15 Jenis Tanaman Monstera, Serta Panduan Lengkap Merawatnya

Biotifor.or.idJenis Tanaman Monstera-Tanaman Monstera, dikenal juga sebagai tanaman daun lobak, adalah tanaman hias populer yang mempunyai daya magnet seni dan estetika yang unik. Dengan daun-daun besar yang berlubang, Monstera jadi opsi yang memikat buat menghias ruang di rumah atau kantor. Artikel berikut akan berikan tips komplet mengenaitipe tanaman Monstera, termasuk langkah menumbuhkan dan menjaganya secara baik.

Tanaman Monstera sebagaitanaman hias yang dari hutan-hutan tropis Amerika tengah dan Selatan. Nama Monstera asal dari kata Latin “Monstrum” yang bermakna “aneh” atau “menakutkan,” merujuk pada ukuran dan bentuk daunnya yang unik. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Araceae dan mempunyai keunikan berbentuk daun besar berlubang-lubang yang membuat jadi tanaman hias yang memikat.

Beberapa jenis Tanaman Monstera

Ada beberapa macam tanaman Monstera yang populer di kalangan fans tanaman hias. Berikut tiga tipe Monstera yang kerap dijumpai:

1.Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa, dikenal juga sebagai “Philodendron Monstera,” adalah jenis tanaman monstera yang terpopuler. Daunnya besar, berlubang, dan mempunyai bentuk hati yang unik. Monstera Deliciosa kerap kali dipakai sebagai tanaman hias indoor karena kekuatannya untuk tetap bertahan pada keadaan sinar rendah.

2.Monstera Adansonii

Monstera Adansonii, atau “Philodendron Swiss Cheese Vine,” mempunyai daun yang semakin lebih kecil dan berlubang-lubang. Tanaman ini kerap digantungkan dan mempunyai tangkai yang menjalar. Monstera Adansonii ialah opsi terkenal untuk mereka yang cari tanaman hias yang unik dan gampang dirawat.

3.Monstera Obliqua

Monstera Obliqua, dikenal juga sebagai “Monstera Bolivian,” ialah tipe tanaman monstera yang jarang-jarang dijumpai. Daunnya benar-benar berlubang, bahkan juga semakin banyak dibanding tipe monstera yang lain. Monstera Obliqua benar-benar disukai oleh beberapa kolektor tanaman karena kekhasan dan keelokannya.

4.Monstera Pinnatipartita

Monstera Pinnatipartita mempunyai daun yang terbelah secara pinatifid, dengan daun kecil yang tumbuh dalam skema menyirip. Tanaman ini mempunyai penampilan yang memikat dan berikan nuansa tropis dalam ruangan.

5.Monstera Standleyana

Monstera Standleyana mempunyai daun warna hijau gelap dengan skema putih atau kuning di atasnya. Skema itu berikan tanaman ini penampilan yang kontras dan menarik. Monstera Standleyana dikenal juga panggilan “Philodendron Cobra.”

6.Monstera Dubia

Monstera Dubia mempunyai daun berwujud hati dengan skema berlubang yang unik. Tanaman ini mempunyai perkembangan yang cepat dan bisa capai ukuran dewasa pada waktu yang relatif cepat.

7.Monstera Peru

Monstera Peru mempunyai daun yang tebal dan bertahan lama. Daunnya warna hijau gelap dengan skema yang unik, berikan tampilan yang memikat dari tanaman ini. Monstera Peru dikenal juga istilah “Monstera Karstenianum Peru.”

8.Monstera Siltepecana

Monstera Siltepecana mempunyai daun warna hijau gelap dengan skema putih atau perak yang menonjol. Tanaman ini berikan penampilan yang menawan dan menarik dalam ruangan.

Baca Juga  Makna Dan Kepercayaan Di Balik Weton Kelahiran

9.Monstera Karstenianum

Monstera Karstenianum mempunyai daun berwujud hati dengan pinggir yang bergerigi. Daunnya mempunyai warna hijau yang kaya dan berikan sentuhan alami pada ruang.

10.Monstera Variegata

Monstera Variegata ialah tipe monstera yang mempunyai skema variegasi pada daunnya. Skema itu terbagi dalam gabungan warna putih, hijau, atau kuning, berikan penampilan yang menonjol dan unik pada tanaman ini.

11.Monstera Epipremnoides

Monstera Epipremnoides mempunyai daun berwujud hati dengan pola yang serupa dengan Monstera Adansonii. Tanaman ini berikan sentuhan tropis dan eksotik dalam ruangan.

12.Monstera Borsigiana

Monstera Borsigiana ialah varietas Monstera Deliciosa yang mempunyai daun yang semakin lebih kecil dan tangkai yang semakin lebih rapat. Tanaman ini pas untuk ruang dengan ruangan terbatas.

