4 Jenis Tanaman Aglonema dan Harganya, Cek Yuk!

Posted on

Biotifor.or.idTanaman Aglonema dan Harganya-Tanaman aglonema jadi populer dalam industri tanaman hias karena keelokan dan keringanan perawatannya. Aglonema ialah tanaman yang dari wilayah tropis Asia Tenggara dan dikenali daunnya yang berwarna-warna. Dalam artikel berikut, kita akan lihat beberapa macam tanaman aglonema yang populer dan harga-harga mereka.

Tanaman aglonema mempunyai daya tarik yang kuat untuk beberapa pencinta tanaman hias. Dengan daun-daun yang berwarna-warna dan bentuk yang unik, aglonema bisa menambah keelokan dan keceriaan pada interior rumah atau kantor. Disamping itu, perawatannya yang relatif gampang membuat aglonema jadi opsi yang populer di kalangan pemula atau ahli di dunia tanaman hias.

Dalam artikel berikut, kami akan mengulas beberapa macam tanaman aglonema yang populer di Indonesia dan harga-harga mereka. Kami akan berikan tips mengenai langkah menjaga tanaman aglonema supaya masih tetap sehat dan indah. Berikut Tanaman Aglonema dan Harganya

Jenis Tanaman Aglonema dan Karakternya

1.Aglonema Silver Queen

Aglonema Silver Queen

Aglonema Silver Queen adalah tipe aglonema yang terpopuler dan banyak disukai. Tanaman ini mempunyai daun yang warna hijau dengan skema dan pola putih yang kontras, berikan kesan-kesan menawan dan menarik. Aglonema Silver Queen dapat tumbuh secara baik di tempat dengan sinar yang jelas atau sedikit teduh.

2.Aglonema Red Gold

Aglonema Red Gold

Aglonema Red Gold mempunyai daun warna hijau tua dengan varietas unik yang mempunyai garis-garis merah atau kuning. Tanaman ini berikan sentuhan kehangatan dan keelokan pada ruangan. Aglonema Red Gold dikenal juga tahan pada keadaan sinar yang lebih rendah, menjadikan opsi yang bagus untuk ruang dengan sedikit akses sinar matahari.

3.Aglonema Emerald Beauty

Aglonema Emerald Beauty

Aglonema Emerald Beauty mempunyai daun warna hijau tua dengan skema abu-abu atau perak yang memikat. Tanaman ini berikan effect kontras yang memikat dan tampilan yang menawan dan elegan. Aglonema Emerald Beauty bisa bertahandalam keadaan cahaya rendah, membuatnya cocok untuk ditaruh di ruang yang kurang terkena sinar matahari.

 4.Aglonema Maria

Aglonema MariaAglonema Maria adalah varietas aglonema yang mempunyai daun warna hijau ceria dengan skema merah muda atau pink. Tanaman ini berikan sentuhan warna yang cerah dan beri kesegaran di dalam ruang. Aglonema Maria tahan pada keadaan sinar rendah dan bisa secara mudah jadi fokus perhatian dalam dekorasi interior.

Baca Juga  Cara Budidaya Labu Siam yang Bisa Tumbuh Subur, Bebas Hama, dan Panennya Melimpah

Faktor yang Memengaruhi Harga Tanaman Aglonema

Harga tanaman aglonema bisa bervariatif bergantung pada faktor-faktor. Faktor-faktor yang memengaruhi harga tanaman aglonema diantaranya:

  • Tipe dan varietas aglonema: Tipe aglonema yang semakin lebih sangat jarang atau mempunyai skema dan warna yang unik condong mempunyai harga yang lebih tinggi.
  • Ukuran tanaman: Tanaman aglonema yang makin lebih besar ataupun lebih matang umumnya mempunyai harga yang lebih tinggi dibanding tanaman yang lebih kecil.
  • Keadaan tanaman: Tanaman aglonema yang sehat dan bebas dari penyakit atau kerusakan akan mempunyai harga yang semakin lebih tinggi.
  • Tempat pembelian: Harga tanaman aglonema bisa dikuasai oleh tempat pembelian. Toko tanaman hias yang terbatas atau specialist umumnya tawarkan tanaman pada harga yang sedikit semakin tinggi dibanding toko biasa.

Harga Tanaman Aglonema

Berikut perkiraan harga tanaman aglonema untuk beberapa varietas populer di pasaran:

Tanaman Aglonema Silver Queen

  • Ukuran kecil (10-15 cm): Rp 50.000 – Rp 100.000
  • Ukuran sedang (20-30 cm): Rp 100.000 – Rp 200.000
  • Ukuran besar (lebih dari 30 cm): Rp 200.000 – Rp 500.000

Harga Tanaman Aglonema Red Gold

  • Ukuran kecil (10-15 cm): Rp 70.000 – Rp 120.000
  • Ukuran sedang (20-30 cm): Rp 120.000 – Rp 250.000
  • Ukuran besar (lebih dari 30 cm): Rp 250.000 – Rp 600.000

Tanaman Aglonema Emerald Beauty

  • Ukuran kecil (10-15 cm): Rp 60.000 – Rp 100.000
  • Ukuran sedang (20-30 cm): Rp 100.000 – Rp 200.000
  • Ukuran besar (lebih dari 30 cm): Rp 200.000 – Rp 500.000

Harga Tanaman Aglonema Maria

  • Ukuran kecil (10-15 cm): Rp 80.000 – Rp 150.000
  • Ukuran sedang (20-30 cm): Rp 150.000 – Rp 300.000
  • Ukuran besar (lebih dari 30 cm): Rp 300.000 – Rp 700.000
Baca Juga  Manfaat Sawi: Menyegarkan Kesehatan dengan Sayuran Hijau

Catatan: Harga-harga ini cuma perkiraan dan bisa bervariatif bergantung pada lokasi dan penjual.

