Jenis Tanaman Vertical Garden Indoor Untuk Ruangan

Biotifor.or.idJenis Tanaman Vertical Garden Indoor-Dalam zaman perubahan tehnologi dan urbanisasi yang cepat, makin susah untuk beberapa orang untuk nikmati keelokan alam dan rasakan faedah dari tanaman hijau. Tetapi, karena ada ide vertical garden indoor, kita bisa bawa kehidupan tumbuhan ke ruang dan nikmati semua manfaatnya. Pada artikel berikut, kita akan menelusuri beragam tipe tanaman yang sesuai untuk vertical garden indoor dan langkah merawatnya.

Vertical garden atau taman vertikal indoor makin populer sebagai langkah yang inovatif untuk menanam tanaman di dalam ruang. Dengan ruangan yang terbatas, vertical garden memungkinkannya kita untuk mempunyai kebun mini yang cantik di rumah, kantor, atau apartemen. Artikel berikut akan menerangkan beberapa jenis tanaman yang pas untuk vertical garden indoor dan beberapa langkah untuk membuat.

Dalam zaman perkotaan sekarang ini, ruangan hijau kerap kali susah diketemukan. Vertical garden indoor berikan jalan keluar yang bagus untuk hadapi permasalahan itu. Dengan memakai dinding atau susunan vertikal yang lain, kita bisa menanam beragam tipe tanaman yang bukan hanya cantik tapi berguna juga untuk lingkungan.

Apa itu Vertical Garden?

Jenis Tanaman Vertical Garden Indoor Untuk Ruangan

Vertical garden ialah sistem menanam tanaman secara vertikal memakai dinding, pagar, atau susunan yang lain. Ide ini manfaatkan ruangan vertikal yang ada untuk menanam tanaman, baik sama memakai pot atau mungkin dengan menanam secara langsung pada dinding yang sudah diperlengkapi tempat tanam.

Manfaat Tanaman Indoor

Tanaman indoor mempunyai beberapa manfaat yang menjadikan opsi terkenal untuk ditanamkan di rumah atau ruang. Beberapa faedah itu diantaranya:

  • Meningkatkan kualitas udara di dalam ruang dengan menyerap polutan dan melepas oksigen.
  • Menambah keelokan visual dan situasi ruang.
  • Mengurangi stres dan tingkatkan situasi hati.
  • Menyediakan sumber fresh untuk bahan makanan atau herbal.

Pemilihan Tanaman untuk Vertical Garden Indoor

Saat pilih tanaman untuk vertical garden indoor, ada beberapa macam tanaman yang pas dan gampang untuk ditanamkan. Berikut beberapa opsi yang bisa diperhitungkan:

Tanaman Hias Gantung (Hanging Plants)

1.1. Philodendron

Dikenal dengan daunnya yang cantik dan memiliki bentuk yang unik, philodendron ialah opsi populer untuk vertical garden indoor. Tanaman ini dapat tumbuh secara baik pada keadaan penerangan rendah dan memerlukan sedikit perawatan. Philodendron bisa berikan sentuhan hijau yang beri kesegaran dalam ruangan.

1.2. Spider Plant

Spider plant ialah tanaman hias menggantung yang gampang tumbuh dan mempunyai daun warna hijau ceria dengan dialek putih. Tanaman ini bisa bersihkan udara dari polutan dan menjadikan pas untuk ditaruh dalam ruangan. Spider plant bisa juga berkembang biak secara cepat, hingga bisa berikan keelokan yang berlimpah.

Baca Juga  Manfaat Nanas Muda, Kenikmatan Tropis

Tanaman Hias Meja (Tabletop Plants)

2.1. Succulent

Succulent ialah tanaman hias meja yang populer karena kekuatannya untuk tetap bertahan hidup pada keadaan lingkungan yang kering. Tanaman ini mempunyai bentuk dan struktur yang memikat, membuat pas sebagai dekor dalam vertical garden indoor. Succulent memerlukan sedikit perawatan, seperti penyiraman yang jarang-jarang.