13.Monstera Acuminata

Monstera Acuminata mempunyai daun berwujud hati dengan pinggir yang bergerigi dan ujung yang meruncing. Tanaman ini berikan penampilan yang memikat dan eksotik dalam ruangan.

14.Monstera Siamensis

Monstera Siamensis, atau “Philodendron Cobra Thailand,” mempunyai daun yang serupa dengan Monstera Standleyana. Daunnya warna hijau gelap dengan pola putih yang seperti sisik ular.

15.Monstera Subpinnata

Monstera Subpinnata mempunyai daun yang terbelah secara pinatifid dengan daun kecil yang tumbuh dalam skema menyirip. Tanaman ini berikan penampilan tropis dan menarik dalam ruangan.

Pilih Tanaman Monstera yang Baik

Saat sebelum menanam Monstera, penting untuk pilih tanaman yang bagus dan sehat. Berikut beberapa panduan saat pilih tanaman Monstera yang berkualitas:

1.Menentukan Lokasi Tumbuh yang Tepat

Monstera biasanya menyenangi lokasi yang jelas tetapi tidak terserang cahaya matahari langsung. Tentukan lokasi di rumah yang mempunyai sinar yang cukup buat menolong perkembangan tanaman.

2.Pilih Tanaman yang Sehat

Pastikan tanaman Monstera yang hendak Anda membeli mempunyai daun yang hijau dan sehat. Jauhi beli tanaman dengan daun yang kering, layu, atau rusak.

Menanam Tanaman Monstera

Sesudah Anda pilih tanaman Monstera yang bagus, cara setelah itu menanamnya secara betul. Berikut beberapa langkah saat menanam tanaman Monstera:

Persiapan Media Tanam

Pakai campuran tanah yang pas untuk tanaman Monstera. Paduan tanah yang bagus harus mempunyai drainase yang bagus dan sanggup meredam kelembapan.

Penanaman Bibit Monstera

Pilih pot yang sesuai ukuran bibit Monstera Anda. Pastikan akar bibit terpendam secara baik dan tambah tanah seperlunya untuk tutupi akarnya.

Perawatan Sesudah Penanaman

Sesudah menanam Monstera, beri air seperlunya untuk jaga kelembapan tanah. Check tanaman dengan teratur untuk pastikan tidak ada hama atau penyakit yang ada.

Menjaga Tanaman Monstera

Supaya tanaman Monstera masih tetap sehat dan cantik, Anda perlu berikan perawatan yang bagus. Berikut banyak hal yang penting jadi perhatian saat menjaga tanaman Monstera:

1.Penyiraman yang Tepat

Tanaman Monstera memerlukan penyiraman dengan teratur, tapi jauhi menyiraminya dengan terlalu berlebih. Pastikan tanahnya masih tetap lembab, tapi tidak begitu basah.

Baca Juga  Manfaat Jambu Biji Merah Meningkatkan Kesehatan dan Kenikmatan

2.Pencahayaan yang Maksimal

Monstera memerlukan cahaya yang jelas, tapi jauhi cahaya matahari langsung yang bisa membakar daunnya. Tempatkan tanaman di dekat jendela yang mendapatkan sinar jelas tetapi tidak terserang cahaya matahari langsung.

3.Pemupukan yang Dibutuhkan

Pemupukan dengan teratur akan menolong perkembangan dan perubahan tanaman Monstera. Pakai pupuk yang khusus untuk tanaman hias daun dan ikutinya panduan penggunaan yang tercantum pada paket.

4.Jaga Kelembapan Udara

Monstera memerlukan kelembapan udara yang memadai tinggi. Anda bisa menyemprot air ke daun-daunnya dengan periodik atau menempatkan tanaman di dekat humidifier untuk jaga kelembapan udara yang maksimal.

Perbanyakan Tanaman Monstera

Bila Anda ingin perbanyak tanaman Monstera, Anda bisa melakukan lewat beberapa sistem pergandaan berikut ini:

1.Perbanyakan Lewat Stek Batang

Sistem ini mengikutsertakan pemangkasan batang tanaman dan menanamnya di tempat tanam yang pas. Pastikan tangkai yang dipotong mempunyai satu atau dua daun dan akar udara yang memadai.

2.Perbanyakan Lewat Stek Daun

Anda pun bisa perbanyak Monstera lewat stek daun. Triknya dengan menggunting sepotong daun dan tangkainya dan menanamnya di tempat tanam yang pas. Sesudah beberapa saat, akar akan tumbuh dan tanaman akan tercipta.

