9 Anime Detektif Terbaik yang Wajib Ditonton di Tahun 2023

biotifor.or.id – Anime detektif adalah salah satu genre anime yang paling menarik dan menantang bagi para penontonnya. Anime dengan genre ini biasanya menampilkan kisah-kisah tentang karakter-karakter yang memiliki kemampuan atau kecerdasan luar biasa dalam memecahkan berbagai kasus dan misteri, baik yang berkaitan dengan kejahatan, supranatural, atau hal-hal lainnya.

Anime yang mengangkat tema detektif juga sering menyajikan plot twist dan kejutan-kejutan yang membuat para penontonnya tercengang dan penasaran.

Anime Detektif Terbaik

Jika Anda adalah penggemar cerita detektif, maka Anda tidak boleh melewatkan anime-anime  terbaik yang sedang populer di tahun 2023 ini. Anime-anime ini bisa membuat Anda terpikat dengan cerita, animasi, dan karakter-karakternya yang keren dan beragam. Berikut adalah 10 rekomendasi anime detektif terbaik yang wajib ditonton di tahun 2023:

Detective Conan

Anime Detektif Terbaik

Detective Conan adalah anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Gosho Aoyama. Anime ini menceritakan tentang Shinichi Kudo, seorang detektif SMA yang terkenal karena kecerdasannya dalam memecahkan berbagai kasus. Suatu hari, ia diserang oleh anggota organisasi hitam dan dipaksa meminum racun yang seharusnya membunuhnya.

Namun, racun tersebut malah membuat tubuhnya menyusut menjadi anak kecil. Dengan nama samaran Conan Edogawa, ia tinggal bersama Ran Mouri, teman masa kecilnya, dan ayahnya, Kogoro Mouri, seorang detektif swasta. Conan berusaha untuk mencari tahu identitas dan tujuan organisasi hitam tersebut, sambil membantu memecahkan berbagai kasus yang ia temui.

Anime ini menampilkan berbagai kasus dan misteri yang menarik dan bervariasi, mulai dari pembunuhan, pencurian, penculikan, hingga terorisme.

Detective Conan juga menampilkan berbagai karakter yang unik dan karismatik, seperti Heiji Hattori, detektif SMA dari Osaka; Ai Haibara, mantan anggota organisasi hitam yang juga menyusut menjadi anak kecil; Shuichi Akai, agen FBI yang menyamar sebagai anggota organisasi hitam; dan Kaito Kid, pencuri ulung yang sering bersaing dengan Conan. Anime ini merupakan salah satu anime detektif terpanjang dan terlegendaris di tahun 2023 .

Hyouka

Hyouka adalah anime detektif yang diadaptasi dari novel ringan berjudul sama karya Honobu Yonezawa. Anime ini menceritakan tentang Houtarou Oreki, seorang siswa SMA yang suka menghemat energi dan tidak tertarik dengan apa pun. Suatu hari, ia bergabung dengan Klub Sastra Klasik atas permintaan kakaknya, dan bertemu dengan Eru Chitanda, seorang gadis cantik dan penasaran yang selalu ingin tahu tentang segala hal.

Bersama dengan teman-temannya, Satoshi Fukube dan Mayaka Ibara, mereka membentuk Kelompok Detektif Klub Sastra Klasik, dan memecahkan berbagai misteri yang berkaitan dengan sekolah dan klub mereka.

Hyouka menampilkan berbagai misteri yang ringan dan sehari-hari, tetapi tetap menarik dan mendebarkan. Anime ini juga menampilkan hubungan-hubungan antara para karakternya, terutama antara Oreki dan Chitanda, yang saling melengkapi satu sama lain. Anime ini merupakan salah satu anime detektif terindah dan tersentimental di tahun 2023 .

Baca Juga  8 Anime School Terbaik Saat Ini yang Wajib Ditonton

Death Note

Anime Detektif Terbaik

Death Note adalah anime detektif yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Anime ini menceritakan tentang Light Yagami, seorang siswa SMA jenius yang bosan dengan dunia yang penuh dengan kejahatan. Suatu hari, ia menemukan sebuah buku catatan yang bernama Death Note, yang bisa membunuh orang dengan cara menulis nama orang tersebut di dalamnya.

Light pun memutuskan untuk menggunakan Death Note untuk membunuh para penjahat dan menciptakan dunia yang ideal sesuai dengan kehendaknya. Namun, hal ini menarik perhatian L, seorang detektif misterius yang dianggap sebagai yang terbaik di dunia. Maka dimulailah pertarungan intelektual antara Light dan L, yang saling berusaha untuk mengungkap identitas dan mengalahkan satu sama lain.