2.2. Peace Lily

Peace lily ialah tanaman hias meja yang mempunyai daun hijau gelap dan bunga putih yang menawan. Tanaman ini bisa bersihkan udara dari beragam polutan seperti formaldehida dan benzena. Peace lily tumbuh secara baik pada keadaan penerangan rendah, menjadikan opsi yang prima untuk vertical garden indoor di tempat yang kurang terkena cahaya matahari.

Tanaman Rambat (Climbing Plants)

3.1. Pothos

Pothos ialah tanaman rambat yang gampang tumbuh dan dikenal daun hijau mengkilatnya. Tanaman ini pas untuk vertical garden indoor karena dapat tumbuh menjalar dan berikan efek visual yang memikat. Pothos bisa membersihkan udara dari polutan dan tingkatkan kualitas udara dalam ruangan.

3.2. English Ivy

English ivy ialah tanaman rambat yang mempunyai daun berwujud hati dengan skema yang bagus. Tanaman ini bisa ditaruh dalam pot menggantung atau didiamkan menjalar pada dinding vertical garden indoor. English ivy bisa membantu menyerap formaldehida dan partikel polutan yang lain pada udara.

Tanaman Berbunga (Flowering Plants)

4.1. Orchid

Orchid ialah tanaman berbunga yang cantik dan menawan, pas untuk menambah sentuhan eksklusif dalam vertical garden indoor. Tanaman ini memerlukan perawatan khusus, seperti penerangan yang pas, temperatur yang konstan, dan kelembapan yang cukup. Tetapi, bila dirawat baik, orchid bisa berikan keindahan yang mempesona.

4.2. Bromeliad

Bromeliad ialah tanaman berbunga yang mempunyai bentuk dan warna yang unik. Tanaman ini tidak memerlukan banyak perawatan dan bisa bertahan hidup pada keadaan lingkungan yang kering. Bromeliad bisa berikan sentuhan eksotik dan menarik dalam vertical garden indoor.

Beberapa langkah Membuat Vertical Garden Indoor

Berikut beberapa langkah simpel untuk membikin vertical garden indoor:

Mempersiapkan Bahan dan Alat

Mengumpulkan alat dan bahan yang dibutuhkan, termasuk pot atau tempat tanaman, tempat tanam, dan dinding atau susunan vertikal yang hendak dipakai.

Tentukan Lokasi dan Design

Tentukan lokasi yang pas untuk vertical garden indoor, baik itu pada dinding, pagar, atau di pojok ruang. Disamping itu, tetapkan design yang ingin Anda aplikasikan, apa ingin memakai pot atau menanam secara langsung pada dinding.

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Kenanga

Menanam Tanaman

Tanam tanaman opsi Anda dalam pot atau tempat tanam yang sudah dipersiapkan. Bila menanam secara langsung pada dinding, pastikan dinding itu sudah dilapis material yang pas untuk menanam tanaman.

Ide Design Vertical Garden Indoor

Berikut beberapa ide design vertical garden indoor yang dapat Anda coba:

1.Vertical Garden di Dalam Rumah

Buat vertical garden dalam ruang tamu, dapur, atau ruangan keluarga untuk memberi sentuhan hijau yang fresh pada ruang.

2.Vertical Garden di Balkon

Bila Anda mempunyai podium, gunakan ruangan vertikal itu untuk membikin vertical garden. Ini akan berikan panorama yang cantik dan beri kesegaran saat Anda ada di balkon.

3.Vertical Garden di Ruangan Kantor

Bukan hanya di dalam rumah, vertical garden bisa diaplikasikan di ruangan kantor. Tanaman hijau di dalam ruang bisa membuat situasi yang semakin lebih nyaman dan beri kesegaran untuk beberapa pegawai.

Keuntungan Mempunyai Vertical Garden Indoor

Vertical garden indoor mempunyai beberapa keuntungan, diantaranya:

  • Mengoptimalkan penggunaan ruangan vertikal yang terbatas.
  • Menciptakan situasi hijau dan fresh dalam ruangan.
  • Meningkatkan kualitas udara di dalam ruang.
  • Menyediakan tanaman hias atau tanaman herbal fresh.