Menangani Permasalahan Umum pada Tanaman Monstera

Walaupun Monstera sebagai tanaman yang lumayan tangguh, masih tetap ada banyak permasalahan umum yang bisa ada. Berikut beberapa permasalahan umum yang kemungkinan Anda jumpai dan jalan keluarnya:

1.Hama dan Penyakit yang Kerap Terjadi

Beberapa hama dan penyakit yang kerap serang tanaman Monstera diantaranya tungau laba-laba, kutu daun, dan penyakit busuk akar. Awasi tanaman dengan teratur dan bertindak penangkalan seperti bersihkan daun dan menyemprot insektisida organik bila dibutuhkan.

2.Gejala dan Solusinya

Bila tanaman Monstera Anda alami daun menguning, daun mengerut, atau perkembangan yang lamban, ini menjadi pertanda ada permasalahan. Check penyiraman, penerangan, dan pemupukan tanaman untuk pastikan semua keadaan maksimal. Bila permasalahan berlanjut, konsultasikan dengan pakar tanaman hias.

Tips Merawat Tanaman Monstera

Berikut beberapa trik dan tips tambahan untuk menjaga tanaman Monstera secara baik:

  • Membersihkan daun dengan periodik dengan memakai kain halus yang dibasahi untuk hilangkan debu dan memungkinkannya daun bernapas secara baik.
  • Menjaga supaya tanaman masih tetap terhindar dari angin ribut yang bisa menghancurkan daun dan batangnya.
  • Anda bisa membantu tanaman Monstera untuk menjalar atau memanjat dengan memakai tiang penyangga atau kawat yang halus.

Keunikan Monstera

Monstera mempunyai beberapa keunikan yang membuat demikian menarik untuk pencinta tanaman. Berikut beberapa kekhasan yang dipunyai oleh beberapa jenis monstera:

  • Bentuk Daun: Daun monstera yang lebih besar, berlubang, dan berwujud hati jadi daya magnet khusus. Tiap tipe monstera mempunyai bentuk dan skema lubang yang unik, menambah keelokan seni pada tanaman ini.
  • Pertumbuhan Rambat: Banyak tipe monstera mempunyai kecondongan untuk menjalar atau memanjat. Ini membuat bagus untuk ditaruh di rack, tiang support, atau digantungkan. Perkembangan rambat yang panjang dan daun-daun yang menjuntai berikan tampilan yang dramatis.
  • Kemampuan Bertahan: Monstera sebagai tanaman yang cukup tahan pada beragam situasi keadaan. Mereka bisa bertahan di dalam sinar rendah dan tolerir pada sedikit keabuan tanah. Ini membuat jadi opsi terkenal untuk mereka yang baru mengenali tanaman hias.
  • Filtrasi Udara: Monstera dijumpai mempunyai kekuatan untuk memurnikan udara dengan menyerap polutan dan hasilkan oksigen. Ini menjadikan tanaman yang bagus untuk tingkatkan kualitas udara dalam ruangan.
Baca Juga  9 Karakter Anime Tercantik yang Cocok Dijadikan Waifu

Kesimpulan

Tanaman Monstera ialah tanaman hias yang memikat dengan daun-daun besar berlubang yang unik. Saat menjaga tanaman ini, pastikan Anda pilih tanaman yang sehat, menanamnya secara betul, berikan perawatan yang bagus, dan menangani permasalahan yang kemungkinan muncul. Dengan perhatian dan kasih-sayang yang pas, tanaman Monstera bisa menjadi penambah keelokan di rumah atau kantor Anda.

FAQs (Pertanyaan Umum)

Apa Monstera tahan pada sinar matahari langsung?

Tidak, Monstera seharusnya tidak terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak daunnya. Taruh tanaman di lokasi yang mendapatkan sinar jelas tetapi tidak langsung terkena sinar matahari.

Berapa kali harus saya menyirami tanaman Monstera?

Penyiraman harus dilaksanakan dengan teratur, tapi tidak boleh berlebihan. Pastikan tanah masih tetap lembab, tapi tidak begitu basah. Check kelembaban tanah saat sebelum menyirami ulang.

Bagaimanakah cara perbanyak tanaman Monstera?

Anda bisa perbanyak Monstera lewat stek tangkai atau stek daun. Potong tangkai atau daun yang sehat dan tumbuhkan saat tempat tanam yang pas.

Apa yang perlu saya kerjakan bila daun Monstera mulai menguning?

Daun yang menguning menjadi tanda ada masalah. Check penyiraman, pencahayaan, dan pemupukan tanaman untuk pastikan semua keadaan maksimal. Bila masalah bersambung, diskusikan dengan ahli tanaman hias.

Bagaimanakah cara jaga kelembapan udara yang maksimal untuk tanaman Monstera?

Anda bisa jaga kelembapan udara dengan menyemprot air ke daun-daun tanaman dengan periodik atau menempatkan tanaman di dekat humidifier.