekan peneliti. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah memulai menggunakan Mendeley dan memanfaatkan fitur-fitur canggihnya.

Baca Juga  Cara Cek Laptop Bekas Dengan Mudah

Dengan menggunakan Mendeley, Anda akan dapat mengoptimalkan penelitian Anda dan meningkatkan efisiensi dalam mengelola referensi. Cara Download Mendeley di Laptop, Mulailah menggunakan Mendeley hari ini dan manfaatkan keunggulannya dalam mendukung kegiatan penelitian Anda.