Kesimpulan

Vertical garden indoor ialah langkah yang cantik untuk bawa kehidupan tumbuhan ke ruang. Dengan pilih tipe tanaman yang pas, seperti tanaman hias menggantung, tanaman hias meja, tanaman rambat, dan tanaman berbunga, kita bisa membuat lingkungan yang fresh dan sehat di rumah atau kantor. Penting untuk memberi perawatan yang pas sesuai keperluan masing-masing tanaman supaya mereka dapat tumbuh secara baik dan berikan faedah yang maksimal.

FAQs (Pertanyaan Umum)

Apa vertical garden indoor memerlukan perawatan yang susah?

Vertical garden indoor tidak memerlukan perawatan yang sulit, terlebih bila Anda pilih tanaman yang pas dengan situasi keadaan dalam ruangan. Beberapa tanaman cuma memerlukan sedikit air dan perhatian, sedangkan lainnya dapat tumbuh secara baik pada keadaan pencahayaan rendah.

Apa Manfaat mempunyai vertical garden indoor?

Vertical garden indoor bisa bersihkan udara dari polutan, tingkatkan kualitas udara dalam ruangan, kurangi stres, tingkatkan keproduktifan, dan membuat lingkungan yang fresh dan hijau dalam ruangan.

Apa semua tipe tanaman pas untuk vertical garden indoor?

Tidak seluruhnya tipe tanaman pas untuk vertical garden indoor. Anda perlu pilih tanaman yang pas dengan keadaan pencahayaan, temperatur, dan kelembapan dalam ruangan. Pastikan untuk pelajari keperluan tumbuhan saat sebelum pilih tanaman untuk vertical garden indoor Anda.

Baca Juga  Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari Untuk Kesehatan Dan Penangkal Penyakit
Dapatkah saya menggunakan lampu grow light untuk vertical garden indoor?

Ya, Anda bisa gunakan lampu grow light untuk memberi sinar tambahan ke tanaman dalam vertical garden indoor. Lampu grow light bisa gantikan cahaya matahari dan menolong tanaman tumbuh secara baik pada keadaan pencahayaan yang terbatas.

Bisakah saya membuat vertical garden indoor sendiri?

Ya, Anda bisa membuat vertical garden indoor sendiri dengan memakai beragam sistem seperti rack tanaman menggantung, panel vertikal, atau pot dinding. Anda pun bisa gunakan tempat tanam yang pas dan pilih tanaman yang sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Apa semua tipe tanaman pas untuk vertical garden indoor?

Tidak seluruhnya tipe tanaman pas untuk vertical garden indoor. Pilih tanaman yang mempunyai adaptasi baik pada lingkungan di dalam ruang, seperti tanaman hias atau herbal.

Berapa kali saya perlu menyirami tanaman di vertical garden indoor?

Frekwensi penyiraman bergantung pada tipe tanaman dan kelembapan ruang. Umumnya, penyiraman dilaksanakan dengan teratur tapi tidak terlalu berlebih.

Apa saya perlu memakai pupuk untuk tanaman di vertical garden indoor?

Ya, tanaman di vertical garden indoor memerlukan pupuk untuk penuhi keperluan gizinya. Pakai pupuk yang sama sesuai dan jumlah yang pas.

Dapatkah vertical garden indoor diimplementasikan di apartemen?

Ya, vertical garden indoor bisa diaplikasikan di apartemen. Dengan pilih tanaman yang pas dan memerhatikan perawatan yang pas, Anda bisa mempunyai vertical garden yang cantik dalam apartemen.

Apa vertical garden indoor susah untuk dibikin?

Tidak, membuat vertical garden indoor tidak begitu susah. Dengan meng ikuti beberapa langkah yang pas dan mempunyai alat dan bahan yang dibutuhkan, Anda bisa membuat vertical garden secara mudah.