Anime ini menampilkan berbagai strategi dan taktik yang digunakan oleh Light dan L dalam memecahkan berbagai kasus dan misteri, serta berbagai plot twist dan kejutan yang membuat para penontonnya terkejut dan tegang.

Death Note juga menampilkan berbagai karakter yang karismatik dan berpengaruh, seperti Ryuk, shinigami (dewa kematian) yang menjatuhkan Death Note ke dunia manusia; Misa Amane, seorang idola yang juga memiliki Death Note dan mencintai Light; Near dan Mello, dua anak ajaib yang menjadi penerus L; dan Kira, nama samaran yang digunakan oleh Light sebagai pembunuh berantai. Anime ini merupakan salah satu anime detektif terkeren dan terhebat di tahun 2023 .

Bungou Stray Dogs

Bungou Stray Dogs adalah anime detektif yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Kafka Asagiri dan Sango Harukawa. Anime ini menceritakan tentang Atsushi Nakajima, seorang pemuda yatim piatu yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi harimau putih raksasa.

Ia diselamatkan oleh Osamu Dazai, seorang detektif bunuh diri yang merupakan anggota dari Agen Detektif Bersenjata, sebuah organisasi yang terdiri dari orang-orang dengan kemampuan khusus. Bersama dengan Dazai dan rekan-rekannya, Atsushi terlibat dalam berbagai kasus dan konflik yang melibatkan organisasi-organisasi lain yang juga memiliki kemampuan khusus.

Anime ini menampilkan berbagai kasus dan misteri yang seru dan menegangkan, serta berbagai aksi dan pertarungan yang spektakuler antara para karakter dengan kemampuan khususnya.

Bungou Stray Dogs juga menampilkan berbagai karakter yang unik dan menarik, yang namanya diambil dari penulis-penulis terkenal, seperti Ryunosuke Akutagawa, Yukio Mishima, Fyodor Dostoyevsky, dan lain-lain. Anime ini merupakan salah satu anime detektif terkreatif dan terseru di tahun 2023 .

Psycho-Pass

Anime Detektif Terbaik

Psycho-Pass adalah anime detektif yang diproduksi oleh studio Production I.G. Anime ini menceritakan tentang dunia masa depan di mana masyarakat diatur oleh sistem Sibyl, sebuah sistem komputer yang bisa mengukur kondisi psikologis seseorang dan menentukan apakah ia layak untuk hidup di masyarakat atau tidak.

Akane Tsunemori adalah seorang inspektur baru dari Unit Kejahatan Khusus 1, sebuah unit polisi yang bertugas untuk menangkap orang-orang yang memiliki Psycho-Pass buruk, yaitu nilai psikologis yang tinggi atau tidak stabil.

Baca Juga  10 Anime Masak Terbaik Saat Ini yang Bisa Bikin Ngiler

Bersama dengan Shinya Kougami, seorang pelaksana (eksekutor), yaitu orang-orang yang Psycho-Pass-nya buruk tetapi diberi izin untuk bekerja sebagai polisi dengan syarat harus tunduk pada inspektur, Akane menghadapi berbagai kasus dan misteri yang berkaitan dengan sistem Sibyl.

Anime ini menampilkan berbagai kasus dan misteri yang kompleks dan mendalam, serta berbagai aksi dan pertarungan yang keren dan brutal antara para polisi dengan para penjahat.

Psycho-Pass juga menampilkan berbagai karakter yang kuat dan berkarakter, serta mengangkat berbagai tema dan isu sosial, seperti kebebasan, keadilan, moralitas, humanitas, dan lain-lain. Anime ini merupakan salah satu anime detektif terdalam dan terberani di tahun 2023.

Baca Juga | 5 Karakter Anime Terimut yang Bikin Kamu Gemas di Tahun 2023

Higurashi no Naku Koro ni

Higurashi no Naku Koro ni adalah anime detektif yang diadaptasi dari novel visual berjudul sama karya Ryukishi07. Anime ini menceritakan tentang Keiichi Maebara, seorang siswa SMA yang pindah ke desa Hinamizawa, sebuah desa pedesaan yang tampak damai dan menyenangkan.

Namun, ia segera mengetahui bahwa desa tersebut menyimpan berbagai rahasia dan misteri yang mengerikan, terutama yang berkaitan dengan festival Watanagashi, sebuah festival yang dilakukan untuk menghormati dewa lokal. Bersama dengan teman-temannya, Rena Ryuuguu, Mion Sonozaki, Rika Furude, dan Satoko Houjou, Keiichi terlibat dalam berbagai peristiwa aneh dan menakutkan yang terjadi di desa tersebut.

