Resep Terong Balado: Lezatnya Harmoni Rasa Pedas dan Gurih

biotifor.or.id – Terong balado adalah salah satunya sajian ciri khas Indonesia yang terkenal. Gabungan terong yang halus dengan bumbu balado yang pedas dan nikmat membuat sajian ini sering jadi favorite beberapa orang. Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri lebih dalam mengenai resep terong balado, dimulai dari beberapa bahan yang diperlukan sampai langkah mengolahnya. Dan informasi-informasi menarik sekitar terong balado yang mungkin belum Anda kenali.

Sejarah Terong Balado

Terong Balado adalah sajian ciri khas Indonesia yang populer dengan rasa pedasnya yang memikat hasrat. Sejarah Terong Balado sendiri tidak bisa dipisah dari kehadiran masakan Padang, Sumatra Barat, yang populer dengan keberagaman rempah-rempahnya.

Terong Balado mempunyai asal mula dari masakan Minangkabau, yang disebut suku asli dari Sumatra Barat. Minangkabau dikenali sebagai fans rempah-rempah, khususnya cabe, yang memberi cita-rasa ciri khas pada masakan mereka.

Proses mengolah Terong Balado diawali mengolah terong yang sudah dipotongi. Kemudian, terong dimasak sampai masak dan berbeda warna kecokelatan. Dalam pada itu, bumbu balado yang terbagi dalam cabe, bawang merah, bawang putih, dan tomat dilumatkan dan dimasak sampai wangi.

Sesudah bumbu balado masak, terong yang sudah dimasak dipertambah ke bumbu itu. Proses setelah itu mengolah sampai bumbu menyerap ke terong, memberi cita-rasa pedas, manis, dan renyah yang unik.

Terong Balado kerap disajikan sebagai lauk pengiring nasi putih hangat. Sajian ini bukan hanya terkenal di Sumatra Barat tapi juga sudah memasuki ke segala penjuru Indonesia serta jadi favorite di luar negeri.

Kesedapan Terong Balado yang dibuat dari gabungan terong yang halus dan bumbu balado yang kaya rasa membuat jadi sajian yang dicari dan dihargai oleh beberapa orang. Seiring waktu berjalan, Terong Balado bukan hanya jadi sisi dari kulineran Minangkabau tapi juga sudah jadi sisi tidak terpisah dari kekayaan kulineran Indonesia keseluruhannya.

Baca Juga  Mitos Memelihara Burung Perkutut Apakah Benar?

Resep Terong Balado

Resep Terong Balado

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak terong balado, pastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan yang akan Anda butuhkan:

  • Terong (pilih terong yang segar dan berwarna cerah)
  • Bumbu Balado (cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, gula, garam)
  • Minyak goreng
  • Terasi
  • Gula merah (opsional, untuk memberikan rasa manis pada balado)
  • Daun jeruk purut (untuk aroma segar)

Langkah-langkah Memasak Terong Balado

  1. Persiapan Terong
    • Cuci terong dan potong sesuai selera. Bisa memotongnya bulat atau memanjang tergantung preferensi Anda.
    • Taburi sedikit garam pada potongan terong dan biarkan selama beberapa menit agar air terong keluar.
  2. Pembuatan Bumbu Balado
    • Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, dan terasi.
    • Panaskan minyak goreng dalam wajan.
  3. Memasak Terong
    • Goreng terong hingga berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.
  4. Membuat Balado
    • Tumis bumbu halus hingga harum.
    • Masukkan daun jeruk purut dan gula merah (jika digunakan).
    • Masukkan terong goreng dan aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam terong.
  5. Penyajian
    • Angkat terong balado dan sajikan dalam piring saji.

Tips dan Trik

  • Jika Anda tidak terlalu suka pedas, kurangi jumlah cabai merah sesuai selera.
  • Tambahkan gula merah untuk memberikan sentuhan manis pada terong balado.
  • Anda dapat menambahkan potongan daging ayam atau ikan pada resep ini untuk variasi rasa.

Tips memilih Terong

  1. Warna Kulit: Pilih terong yang memiliki warna kulit yang cerah dan merata. Terong yang matang biasanya memiliki warna yang lebih tua dan intens.
  2. Tekstur: Sentuh terong untuk memastikan teksturnya. Pilih yang keras dan kenyal. Hindari terong yang terlalu lunak atau berkerut, karena ini bisa menjadi tanda bahwa terong tersebut sudah terlalu matang atau bahkan basi.
  3. Berat: Pilih terong yang terasa berat untuk ukurannya. Ini menunjukkan bahwa terong memiliki banyak air dan daging, sehingga lebih segar.
  4. Ukuran: Pilih terong dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terong yang kecil biasanya lebih manis dan memiliki biji yang lebih sedikit, sementara terong yang besar mungkin lebih cocok untuk memasak atau dipanggang.
  5. Kulit: Periksa kulit terong untuk memastikan tidak ada bintik-bintik coklat atau tanda-tanda kerusakan lainnya. Kulit yang mulus dan bersih merupakan indikasi terong yang sehat.
  6. Batang: Lihat batang terong. Batang yang segar biasanya hijau dan kuat. Hindari terong dengan batang yang kering atau rusak.
  7. Bentuk: Pilih terong yang memiliki bentuk yang baik dan seragam. Hindari terong yang bengkok atau memiliki tonjolan aneh, karena ini bisa menjadi tanda pertanda bahwa terong tersebut tidak berkembang dengan baik.
  8. Biji: Periksa biji di dalam terong. Terong yang baik biasanya memiliki biji yang kecil dan lembut. Jika biji terong terlalu besar atau keras, ini mungkin menandakan bahwa terong sudah terlalu matang.
Baca Juga  Macam-Macam Jenis Ikan Cupang Yang Sangat Cantik

Kesimpulan

Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda bisa menyiapkan hidangan terong balado yang lezat di rumah. Selamat mencoba! Semoga artikel ini memberikan wawasan baru dan semakin memperkaya pengetahuan Anda tentang kuliner Indonesia, khususnya resep terong balado yang begitu menggoda selera. Selamat memasak dan menikmati sajian istimewa ini bersama keluarga tercinta!