Langkah Menjaga dan merawat Tanaman Aglonema

Merawat tanaman aglonema tidak susah. Berikut beberapa panduan yang bisa Anda ikutinya:

  • Penyiraman: Tanaman aglonema menyenangi tanah yang lembab tapi tidak begitu basah. Siram tanaman saat permukaan tanah kelihatan mulai kering, tapi memastikan tidak ada kubangan air dalam pot.
  • Pencahayaan: Aglonema tumbuh baik di lokasi yang jelas tetapi tidak langsung terserang cahaya matahari. Tempatkan tanaman pada tempat dengan sinar yang cukup, seperti dekat jendela dengan tirai atau di tempat teduh.
  • Temperatur dan Kelembapan: Aglonema menyenangi temperatur hangat di antara 18-26 derajat Celsius. Jauhi temperatur yang terlampau dingin atau terlampau panas. Menjaga kelembapan udara disekitaran tanaman dengan menyemprotkan daun memakai air bersih dengan teratur.
  • Pemupukan: Beri pupuk yang pas untuk tanaman aglonema tiap bulan atau 2 bulan sekali sepanjang musim perkembangan aktif. Ikuti panduan pada paket pupuk dan tidak boleh berikan pupuk terlalu berlebih.
  • Perawatan Daun: Membersihkan daun aglonema dengan teratur dengan menghapus kotoran atau debu yang melekat. Pakai kain halus yang dibasahi untuk bersihkan daun secara halus.
  • Pemindahan Tanaman: Bila tanaman aglonema sudah tumbuh terlampau besar untuk potnya, Anda bisa mengalihkannya ke pot yang semakin lebih besar. Pastikan memakai tanah yang bagus dan berikan ruangan untuk akar untuk tumbuh.

Dengan meng ikuti beberapa tips ini, Anda dapat menjaga tanaman aglonema secara baik dan jaga keelokan dan kesehatannya.

Kesimpulan

Tanaman aglonema sebagai opsi yang prima untuk menambah keelokan dalam interior rumah atau kantor. Dalam artikel berikut, kita sudah pelajari beberapa macam tanaman aglonema yang populer di Indonesia dan harga-harga mereka. Beberapa jenis seperti Aglonema Silver Queen, Aglonema Red Gold, Aglonema Emerald Beauty, dan Aglonema Maria mempunyai kekhasan dan daya magnet masing-masing.

Baca Juga  Jangan Beli Keripik Di Pasaran! Begini Cara Membuat Keripik Singkong Sendiri

Dalam menjaga tanaman aglonema, penting untuk memerhatikan beberapa faktor seperti penyiraman, pencahayaan, temperatur, kelembapan, pemupukan, dan perawatan daun. Dengan berikan perawatan yang bagus, tanaman aglonema tetap cantik dan sehat. Sekian ulasan tentang Tanaman Aglonema dan Harganya

 

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apa aglonema dapat tumbuh di lokasi yang mempunyai sinar rendah?

Ya, beberapa varietas aglonema, seperti Aglonema Red Gold dan Aglonema Emerald Beauty, bisa bertahan pada keadaan sinar rendah.

Bagaimanakah cara memperbanyak tanaman aglonema?

Anda bisa perbanyak aglonema lewat stek tangkai atau stek daun. Tentukan sisi tanaman yang sehat dan akarnya akan tumbuh sesudah ditanamkan.

Berapa kali saya perlu menyirami tanaman aglonema?

Siram tanaman aglonema saat permukaan tanah kelihatan mulai kering. Jauhi penyiraman terlalu berlebih yang bisa mengakibatkan akar membusuk.

Dapatkah tanaman aglonema tumbuh di luar ruangan?

Aglonema umumnya tumbuh secara baik dalam ruang dengan keadaan yang teratasi. Beberapa varietas tertentu kemungkinan dapat tumbuh di luar ruang bila situasi keadaan tepat.

Apa aglonema beracun untuk hewan peliharaan?

Ya, aglonema mengandung senyawa yang bisa mengakibatkan iritasi pada hewan peliharaan bila dikonsumsi. Pastikan untuk jaga tanaman aglonema di lokasi yang tidak bisa dijangkau oleh hewan peliharaan.

Bila Anda berminat untuk mempunyai tanaman aglonema, jangan ragu untuk mencarinya di penjual tanaman hias terdekat. Rasakan keelokan dan manfaat yang ditawari oleh tanaman ini dalam mempercantik sekitar lingkungan Anda.