Higurashi no Naku Koro ni menampilkan berbagai kasus dan misteri yang seram dan menyeramkan, serta berbagai adegan kekerasan dan darah yang brutal dan sadis. Anime ini juga menampilkan berbagai karakter yang imut dan menggemaskan, tetapi bisa berubah menjadi gila dan psikopat tanpa peringatan. Anime ini merupakan salah satu anime detektif terhoror dan tersadis di tahun 2023.

Yakusoku no Neverland

Anime Detektif Terbaik

Yakusoku no Neverland adalah anime detektif yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Kaiu Shirai dan Posuka Demizu. Anime ini menceritakan tentang Emma, Norman, dan Ray, tiga anak yatim piatu yang tinggal di Grace Field House, sebuah panti asuhan yang tampak sempurna dan bahagia.

Namun, mereka segera mengetahui bahwa panti asuhan tersebut sebenarnya adalah sebuah peternakan manusia, di mana anak-anak dipelihara untuk menjadi makanan bagi makhluk-makhluk misterius yang disebut iblis. Mereka pun memutuskan untuk melarikan diri dari panti asuhan tersebut, sambil mencari tahu kebenaran tentang dunia mereka.

Yakusoku no Neverland menampilkan berbagai kasus dan misteri yang mendebarkan dan menegangkan, serta berbagai aksi dan strategi yang digunakan oleh para anak-anak untuk melawan iblis-iblis dan manusia-manusia yang bekerja untuk mereka.

Anime ini juga menampilkan berbagai karakter yang cerdas dan berani, serta mengangkat berbagai tema dan isu moral, seperti persahabatan, keluarga, pengorbanan, dan lain-lain. Anime ini merupakan salah satu anime detektif tercanggih dan terbermakna di tahun 2023.

Baca Juga  Apa itu Play-to-Earn dalam Game NFT? Main Game Tapi Cuan

Boku dake ga Inai Machi

Boku dake ga Inai Machi adalah anime detektif yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Kei Sanbe. Anime ini menceritakan tentang Satoru Fujinuma, seorang mangaka gagal yang memiliki kemampuan untuk kembali ke masa lalu sebelum terjadi suatu kecelakaan atau bencana.

Suatu hari, ia kembali ke masa lalu ketika ia masih berusia 10 tahun, tepat sebelum terjadi pembunuhan berantai yang menewaskan teman-temannya. Ia pun berusaha untuk mengubah masa lalu tersebut, sambil mencari tahu siapa pelaku pembunuhan tersebut.

Boku dake ga Inai Machi menampilkan berbagai kasus dan misteri yang kompleks dan menyentuh, serta berbagai adegan emosional dan dramatis antara para karakternya.

Anime ini juga menampilkan berbagai karakter yang kuat dan berkarakter, serta mengangkat berbagai tema dan isu sosial, seperti pelecehan anak, bullying, kesepian, dan lain-lain. Anime ini merupakan salah satu anime detektif terindah dan tersentuh di tahun 2023.

Sherlock

Sherlock adalah anime detektif yang diproduksi oleh studio Production I.G. Anime ini merupakan adaptasi dari novel-novel karya Sir Arthur Conan Doyle tentang Sherlock Holmes, seorang detektif jenius yang tinggal di London pada abad ke-19.

Namun, anime ini mengubah latar belakang cerita menjadi Tokyo pada abad ke-21, di mana Holmes bekerja sebagai konsultan detektif bersama dengan John Watson, seorang dokter yang menjadi asistennya. Bersama dengan teman-temannya, seperti Mrs. Hudson, Lestrade, dan Moriarty, mereka memecahkan berbagai kasus dan misteri yang terjadi di kota tersebut.

Sherlock menampilkan berbagai kasus dan misteri yang klasik dan modern, serta berbagai aksi dan humor yang khas dari karakter-karakternya. Anime ini juga menampilkan berbagai karakter yang ikonik dan menawan, serta menghadirkan berbagai referensi dan parodi dari novel-novel aslinya. Anime ini merupakan salah satu anime detektif terkocak dan terkeren di tahun 2023.

Itulah beberapa rekomendasi anime detektif terbaik yang wajib ditonton di tahun 2023. Anime-anime ini bisa memberikan Anda hiburan dan keseruan dalam menonton kisah-kisah tentang karakter-karakter yang memecahkan berbagai kasus dan misteri. Selamat menonton!